50 Makanan Pencuci Mulut Terbaik di Dunia, Peringkat Pertama Dari Indonesia

Seperti hal yang perlu kita ketahui bersama bahwa banyak sekali makanan Indonesia yang sudah memasuki dunia kuliner Internasional dan diakui sebagai makanan yang terbaik dan lezat. Berdasarkan situs Taste Atlas pada tahun 2021, Indonesia menduduki sebagai salah satu dari 15 negara dengan masakan terbaik di dunia dengan poin sebesar 4,47 dan berhasil menduduki peringkat diatas negara Brasil, Tiongkok, dan Amerika Serikat. Prestasi Indonesia di dunia kuliner pun tidak hanya sampai itu, karena pada tahun 2011 silam, World’s 50 Most Delicious Foods versi CNN International merilis bahwa rendang sebagai makanan tradisional di Indonesia sempat menduduki sebagai peringkat pertama makanan terenak di dunia. Setelah survei tersebut, pada tahun 2023 makanan Indonesia kembali dinobatkan sebagai makanan penutup yang digoreng terbaik nomor 1 di dunia dan mengalahkan 50 makanan lainnya di dunia yang dirilis oleh Taste Atlas. Makanan tersebut adalah pisang goreng. 

Pisang goreng berasal dari buah pisang yang dibalut oleh tepung terigu lalu dimasak dengan cara digoreng. Pisang goreng biasanya disantap dengan pendamping lainnya, seperti minuman kopi maupun teh. Pisang goreng secara umum memiliki cita rasa yang manis.  Awalnya masyarakat Indonesia menjadikan pisang goreng sebagai salah satu camilan yang biasa disajikan pada pagi hari. Namun seiring berjalannya waktu pisang goreng dapat disajikan kapanpun dan dimanapun. 

Selain pisang goreng, Taste Atlas juga merinci 49 gorengan lainnya yang biasanya disajikan sebagai makanan penutup. Diantara total keseluruhan yang berjumlah 50 makanan, pisang goreng berhasil mendapatkan skor tertinggi sebesar 4,60. Berikut ini merupakan rincian makanan penutup yang digoreng terbaik di dunia: 

Referensi:

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/18/15-negara-dengan-masakan-terbaik-di-dunia-indonesia-salah-satunya 

https://www.tasteatlas.com/pisang-goreng 

Ira Hanifah