Data Science dan Hubungannya dengan Dunia Ekonomi

Dunia teknologi semakin hari semakin mengalami perkembangan signifikan. Setiap hari, kita disuguhkan dengan berbagai macam kemudahan. Salah satu bidang yang mendukung terjadinya hal tersebut adalah data science. Apa itu data science? Data science adalah sebuah pendekatan multidisiplin yang menggabungkan prinsip dan praktik dari bidang matematika, statistika, kecerdasan buatan (AI), dan teknik komputer untuk menganalisis data berjumlah masif. Data science biasa digunakan untuk mengekstrak insight dari data suatu bidang bisnis, salah satunya adalah bidang ekonomi.

Dalam bidang ekonomi, kita dituntut untuk memiliki mata yang jeli dalam meneliti data. Sekecil apapun kesalahannya, hal tersebut akan mengganggu neraca ekonomi suatu perusahaan. Maka dari itu, untuk meminimalisir error atau kesalahan pada data, dibutuhkan tools yang berbasis teknologi komputer seperti data science. Selain itu, digunakannya data science juga mempermudah pengolahan data yang berjumlah masif.

Dalam dunia ekonomi, data science digunakan dalam bidang perbankan, keuangan, kebijakan publik, dan konsultasi. Dalam bidang perbankan, data science membantu bank dalam menganalisis risiko kredit, melakukan fraud detection, serta membuat keputusan dalam penawaran produk dan pemasaran yang lebih efektif. Sementara dalam bidang keuangan, data science digunakan dalam pembuatan prediksi dan analisis pasar, mengukur return on investment, serta melakukan pengelolaan portofolio yang efisien. Dalam bidang kebijakan publik, data science dapat digunakan dalam analisis sosial ekonomi dan perencanaan pembangunan. Terakhir, dalam bidang konsultasi, data science digunakan untuk memberikan insight dan rekomendasi dalam pengambilan keputusan bisnis yang menggunakan data sebagai acuan. 

Data science bahkan dapat membantu menyediakan rekomendasi bisnis suatu perusahaan. Misalnya melalui data science, perusahaan dapat memprediksi produk apa saja yang sedang tren serta menemukan taktik pemasaran mana yang paling efektif. Selain itu juga dapat memprediksi supply and demand di pasar yang dapat membantu perusahaan untuk menentukan harga jual yang tepat. Alhasil, perusahaan dapat memperoleh keuntungan semaksimal mungkin.

Dalam era digital ini, data science sangat penting dalam mengolah data yang makin kompleks. Sementara itu, data science juga terus bergerak maju dengan mencari algoritma dan teknik baru yang dapat meningkatkan kualitas data yang dihasilkan. Sebagaimana diketahui, setiap perusahaan saat ini terbuka terhadap teknologi, dan penerapan data science menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan untuk bersaing dalam pasar. Oleh karena itu, bidang data science bukan hanya populer di kalangan mahasiswa dan peneliti, tetapi juga di kalangan pelaku bisnis. Melalui data science, pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan tepat sehingga dapat menghasilkan keuntungan dan kesuksesan bagi perusahaan.

Referensi:

Cyntia Angelica