Pentingnya Organisasi

Organisasi adalah tempat bagi mahasiswa untuk mengekspresikan aspirasi atau pemikiran mereka. Organisasi sangat penting dalam kehidupan perkuliahan karena setiap perguruan tinngi akan menampung setiap kreativitas atau ide dari mahasiswanya. sehingga aspirasi,ide ataupun kreativitas yang dimiliki setiap mahasiswa tidak terbuang sia-sia. Setiap organisasi pasti mempunyai aturan – aturan yang telah dibuat oleh semua anggota yang ada didalamnya yang telah disepakati bersama. Di samping itu, organisasi pasti memiliki visi dan misi yang menjadi patokan atau hal yang harus dicapai dalam organisasi itu.

Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari organisasi.  Ada pepatah mengatakan bahwa “banyak teman, banyak rejeki”. Dalam kehidupan nyata, organisasi bisa membuat kita dapat mengenal orang dari berbagai kalangan, bukan hanya sesama jurusan atau sesama daerah asal, tetapi dari berbagai latar belakang. Dengan jaringan yang luas ini maka itu akan membantu kita dalam mencapai kesuksesan. Dimana kita bisa banyak belajar dari orang yang mempunyai pengalaman dari segi pendidikan atau pekerjaan.

Selanjutnya manfaat dari organisasi ialah bisa mewadahi minat atau mempertajam bakat. Contohnya orang yang ahli dalam Public Speaking, tentu mereka akan terasah untuk tampil di acara-acara yang bisa memperkuat keahlian tersebut. Bahkan untuk orang yang sama sekali tidak pernah berbicara di sebuah acara, maka organisasi lah yang bisa membentuk atau memberi sedikit pengetahuan bagaimana cara berbicara yang baik secara otodidak. Ini juga bisa disebut sebagai melatih mental. Untuk bisa berbicara di depan orang banyak tidak semudah yang kita lihat.  Untuk bisa seperti itu butuh mental yang baik dan mental itu akan didapat di dalam organisasi karena pada dasarnya segala ilmu akan baik jika dibiasakan lewat tindakan. Dalam organisasi kita akan cenderung selalu berbicara di depan banyak orang, orang-orang itu adalah para anggota organisasi tersebut. Ini sangat berguna bagi orang extrovert, yang dimana mereka lebih menyukai lingkungan yang interaktif, cukup antusias dalam hal yang baru dan senang bergaul.  

Semua orang tentu ingin menjadi pemimpin. Nah, di organisasi ini juga bisa melatih karakter kepemimpinan yang mampu mempengaruhi atau sebagai contoh untuk para anggotanya dengan mengedepankan kepentingan umum dibanding kepentingan pribadi. Melalui event-event di organisasi lah jiwa kepemimpinan bisa dipelajari. Dengan adanya sebuah masalah atau kendala, disitulah orang dituntut untuk memilih atau mencari jalan keluar untuk mengatasinya dengan tidak merugikan pihak manapun. Di dalam sebuah rapat, kalau tidak ada yang memimpin rapat maka rapat itu tidak akan menghasilkan apa-apa atau hanya memperumit keadaan. Memimpin hal kecil atau kelompok kecil maka akan terbiasa untuk memimpin kelompok yang paling besar.

Waktu memang sangat penting bagi setiap orang. Organisasi menjadi tempat yang bisa menjadi tempat belajar untuk bisa menghargai waktu dan juga mengatur jadwal. Disinilah kita dilatih untuk bisa membagi waktu antara kuliah,organisasi dan waktu refreshing. Jadi organisasi sangatlah membatu kita dalam hal ini karena setiap organisasi pasti mempunyai dateline yang secara otomatis mengatur waktu kita untuk lebih teratur dan terarah.

 

Febryna dan Mathias