MaTic 2022

MaTic atau Mathematics and Statistics merupakan event lomba nasional yang diselenggarakan oleh HIMSTAT (Himpunan Mahasiswa Statistika) dan HIMMAT (Himpunan Mahasiswa Matematika), yang diperuntukkan bagi siswa-siswi tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas). Lomba ini diikuti oleh lebih dari 20 peserta yang tersebar di Indonesia, seperti Pontianak, Bogor, Malang, Jakarta, Medan, dan lain-lain. 

Lomba ini terdiri dari dua babak, yaitu babak penyisihan serta babak final, dimana babak final terdiri dari 2 ronde. Untuk babak penyisihan, babak ini dilakukan secara daring atau online melalui aplikasi zoom meetings, dimana peserta akan diberikan sejumlah soal dan mengerjakan sesuai dengan waktu yang ditentukan. 15 peserta dengan poin tertinggi akan lolos atau lanjut ke babak selanjutnya. 

Selanjutnya, pada babak final, babak ini dilaksanakan secara onsite, tepatnya di Binus Syahdan. Babak ini diadakan pada hari Sabtu, 20 Agustus 2022 yang dimulai pakai pukul 07.00. Sebelum memasuki area kampus, semua panitia dan peserta, serta pendamping peserta dilakukan swab test untuk memastikan apakah ada yang terkena positif covid-19. Swab test ini dilakukan dengan APD serta alat-alat medis lainnya sehingga semua yang digunakan bersih dan steril. Lalu, para peserta dikumpulkan ke satu ruangan untuk menunggu arahan serta menunggu semua peserta datang.

Sebelum babak final dilaksanakan, diberikan snack terlebih dahulu sambil mendengarkan opening serta ucapan selamat bagi yang lolos ke babak final. Dilanjuti dengan sambutan dari Felicia selaku ketua pelaksana MaTic, Catherine Benedicta selaku ketua umum HIMSTAT, Sharen Ivana selaku ketua umum HIMMAT. Kemudian, diberikan juga kata sambutan dari perwakilan jurusan, yaitu Syarifah Diana Permai, S.Si., M.Si selaku Deputy Head of Mathematics and Statistics.

Pada ronde pertama babak final, para peserta mengerjakan 15 pernyataan isian yang meliputi 15 materi pembelajaran SMA dengan tingkat kesusahan soal intermediate. Sebelum dimulainya ronde ini, para peserta diberikan beberapa menit untuk mempersiapkan diri dan mengingat kembali materi yang telah dipelajari. Pengerjaan soal untuk ronde ini sekitar 1 jam. Setelah selesai, para peserta diberikan waktu untuk beristirahat, sholat (bagi yang muslim), serta diberikan makan siang sambil mempersiapkan diri dalam untuk ronde berikutnya. 

Setelah waktu istirahat selesai, para peserta dipanggil kembali ke dalam ruangan untuk dijelaskan peraturan untuk ronde kedua dari babak final ini, dimana akan diberikan 5 soal berbentuk esai yang dikerjakan selama 1 jam dan jawaban yang mereka punya akan digunakan untuk dipresentasikan di depan para juri, yang terdiri dari 2 juri, yaitu Siti Komsiyah, S.Si., M.Si. selaku Lecturer of Mathematics di Binus University dan Dr. Faisal., S.Si., M.Si  Lecturer of Mathematics di Binus University. Setelah pengerjaan waktu 1 jam, seluruh peserta akan diminta untuk menunggu di luar kelas dan akan dipanggil satu per satu untuk mempresentasikan jawaban mereka berupa 1 buah soal yang terpilih selama 5 menit di hadapan para juri. Setelah itu, para juri akan menghitung nilai akumulasi dari ronde satu dan kedua dari babak final.

Pada penghujung lomba ini, akan diumumkan 3 pemenang serta 1 runner up. Untuk runner up dimenangkan oleh Rasiendriya Sajna Rafi Nugroho dan mendapatkan piala, medali, serta sertifikat sebagai finalis dari lomba ini. Lalu, untuk juara 3 dimenangkan oleh Kevin Santoso dan mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 1.000.000,00 , piala, medali perak, serta sertifikat. Selanjutnya, untuk juara 2 dimenangkan oleh Ziecarlvio Garland Layritz dan mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 2.000.000,00 , piala, medali perak, serta sertifikat. Terakhir, untuk juara 1 dari lomba MaTic ini dimenangkan oleh Hamzah Abdul Rahim dan mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 3.000.000,00 , piala, medali emas, serta sertifikat. Penyerah dari seluruh hadiah diberikan secara bergilir oleh Felicia, Ibu Syarifah Diana Permai, Ibu Siti Komsiyah, serta Bapak Faisal. Pada akhir lomba ini, para peserta berfoto dengan para juri serta para pendampingnya, yaitu keluarga untuk mengabadikan momen berharga ini.

Last but not least, selamat bagi para pemenang !!!! Sukses untuk kedepannya !!

Kevin Laurent