Saring Informasi Sebelum Kita Sharing

Masyarakat Indonesia merupakan salah satu pengguna internet terbesar di dunia. Menurut laporan  We Are Social per januari 2022, terdapat 204,7 juta penggunaan internet di Tanah Air. Jumlah tersebut naik tipis 1.03% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 202,6 juta per januari 2021. Keberadaan internet dapat memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat Indonesia termasuk bagi para generasi muda. Dengan menggunakan internet mereka bisa mendapatkan informasi secara cepat dan lebih maju. Kemudian, dengan mengakses internet juga membuat mereka mudah dalam hal berkomunikasi jarak jauh. Berbagai fasilitas internet, seperti email, SMS, chatting, dan masih banyak lagi dapat menghubungkan kita dengan orang-orang yang jaraknya jauh hanya dengan menggunakan Internet. Selain dampak positif dari penggunaan internet, ternyata ada juga dampak negatif yang merupakan perilaku menyimpang yang dilakukan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab. Perkembangan teknologi yang sekian maju turut membawa konsekuensi pada penyebaran berbagai informasi. Kondisi ini yang seringkali dijadikan manfaat oleh para oknum yang menyebarkan berita bohong atau hoax. 

Hoax sengaja dibuat oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab demi mencapai tujuan tertentu dan mendapatkan keuntungan. Berita hoax yang disebarkan secara terus-menerus melalui media sosial bukan hanya berbahaya secara individu, namun juga berbahaya secara konteks keIndonesiaan. Dampak berita hoax ini bisa memunculkan adu domba, pencemaran nama baik, menjatuhkan seseorang atau golongan tertentu, menimbulkan keributan, dan lain sebagainya. Mengingat dampak negatif yang sangat besar ini, perlu adanya  kerjasama antara pemerintah dan masyarakat. Pemerintah sudah secara tegas dalam upaya memberantas Hoax, dari pembuatan UU ITE hingga lembaga semacam Cyber Crime. Upaya tersebut pun perlu diiringi oleh kerjasama dari masyarakat nya juga. Sebagai penulis, saya mengajak pembaca terlebih bagi para generasi muda atau milenial, jika menerima berita jangan hanya membaca dari judulnya saja, namun isi dari berita perlu untuk kita pahami dan saring sebelum sharing informasi tersebut demi mencegah maraknya berita hoax di media sosial. Kemudian, perlu adanya konfirmasi dan pemeriksaan terlebih dahulu mengenai sumber berita yang sedang beredar. 

Rakyat merdeka mengatakan bahwa presiden meminta para milenial untuk produktif, untuk tidak menggunakan media sosial hanya senang-senang saja. Presiden mengharapkan para generasi milenial ini dapat berwirausaha secara digital. Kemudian dengan adanya para generasi milenial ini pun diharapkan dapat menangkal hoax dan bisa melindungi negara dari ancaman hoax, karena ancaman hoax ini terkait dengan SARA, kebencian ini sangat luar biasa. Maka dari itu, peran sebagai milenial sangat dibutuhkan dan kalau bisa menggunakan media sosial untuk berwirausaha.

Source : 

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022 

https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/opini/2022/01/03/peran-generasi-milenial-dalam-perangi-hoax/ 

https://rm.id/baca-berita/etalase-bisnis/55591/peran-generasi-millenial-dalam-menangkal-hoax/3 

Ira Hanifah