Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis HIMPSIKO 2023

Salam hangat, Psytroopers!

Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMPSIKO) telah melaksanakan salah satu program kerja wajib tahunan, yaitu Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis (LDK-A) HIMPSIKO 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 18-19 Maret 2023 yang berlokasi di Ruang Theater 0412 BINUS @Bekasi dan Lapangan Indoor BINUS @Kemanggisan Kampus Syahdan. Kegiatan ini ditujukan untuk mempersiapkan serta membekali Mahasiswa/i Jurusan Psikologi BINUS University yang menjadi Calon Aktivis HIMPSIKO 2023 agar nantinya mereka secara bersama-sama dapat membawa HIMPSIKO menjadi organisasi yang semakin berkembang dengan baik dan berkualitas. HIMPSIKO dengan bangga mengangkat tema “INSPIRE” dalam kegiatan pada tahun ini. Tema “INSPIRE” sendiri mempunyai kepanjangan yang bermakna inspiration, skillful, persistence, responsibility, dan manner. Melalui “INSPIRE”, diharapkan Calon Aktivis HIMPSIKO 2023 dapat memiliki antusiasme yang tinggi dan baik guna berkembang dalam satu tahun kedepan. Tak hanya itu, LDK-A HIMPSIKO 2023 diharapkan dapat membuat mereka termotivasi untuk want to do more dan do the best selama menjabat pada organisasi kemahasiswaan ini.

Sehubungan dengan Jurusan Psikologi terdapat pada dua area kampus, LDK-A HIMPSIKO 2023 dilaksanakan di kedua area kampus terkait, yaitu Kemanggisan dan Bekasi. Adapun tempat pelaksanaannya sama seperti yang telah di sebutkan di atas, yaitu Ruang Theater 0412 BINUS @Bekasi serta Lapangan Indoor BINUS @Kemanggisan Kampus Syahdan. Dengan adanya pelaksanaan pada kedua area kampus ini, diharapkan Calon Aktivis HIMPSIKO 2023 dapat lebih mengenali, beradaptasi, serta berbaur dengan sesama walaupun bertempatkan di area kampus yang berbeda. Oleh karena harapan itu, kami memaksimalkan dengan melaksanakan kegiatan ini untuk dua hari.

Pada hari pertama, LDK-A HIMPSIKO 2023 yang bertepatan di Ruang Theater 0412 BINUS @Bekasi dibuka dengan kata sambutan hangat yang disampaikan oleh Ketua Jurusan Psikologi BINUS University, yaitu Ibu Dr. Esther Widhi Andangsari, M.Si., Psi.  Kemudian, kata sambutan dilanjutkan oleh Ketua Umum HIMPSIKO 2023, yaitu Nabila Fasya Avindita dan diakhiri oleh kata sambutan Ketua Pelaksana LDK-A HIMPSIKO 2023,  yaitu Muhammad Rheza Ramadhan. Setelah kata sambutan yang hangat disampaikan, materi diawali dengan tema “Responsibility”, yaitu materi yang sangat edukatif untuk para  calon aktivis, dibawakan oleh Ibu Dr. Esther Widhi Andangsari, M.Si., Psi. Selanjutnya, materi dengan tema “Organisasi Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMPSIKO) BINUS University” dibawakan oleh Pengurus Harian Himpunan (PHH) HIMPSIKO 2023 guna mengedukasi calon aktivis terkait organisasi ini. Tak hanya itu, guna para calon aktivis lebih memahami terkait sistematika pelaksanaan program kerja yang ada di HIMPSIKO, materi “Dokumen Administratif HIMPSIKO” yang dibawakan oleh Dinanda Rizqiannisa Putri selaku Sekretaris Umum HIMPSIKO dan Rizki Feronika selaku Bendahara Umum HIMPSIKO dibawakan dengan seru guna membahas terkait bagaimana cara mengelola dokumen kesekretariatan dan kebendaharaan program kerja. Last but not least, hari pertama LDK-A HIMPSIKO 2023 ditutup dengan materi “Skillful” yang dibawakan oleh Kak Nabila Yulian Dasril selaku Ketua Umum HIMPSIKO 2022.

Gambar 1. Games pada pelaksanaan LDK-A HIMPSIKO 2023 di hari pertama.

Setelah hari pertama telah dilewati dengan lancar, hari kedua dilaksanakan di Lapangan Indoor BINUS @Kemanggisan Kampus Syahdan. Kegiatan ini diawali dengan penyampaian materi “Leadership” oleh Kak Faiz Alghifary selaku Ketua Umum HIMPSIKO 2016 dengan sangat bersemangat. Karena materi sebelumnya membawa semangat para calon aktivis, selanjutnya mereka diajak untuk mempelajari materi “Communication” dengan kegiatan post to post serta games mengoper sarung. Hari kedua pun diakhiri dengan pelantikan calon aktivis yang resmi menjadi Aktivis HIMPSIKO 2023 serta penghargaan kelompok dan peserta terbaik untuk mereka.

Gambar 2. Games pada pelaksanaan LDK-A HIMPSIKO 2023 di hari kedua.

Gambar 3. Pelantikan Aktivis HIMPSIKO 2023 pada pelaksanaan LDK-A HIMPSIKO 2023 di hari kedua.

Gambar 4. Foto pertama sebagai Aktivis HIMPSIKO 2023 pada pelaksanaan LDK-A HIMPSIKO 2023 di hari kedua.