Expo HIMSTAT B25

Halo teman-teman semua, pada acara First Year Program (FYP) tidak hanya mengadakan tentang lingkungan kuliah saja, namun juga mengenalkan Binusian kepada organisasi yang ada pada kampus juga. Binus memiliki 23 Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan 41 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Diantaranya ada 12 UKM penalaran, 9 UKM Seni dan Media Komunikasi, 11 UKM Olahraga dan Bela diri, dan 9 UKM Keagamaan dan masyarakat. Sesi ini merupakan kesempatan Binusian untuk mengasah soft skill dan hard skill mereka dalam berorganisasi untuk persiapan mereka dalam menghadapi dunia kerja.

Dalam Himpunan Mahasiswa jurusan, terbagi menjadi 5 bagian sesuai dengan fakultasnya. Pertama ada HIMMAT, HIMSTAT dan HIMTI dari School of Computer Science (SoCS), HIMKA dan HIMSISFO dari School of Information System (SoIS), HIMDI dan HIMDKV dari School of Design (SoD), HIMME dari Business school, HIMA HIMCOMM HIMPAR dan HOME dari Faculty of Economics and Communication (FoEaC), HIMARS, HIMFOODTECH, HIMTEK, HIMTES, dan HIMTRI dari Faculty of Engineering (FoE), dan terakhir ada HIMANDA, HIMHI, HIMJA, HIMPGSD, HIMPSIKO, HIMSI dan HIMSLAW dari Faculty of Humanity (FoH).

Jika HMJ hanya berdasarkan jurusannya, tenang, di Binus juga ada Unit Kegiatan Yang terbuka untuk semua jurusan (UKM), contohnya UKM dibidang Penalaran ada BNMC, BNEC, dan BNCC. Bidang Seni dan Media Komunikasi ada KLIFONARA, B-VOICE, dan BINUS TV. Untuk Olahraga dan Beladiri ada Basket, Merpati Putih, dan SWANARAPALA. Terakhir, ada UKM bidang keagamaan dan kemasyarakatan seperti KMK, TFI dan AIESEC.

Untuk kalian anak program ganda Teknik Informatika dan Statistika dapat mengikuti expo HIMSTAT, yang diadakan pada tanggal 6, 13, 20, 27 Agustus dan 3 September 2021. Di sana, kalian akan mengenal apa itu HIMSTAT dan juga mengenal program dan kegiatan apa saja yang sudah dilakukan/ditampilkan oleh HIMSTAT.

Jadi, tunggu apa lagi? Banyak sekali pilihan unit kegiatan yang bisa diikuti oleh mahasiswa dari berbagai jurusan dan juga berbagai bidang dapat ditekuni. Juga semua itu akan mendapatkan hasil yang serupa, yaitu pengetahuan, softskill, hardskill, dan juga koneksi. Jadi, aku mengajak Binusian untuk mendaftarkan diri untuk mengikuti Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan juga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Untuk informasi lebih lanjutnya, dapat dicek di Microsoft Teams yang ada masing-masing grup chatnya.