Prospek Kerja Seorang Data Analyst

Menurut Skillacademy.com, data analyst adalah seseorang yang diberikan tanggung jawab untuk melihat dan menganalisis data. Banyak orang masih belum mengetahui fungsi dari data analyst yang membuat banyak orang yang masih ragu-ragu untuk terjun ke dunia data analyst. Data analyst sangat dibutuhkan sekarang karena riset manual yang memakan terlalu banyak waktu untuk dilakukan suatu perusahaan maka oleh itu data analyst merupakan pekerjaan yang penting untuk perusahaan pada masa ini. Dengan adanya data analyst perusahaan dapat melihat aktivitas target pasar.

Tugas seorang data analyst yang pertama adalah memahami dan memelihara sistem database yang dimiliki oleh perusahaan agar data tersebut dapat dianalisis oleh data analyst. Data tersebut lalu diolah oleh seorang data analyst agar dapat dikelompokan dengan alat statistik. Setelah data sudah dikelompokan maka data tersebut dapat dipahami oleh seorang data analyst dan dibuat menjadi bahan presentasi agar dapat dipresentasikan dalam rapat. Data yang sudah dipresentasikan akan digunakan perusahaan untuk menjadi pertimbangan mereka untuk melakukan langkah selanjutnya.

Seorang data analyst memiliki 4 tipe analisis yang pertama adalah analisis deskriptif di mana data analyst diminta untuk mengolah data yang sudah terjadi. Contohnya menganalisis pengunjung dari sebuah restoran di tahun 2020. Tipe analisis kedua adalah analisis prediktif yang merupakan metode data analysis untuk memprediksi data lanjutan dari data yang sudah diberikan. Contohnya adalah pelanggan suatu restoran  cenderung membeli menu A sedangkan menu lainnya tidak dibeli maka oleh itu data analyst akan memberikan data tersebut ke pemilik restoran agar dapat mencari solusi untuk memperbaiki menu lainnya. Tipe analysis selanjutnya adalah analisis diagnostik dimana data analyst akan mencari alasan mengapa data tersebut bisa muncul. Contohnya adalah data analyst akan mencari tahu mengapa menu A lebih sering dibeli ketimbang menu lainnya. Tipe Terakhir adalah analisis preskriptif yang merupakan analisis lanjutan dari analisis prediktif dimana data analyst akan memberikan saran atau rekomendasi yang sesuai dengan data tersebut.

Seorang data analyst harus memiliki kemampuan untuk menilai bisnis yang artinya adalah data analyst harus memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk melihat dan menilai kemajuan bisnis suatu perusahaan. Seorang data analyst juga harus dapat mempresentasikan dan mengkomunikasikan data yang sudah dianalisis agar data yang sudah diolah dapat digunakan dengan baik. Data analyst juga harus menguasai machine learning yang merupakan metode agar komputer untuk dapat mengambil keputusan. Data analyst seharusnya mengerti tentang statistika dan bahasa pemrograman karena seorang data analyst akan selalu dihadapkan dengan ilmu statistika dan ilmu pemrograman.

Data analyst merupakan pekerjaan yang sekarang makin dicari oleh banyak perusahaan besar. Banyak orang yang belum mengerti apa saja kegunaan data analyst dalam dunia bisnis yang membuat belum banyak orang yang merasa bahwa data analyst merupakan pekerjaan yang penting. Data analyst merupakan pekerjaan yang akan semakin dicari di masa depan yang disebabkan oleh trend yang selalu berubah dalam dunia bisnis. Data analyst akan menjadi salah satu solusi agar bisnis dapat memprediksi langkah selanjutnya dengan mengolah data yang sudah disediakan.

Referensi: 

Edward Federick