SEO For The Better Website

Sebelumnya tau gak sih apa itu SEO? SEO itu singkatan dari Search Engine Optimization, atau yang disebut optimisasi mesin pencari yang merupakan sebuah alat yang dapat meningkatkan atau mempermudah agar website lebih mudah

dicari dengan berbagai search engine seperti google, bing, yahoo search dan lain sebagainya. Dengan demikian bila suatu situs atau blog berada posisi teratas dalam hasil pencarian, maka peluang website kita dikunjungi lebih besar. Nah si-SEO ini lah yang berperan agar website kita menjadi hasil pencarian teratas. SEO ini lah teman baik para pembuat website sebuah perusahaan yang melakukan digital marketing.

Bagaimana cara kerja SEO? SEO menggunakan robot google yang berupa Algorithm dan Crawler untuk mengecek apakah di website kita menggunakan kalimat kalimat yang sesuai dengan Keyword/kata kunci.

Namun penggunaan SEO tidak semudah yang diperkirakan loh, kamu harus tau teknik-teknik untuk mengoperasikannya. Ada 2 jenis teknik dalam mengoperasikan SEO antara lain:

  • Black Hat SEO

 Yaitu teknik memanfaatkan SEO dengan tidak sebagaimana mestinya atau penyalahgunaan SEO demi mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak. Bagaimana caranya? Click bait merupankan salah satu contoh yang paling mudah untuk mendefinisikan Black Hat SEO. Berbagai cara lainnya juga bisa seperti menuliskan font warna tulisan sesuai dengan warna background website sehingga kita tidak bisa melihat tulisan tersebut namun robot mesin pencari google bisa melihatnya sehingga website tersebut ditampilkan di laman pertama. Masih banyak lagi cara cara penggunaan Black Hat SEO , namun penggunaan Black Hat SEO dapat menurunkan rating sebuah website dimata penggunanya.

  • White Hat SEO

Yaitu teknik memanfaatkan SEO dengan sebagaimana mestinya. Penggunaannya menampilkan sesuai apa yang ada di keyword /kata kunci. Biasanya teknik ini membuat penlanggan/pengguna website itu menjadi lebih percaya.

Lalu apa hubungan SEO dengan ilmu Statistika? Statistika adalah ilmu yang berhubungan dengan data data. Nah disini SEO sangat membutuhkan banyak data seperti contohnya dalam statistik jumlah pengunjung website dan untuk mendapatkan detail informasi yang nantinya dapat digunakan oleh administrator website untuk menganalisa kebutuhan situs.

Lalu SEO juga bisa bermanfaat untuk mendapatkan data yang berupa keyword yang sedang popular dicari di search engine tertentu. Sehingga para developer website dapat mengambil keyword tersebut agar lebih mudah dicari di search engine tersebut.

Nah, data inilah yang dapat membuat SEO membantu google untuk mengurutkan urutan hasil pencarian yang relevan, mulai dari banyaknya pengunjung, kata kunci, deskripsi website yang sesuai dan lain sebagainya. Sehingga ilmu statistik sangat diperlukan agar SEO ini berjalan dengan lancar. Bagi kalian yang ingin membangun website, harap memerhatikan SEO dengan baik ya!

 

Penulis:
1. Steven Leonardi (2201753265)
2. Tasya Fauzia Fitriasari (2201817520)
3. Raihan Ariq Hermawan (2201836854)