Ancaman Dalam Minuman Boba di Indonesia

Menjadi salah satu negara yang memiliki nilai pasar boba terbesar di Asia Tenggara., Banyak yang harus diperhatikan oleh rakyat negara Indonesia dalam mengkonsumsi boba karena terdapat beberapa ancaman di dalamnya.

Boba mengandung banyak sekali gula di dalamnya, hal ini dapat menyebabkan adanya ancaman diabetes karena konsumsi gula yang berlebih. Berdasarkan Dr.Alvin Nursalim, “Terlalu banyak asupan gula dalam waktu yang sering bisa mengakibatkan gangguan metabolisme dan pengaturan gula darah”. Diabetes hanyalah salah satu penyakit dari mengkonsumsi gula berlebihan. Berdasarkan Dr. Fadhli Rizal Makarim, penyakit lainnya adalah penyakit kardiovaskular, masalah kesehatan mulut, dan resistensi hormon insulin.

Indonesia juga merupakan negara ke 5 dengan penderita diabetes terbanyak untuk warga berusia 20-79 tahun. Hal ini juga menyatakan bahwa kondisi Negara Indonesia sudah sangat parah terhadap penyakit diabetes dan harus segera diatasi.

Untuk bisa meminimalisir jumlah penyakit diabetes di Indonesia dalam meminum boba bisa dengan mengikuti standard yang sudah diberikan oleh WHO mengenai batas konsumsi gula per hari. Lalu kita juga bisa menggunakan alternatif seperti mengatur tingkat kemanisan, penggunaan toping yang rendah kalori, dan membatasi diri dalam meminum boba.

Sumber Referensi: 

https://katadata.co.id/ariayudhistira/analisisdata/6333dbbd1c962/ancaman-diabetes-di-balik-manisnya-pasar-besar-minuman-kekinian

https://www.halodoc.com/artikel/hati-hati-ini-4-dampak-terlalu-sering-mengonsumsi-gula-batu

https://dataindonesia.id/ragam/detail/penderita-diabetes-indonesia-terbesar-kelima-di-dunia

Elbert Adiwijanto