Apa Itu Hidup yang Sejahtera?

Apa arti dari hidup yang sejahtera? Jika kita ditanya apa itu arti hidup yang sejahtera tentu setiap masing-masing dari kita memiliki pandangan yang berbeda-beda, bukan?

Sejahtera sendiri jika diartikan menurut KKBI memiliki makna: aman sentosa dan makmur, selamat (terlepas dari segala macam gangguan).

Jika dilihat lebih dalam, kesejahteraan tidak selalu berkaitan dengan materi yang kita miliki. Kesejahteraan dapat mencakup hal-hal yang sangat luas seperti kesehatan jiwa, kesehatan fisik, kesejahteraan sosial, dan lain sebagainya.Kesejahteraan yang hendak saya bahas pada artikel ini adalah mengenai kesejahteraan sosial dan kesejahteraan kesehatan fisik.

Kesejahteraan sosial menunjuk pada jangkauan pelayanan yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal ini merupakan istilah yang digunakan dalam ide negara yang sejahtera.

Tercatat, antara tahun 1990-2016, proporsi masyarakat yang tinggal di daerah kumuh mengalami penurunan sebanyak 23 persen (dari 46 persen menjadi 23 persen). Pada tahun 2016, tercatat hanya ada sekitar 1 miliar orang yang tinggal di daerah kumuh dengan lebih dari setengahnya (589 juta orang) berasal dari Asia Timur, Tenggara, Tengah, dan Selatan, terutama dari negara-negara berkembang.

Meskipun masyarakat yang tinggal di lingkungan kumuh menurun, namun tetap saja dengan angka 1 miliar tersebut masih termasuk angka yang tinggi mengingat jumlah penduduk di bumi pada tahun 2016 ada sekitar 7 miliar (source data: google). Tentu hal ini masih menjadi masalah dalam konteks hidup bernegara yang sejahtera secara sosial.

Selain lingkungan tempat tinggal yang layak dan tidak kumuh, kesejahteraan sosial juga mencakup penjaminan kemudahan dalam bidang pelayanan transportasi bagi masyarakat. Proporsi kemudahan transportasi yang dimaksud disini diartikan sebagai penduduk kota yang tinggal dalam jarak 500 meter dari halte dan dalam jarak 1000 meter dari stasiun kereta api atau pelabuhan kapal feri.

Berdasarkan data yang diambil dari 227 kota dari 78 negara, 53 persen penduduk daerah perkotaan di semua wilayah memiliki akses mudah ke transportasi umum. Hasil data terendah berada di Sub-Sahara Afrika dengan kemudahan transportasi hanya 18 persen penduduk saja, sedangkan yang tertinggi berada di Australia dan Selandia Baru dengan kemudahan transportasi sebesar 75 persen. Berdasarkan hasil dari data yang telah dikumpulkan, masih banyak daerah dengan kemudahan transportasi yang rendah, terutama di daerah negara-negara berkembang.

Sedangkan kesejahteraan kesehatan fisik yang hendak saya bahas disini adalah mengenai kelayakan udara yang dihirup oleh masyarakat perkotaan. Ini merupakan salah satu masalah terbesar yang sangat sering dihadapi oleh kota-kota besar dan maju di dunia, yang kita kenal dengan polusi udara.

Pada tahun 2016, 9 dari 10 orang (91 persen masyarakat) yang tinggal di daerah perkotaan menghirup udara yang tidak memenuhi indeks kualitas udara dari WHO (World Health Organization).

Polusi udara pada perkotaan maupun pendesaan diperkirakan menjadi penyebab kasus 4,2 juta kematian di seluruh dunia sepanjang tahun 2016. Kematian ini disebabkan oleh paparan partikel kecil 2,5 mikron (PM 2,5) yang menyebabkan berbagai penyakit diantaranya adalah kardiovaskular dan pernafasan, serta kanker.

Dari penjelasan di atas, diharapkan kita dapat merefleksikan, apakah arti hidup sejahtera? Apakah hidup kita telah sejahtera berdasarkan aspek sosial dan kesehatan fisik? Apakah negara sudah memenuhi hak kita untuk hidup sejahtera? Dan langkah apa yang dapat kita ambil untuk menyejahterakan hidup semua umat manusia?

 

Felina Suryadi (2301914604)

Muhammad Agung Rizky Pratama (2301940634)

 

References:

Agustina, R. (2017, August 30). kompasiana.com. Retrieved from Sejahtera: https://www.kompasiana.com/agustinar/59a625cc2350df1e3d4c1172/sejahtera

KBBI. (n.d.). kbbi. Retrieved from arti kata sejahtera: https://kbbi.web.id/sejahtera

Sustainabledevelopment. (n.d.). sustainabledevelopment goals knowledge platform. Retrieved from PROGRESS OF GOAL 11 IN 2019 : https://sustainabledevelopment.un.org/sdg11

WHO. (n.d.). Air Pollution. Retrieved from Air pollution: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/ambient-(outdoor)-air-quality-and-health