PERAN STATISTIKA DI MASA DEPAN

Statistika merupakan salah satu cabang pengetahuan yang banyak dipelajari oleh ilmuan dari hampir semua bidang ilmu pengetahuan seperti ilmu kedokteran, teknik, manajemen, sosial, dan semua bidang yang mencakup pengetahuan manusia. Statistika adalah metode atau ilmu yang mempelajari suatu proses dalam merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, dan mempresentasikan data.

Tanpa disadari, dalam kehidupan kita sehari-hari banyak digunakan ilmu statistika. Walaupun dalam hal-hal sederhana seperti dalam pekerjaan rumah, kantor, atau ditempat lainnya.Statistika banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu, baik ilmu-ilmu alam (misalnya astronomi dan biologi maupun ilmu-ilmu sosial (termasuk sosiologi dan psikologi), maupun di bidang bisnisekonomi, dan industri. Statistika juga digunakan dalam pemerintahan untuk berbagai macam tujuan yaitu salah satunya sensus penduduk. Aplikasi statistika lainnya yang sekarang populer adalah prosedur jajak pendapat atau polling (misalnya dilakukan sebelum pemilihan umum), serta hitung cepat (perhitungan cepat hasil pemilu) atau quick count. Di bidang komputasi, statistika dapat pula diterapkan dalam pengenalan pola maupun kecerdasan buatan.

Penggunaan statistika dapat terus berkembang dalam kehidupan kita. Hal tersebut dapat dilihat dari penggunaan statistika yang kita gunakan dalam perusahaan. Sebagai contoh, lulusan statistika sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan besar. Yaitu untuk analisis pasar, juga untuk memprediksi beberapa tahun ke depan melalui data statistika. Untuk melakukan pekerjaan ini tentulah tidak mudah, dibutuhkan kemampuan khusus melalui pendidikan sarjana. Oleh karena itu, upah dari statistikawan sangat besar.

Dalam sektor pemerintahan statistika juga diperlukan untuk pengelolaan data agar memepermudah pengelolaan data penduduk. Contohnya untuk menghitung dan menganilisis jumlah penduduk, riset pendidikan, indeks kesejahteraan, dan keuangan negara. Juga dalam mendata sumber daya alam, mengklasifikasikan daerah, mendata jumlah sekolah, dan lain-lain. Salah satu wujud nyata dari ilmu statistika ini adalah dengan mengetahui dan pendataan jumlah penduduk usia 7-12 tahun, maka pemerintah dapat mengetahui kebutuhan bagi anak sekolah dasar.

Ilmuwan juga harus menunjukan statistik yang valid dan tingkat efektivitas sebelum setiap obat bisa diresepkan. Terlihat bahwa statistika menjadi latar belakang di setiap penilitan medis.

Pada masa yang akan datang, statistika juga sangat diperlukan untuk pengelolaan data dalam skala besar. Tentunya tidak mudah untuk mengelola data bagi suatu negara, apalagi dunia. Maka dari itu dibutuhkan ilmu statistika yang ditambah dengan keahlian komputasi untuk mengelola data ini. Seperti untuk mengolah data dalam skala besar (big data) diperlukan analisis data juga. Apalagi banyaknya data dalam skala global ini.

 

Penulis

  1. Yohanes (2201736510)
  2. Dewi PT (2201740546)
  3. Renatha (2201811454)

Dalam dunia pendidikan, statistika juga sangat diperlukan dan terus berkembang. Sebagai seorang lulusan statistika, tentunya peluang untuk menjadi pengajar dalam bidang ini terbuka lebar. Hal ini dapat terwujud dengan menjadi lulusan magister statistika lalu dapat melanjutkan menjadi dosen di perguruan tinggi.

 

Banyak juga yang tidak menyangka ilmu statistika juga digunakan dalam bidang kesehatan. Yaitu sebagai prediksi medis. Sangat banyak berita tentang penyakit di media massa. Jika wartawan hanya melaporkan jumlah orang-orang yang memiliki penyakit atau yang telah meninggal, maka hal ini merupakan suatu fakta yang menarik tetapi mungkin tidak berarti banyak untuk kehidupan anda. Ketika statistika ikut terlibat, anda akan memiliki pemikiran yang lebih baik tentang bagaimana penyakit dapat mempengharuhi anda. Berikut contoh penelitian mengenai kanker paru-paru dan merokok.