Future prospects of a Data Analyst Career

Dalam era digital yang terus berkembang, data merupakan bagian yang penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Pada umumnya, data digunakan sebagai dasar dalam memutuskan keputusan bahkan untuk menargetkan pasar. Dalam dunia bisnis, sebuah data bernilai sangat penting dan ketika data itu tidak dapat diolah dengan cara yang tepat, maka data-data yang sudah dikumpulkan tidak bernilai apapun. Agar data tidak menjadi tidak berguna dalam sebuah perusahaan, dibutuhkannya seorang Data Analyst.

Data analyst merupakan profesi pekerjaan yang memiliki tugas untuk membaca serta menganalisis data agar masalah dalam sebuah perusahaan atau bisnis dapat diselesaikan. Data yang digunakan biasanya merupakan data berupa angka. Hasil analisis yang dilakukan oleh seorang data analyst nantinya akan digunakan sebagai bahan rujukan dalam pengambilan langkah atau keputusan ke depannya. Berbagai macam keputusan seperti pengembangan produk baru atau pasar baru yang ditargetkan dapat diambil dari hasil analisis, maka dari itu laporan yang dibuat oleh seorang data analyst harus mampu dipahami secara utuh agar tidak terjadinya kesalahan dalam pengambilan keputusan. 

Di Indonesia sendiri, pekerjaan data analyst adalah salah satu prospek kerja yang menjanjikan. Dikatakan menjanjikan karena data menjadi salah satu kunci kemajuan dari sebuah perusahaan, Digitalisasi sangat mendorong kebutuhan perusahaan akan data analyst karena perilaku, selera, dan tren dari sebuah target pasar terus mengalami perubahan. Hasil data yang diperoleh dari data researcher tidak bisa langsung dipakai begitu saja, tetapi dibutuhkannya seorang data analyst untuk menafsirkan data tersebut. Dengan pentingnya hasil analisis data yang menjadi rujukan dalam pengambilan langkah selanjutnya, perusahaan-perusahaan tentu membutuhkan seorang data analyst agar tidak terjadinya salah mengambil keputusan dan perusahaan di Indonesia memiliki jumlah yang tidak sedikit dan tersebar dalam berbagai bidang sehingga peluang kerja yang bisa diraih semakin besar. 

Untuk menjadi data analyst itu sendiri tentu dibutuhkan keterampilan-keterampilan agar data dapat diolah dengan baik dan benar. Salah satu dari keterampilan yang dibutuhkan adalah penguasaan bahasa pemrograman yang akan menjadi bekal saat berkolaborasi dengan programmer. Tidak hanya bahasa pemrograman yang harus dikuasai, tetapi juga beberapa pemahaman yang perlu dimiliki seorang Data Analyst, antara lain mengenai pengelolaan model data, pengembangan database, pemahaman tren serta segmentasi pasar, dan pengetahuan proyeksi bisnis. Seorang data analyst, sesuai dengan namanya, harus memiliki kemampuan analisis yang kuat karena tanpa kemampuan ini, data tidak dapat diolah dengan baik serta kesimpulan tidak dapat dibuat dengan baik.

Itulah beberapa informasi mengenai pekerjaan data analyst, profesi yang dibutuhkan dunia saat ini dan memiliki peluang pekerjaan yang menjanjikan di Indonesia. Selain kebutuhan dunia, keterampilan yang dibutuhkan seorang Data Analyst dapat dikuasai melalui pendidikan formal maupun pelatihan formal. Di tengah-tengah dimana data terus bertambah dan tren yang terus menerus berubah, tentu diperlukan profesi ini untuk pengambilan keputusan agar perusahaan dapat mengambil langkah yang tepat. Profesi ini sangat direkomendasikan bagi orang-orang yang menyukai menganalisis data. 

Referensi : 

1.Putri, A. (2022, Oktober 24). Data Analyst: Pengertian, Manfaat, Hingga Prospek Kerjanya. Retrieved from URL https://danacita.co.id/blog/data-analyst-pengertian-manfaat-hingga-prospek-kerjanya/

2. Adinda, K. (2023, November 9). Profesi Data Analyst: Pengertian, Tugas, dan Skill yang Wajib Dikuasai. Retrieved from URL https://blog.skillacademy.com/data-analyst-adalah

3. Shofa, N. K. (2023, September 26). Mengenal Profesi Data Analyst: Tugas, Skill, Gaji, dan Bedanya dengan Data Scientist. Retrieved from URL https://www.kitalulus.com/blog/seputar-kerja/data-analyst-adalah/#perbedaan-data-analyst-dan-data-scientist

Vanessa Santoso