Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis (LDK-A)

Setelah melewati rangkaian rekrutmen calon aktivis seperti interview, HIMSTAT melaksanakan proses akhir dari rangkaian rekrutmen calon aktivis yaitu LDK-A. Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis merupakan salah satu program tahunan yang diselenggarakan oleh HIMSTAT.  LDK-A tahun ini memiliki tema “Bring A Bright Future”. Selama pandemi, acara LDK-A masih dilaksanakan secara online, pada tahun ini LDK-A dilakukan secara onsite berlokasi di Kampus Kijang BINUS University yang dilaksanakan pada Sabtu, 11 Februari 2023 dengan total calon aktivis yang hadir sebanyak 12 orang dari 15 orang calon aktivis. Dalam acara ini, setiap calon aktivis baru dapat bertemu dan berkenalan dengan pengurus dan calon aktivis lainnya.

Kegiatan ini diawali dengan kata sambutan dari perwakilan jurusan oleh Ibu Nurhasanah, S.Si., M.Kom. dan dilanjutkan oleh Catherine Benedicta selaku Ketua HIMSTAT periode 2022/2023. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sesi perkenalan antara calon aktivis dengan pengurus HIMSTAT periode 2022/2023 dan pengurus HIMSTAT periode 2023/2024. Calon aktivis dapat berkeliling untuk berkenalan dengan masing-masing pengurus dan harus mengumpulkan tanda tangan para pengurus. Sesi selanjutnya ada kata sambutan dari SSO oleh Pak Rahmat Ilahi, S.Pd. dan dilanjutkan pembawaan materi dari SCAC yang dibawakan oleh Pak Cosmos Hendrawan, S.Sos.. Setelah sesi materi selesai, peserta diberikan waktu istirahat untuk makan dan berganti pakaian sebelum game.

Setelah istirahat selesai, peserta kumpul kembali untuk mendengarkan penjelasan teknis mengenai game yang akan dilakukan beserta pembagian kelompok untuk sesi game. Setelah penjelasan teknis game dan pembagian kelompok, peserta berkumpul di lapangan parkir untuk memainkan game  yang bernama “Jaga Lilin”. Setelah itu, para peserta bermain game pos, pos terbagi menjadi 3 yaitu Sponge, Water Racing dan Galon Lubang. Setelah sesi game selesai, perwakilan dari peserta memberikan kesan dan pesan dari game yang telah dimainkan kemudian dilanjutkan dengan pembagian hadiah. Sesi terakhir ditutup oleh pengumuman divisi dan subdivisi proker. Setelah semua kegiatan selesai, diadakan dokumentasi untuk kepentingan arsip dan publikasi. Acara LDK-A kurang lebih berakhir pada pukul 15.15 WIB.

Yeremia Alexander Marojahan Pane