Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Kerja Tim dalam UX

Hai pembaca setia, kali ini kita akan membahas bagaimanakah kerja tim dalam UX. UX atau “User experience  bukanlah pekerjaan yang melibatkan satu atau dua individu untuk menyelesaikan suatu masalah dalam satu malam. User experience  tidak hanya semata berurusan dengan user interface namun aspek dari pengalaman si pengguna secara menyeluruh yang menyangkut konten, usability, informasi, termasuk aspek bisnisnya. Sehingga, pekerjaan user experience melibatkan mereka dengan keterampilan dan spesialisasi berbeda yang melibatkan riset, perencanaan, pengembangan, pengujian. User experience  adalah pekerjaan tim, mereka berkolaborasi untuk menciptakan sebuah produk. Lalu, ada siapa sajakah dalam tim itu?

  • Visual designer
    Tampilan secara visual mempunyai peranan penting untuk suatu desain web, aplikasi web/smartphone, aplikasi desktop. Kesan pertama dan tampilan visual yang memanjakan mata tentu memiliki daya tarik tersendiri bagi pengguna.
  • Front end developer
    Implementasi terhadap konsep, ide yang telah dituangkan oleh UX designer tentu butuh implementasi, adalah pekerjaan front end developer untuk implementasinya dengan kode HTML,CSS, Javascript.
  • Content strategist
    Website membutuhkan konten yang berbicara kepada publik siapa mereka, apa yang mereka lakukan, kalau mereka berbisnis apa bisnis mereka jalankan, pesan apa yang ingin mereka sampaikan kepada publik. Bagaimana itu dilakukan dan bagaimana strateginya adalah pekerjaan content strategist.
  • Usability expert
    Memastikan bahwa sistem berfungsi dengan baik, mudah menggunakannya, user-friendly. Memastikan user bisa mendapatkan apa yang diinginkan dengan cepat yang dibantu oleh navigasi, search boxUsability expert menerapkan pola yang bisa dipelajari pengguna saat menggunakan sistem, sehingga walau tanpa dibekali guideline si pengguna bisa menggunakan siistem dengan mudah.
  • Information architect
    Salah satu syarat terpenuhinya sistem yang mengaplikasikan user experience yang benar adalah organisasi konten termasuk diantaranya penataan navigasi dan link. Karena hal ini berkaitan dengan informasi yang dicari oleh pengunjung.
  • User experience designer
    User experience designer adalah orang yang menentukan visi dari produk yang akan dihasilkan secara keseluruhan dari sisi user experience. Tim akan bekerja berdasarkan roadmap yang telah dibuat oleh user experience designer. Masing-masing anggota tim kemudian akan bekerja sesuai porsinya masing-masing untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Sekian untuk artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya! 🙂