Webinar Women Empowering Technology Industry with RPA

Bertepatan dengan International Women’s Day, pada Rabu, 9 Maret 2022 lalu, UiPath Universitas Bina Nusantara dan Universitas Multimedia Nusantara berkolaborasi menyelenggarakan acara webinar dengan tema “Woman Empowering Technology Industry With RPA“. Pembicara webinar kali ini adalah kak Nuraini Kurnia sebagai Marketing Director dari UiPath SEA. Bina Nusantara Computer Club (BNCC), Bina Nusantara English Club (BNEC), Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI) UMN, SunibCurhat, dan Pengabdi SAT menjadi media partner untuk acara kali ini. Webinar ini diselenggarakan mulai pukul 15.00 WIB dan selesai kurang lebih pukul 18.00 WIB.

MC membuka acara dan memberikan informasi mengenai peraturan yang harus diterapkan selama webinar berlangsung. Setelah itu, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Bapak Sugiarto Hartono, S.Kom., MMSI. selaku Head of Information Systems Department @Binus Semarang dan Bapak Johan Setiawan, S.Kom., M. M. selaku dosen di Universitas Multimedia Nusantara. Kemudian webinar dilanjutkan oleh kak Nuraini dengan perkenalan singkat terkait dirinya dan pengalaman kerjanya. Kak Nuraini pernah bekerja di Hitachi, Fujitsu, Trend Micro, VmWare, Poloalto, dan saat ini bekerja di UIPath. Di luar dari itu, kak Nuraini merupakan seorang istri dan ibu dari seorang anak. Kak Nuraini juga tertarik pada kopi dan hobi bersepeda, serta scuba diving.

Kak Nuraini memulai materi dengan menjelaskan terkait apa itu automation. Pertama-tama, ia menampilkan sebuah video ilustrasi yang berkaitan terkait automation. Video itu menggambarkan bahwa pekerjaan manusia di dunia ini sangatlah banyak. Bahkan, rutinitas dari pekerjaan yang dilakukan membuat kita layaknya seperti robot. Jadi, ini letaknya fungsi utama dari adanya automation. Secara singkat, automation adalah penggantian tenaga manusia dengan tenaga mesin untuk membantu pekerjaan manusia. Selanjutnya ada istilah RPA. Robotic Process Automation (RPA) adalah teknologi yang memungkinkan program perangkat lunak untuk meniru tindakan manusia saat berinteraksi dengan aplikasi komputer untuk menyelesaikan tugas yang diperlukan. Beberapa interaksi manusia yang bisa diautomasi, yaitu input keyboard, gerakan dan klik mouse, dan membaca layar komputer. RPA bukanlah humanoid robot dan bukanlah pengganti manusia. Dengan adanya RPA, berikut beberapa tugas yang dapat dengan mudah ditangani:

  1. Masuk ke aplikasi apa pun
  2. Memindahkan file dan folder
  3. Mengikis data dari web
  4. Mengekstrak konten dari dokumen, PDF, email, dan formulir
  5. Membuka email dan lampiran
  6. Membuat perhitungan
  7. Membaca dan menulis ke database

Proses yang paling cocok untuk RPA adalah proses yang sederhana, terstruktur, dan dapat dengan mudah ditiru oleh mesin paling cocok untuk RPA. Selanjutnya kak Nuraini menjelaskan terkait UIPath, mulai dari kapan berdirinya, visi dan misi, sampai kepada apa saja yang bisa dikerjakan oleh robot UIPath. UIPath percaya pada dunia dimana setiap perusahaan mendorong kolaborasi antara manusia dan robot. Robot UIPath dapat melakukan banyak tugas dan proses di seluruh perusahaan dengan keandalan dan ketangguhannya. Dengan menggunakan robot akan menghemat waktu dan membuka kapasitas bekerja dalam skala besar (seperti menyediakan asisten digital). International Women’s Day 2022 dengan tema #BreakTheBias memiliki misi:

  1. Untuk membentuk budaya kerja yang inklusif di mana karir perempuan berkembang, dan prestasi mereka dirayakan.
  2. Untuk meningkatkan dan memajukan kesetaraan gender dalam teknologi dan merayakan para wanita yang menempa inovasi

Tema #BreakTheBias menggambarkan:

  • Dunia dengan kesetaraan gender
  • Dunia yang bebas dari bias, stereotip, dan diskriminasi
  • Dunia yang beragam, adil, dan inklusif
  • Dunia dimana perbedaan dihargai dan dirayakan
  • Kesetaraan perempuan
  • Kita semua bisa mematahkan bias

Kesimpulannya adalah wanita juga bisa terjun ke bidang teknologi, salah satunya berkaitan dengan RPA ini. Bahkan dengan adanya peran wanita, industri 4.0 juga turut berkembang, terutama di Indonesia.

Pada akhir acara, MC memberikan kesempatan kepada para peserta webinar untuk bertanya kepada kak Nuraini terkait materi hari ini. Terlihat para peserta sangat antusias mengikuti acara ini. Acara webinar kali ini ditutup dengan dokumentasi dan pengisian Exit Ticket.

Sheila Gracia Angelina