[CREATIVE FREELANCER] Build Your Brand: the Importance of UI & UX Design and Brand Identity

Pada 10 Mei 2023, diselenggarakan seminar yang berjudul Creative Freelancer yang dilaksanakan di Auditorium BINUS Alam Sutera. Seminar Creative Freelancer dibagi menjadi 3 sesi yaitu branding, illustration & art, dan film. Seminar Creative Freelancer dipimpin oleh Candy Reggi Sonia, S.Ds., M.Ds. selaku moderator dari seminar Creative Freelancer. Sesi 1 dimulai diselenggarakan pada 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB.

Seminar dimulai dengan pembukaan yang dibawakan oleh moderator, di mana moderator memberikan kata sambutannya. Lalu Candy Reggi Sonia memperkenalkan pembicara pertama yaitu Dr. Arsa Widitiarsa Utoyo, M.Sn.. Beliau merupakan dosen dari Visual Communication Design di BINUS University. Beliau menjelaskan cara melakukan branding yang baik. Selain itu, beliau juga menjelaskan branding organisasi yang baik untuk teman-teman pengurus organisasi yang hadir di seminar Creative Freelancer ini. Setelah itu, seminar dilanjutkan oleh pembicara kedua, yaitu Eveline Irene Anton, S.Sn. selaku UX Product Designer Gojek Indonesia. Ia menjelaskan proses merancang UI/UX yang menggunakan proses design thinking yaitu mengenal user lebih dalam, define dan test. Setelah itu UI dapat diteruskan ke engineer untuk diprogram. 

Kemudian, seminar dilanjutkan oleh pembicara ketiga yaitu Devina Adyasa, S.Sn. selaku UI Product Designer Tokopedia. Beliau menjelaskan tentang UI design dan pentingnya UI design dalam memberikan reputasi yang baik untuk brand yang sedang dikembangkan. UI design mencakup color icon, typography, grid & layout, dan animation. Akhirnya, seminar ditutup dengan sesi tanya jawab, di mana para peserta diberikan kesempatan bertanya kepada seluruh narasumber acara. Sesi tanya jawab ini dipimpin oleh Candy Reggi Sonia dan seluruh pembicara pada sesi 1 ikut mengambil bagian dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta. 

Moderator Acara Creative Freelancer Sesi 1

Tiga Pembicara Creative Freelancer Sesi 1

Narasumber acara menerima sertifikat sebagai ucapan apresiasi 

Edward Federick