PEDOPHILIA

Pedophilia berasal dari bahasa Yunani; Paidophilia, yang terdiri dari 2 kata; pais (anak-anak) dan philia (cinta yang bersahabat atau persahabatan). Menurut DSM, Pedofilia adalah parafilia dimana seseorang memiliki hubungan yang kuat dan berulang terhadap dorongan seksual dan fantasi tentang anak-anak prapuber dan dimana perasaan mereka memiliki salah satu peran atau yang menyebabkan penderitaan atau kesulitan interpersonal.

Kesimpulannya adalah pedofilia diartikan sebagai gangguan kejiwaan pada orang dewasa atau remaja sekitar umur 16 tahun atau lebih, yang suka melakukan hubungan seksual / kontak fisik yang merangsang anak di bawah umur.

Klasifikasi

  1. pedofilia yang fiksasi: penderitanya menganggap dirinya terjebak pada lingkungan anak, jarang bergaul dengan teman sebayanya.
  2. Pedofilia yang sifatnya regresi: tidak tertarik dengan anak laki-laki dan biasanya bersifat heteroseks. lebih suka anak perempuan berusia 8 atau 9 tahun
  3. Pedofilia seks lawan jenis: melibatkan anak perempuan dan melibatkan anak tersebut dalam hubungan seksual
  4. Pedofilia sesame jenis: penderitanya lebih suka berhubungan seks dengan anak laki-laki ataupun anak perempuan disbanding orang dewasa.
  5. pedofilia wanita: penderitanya adalah wanita yang melibatkan anak berumur 12 tahun atau lebih muda. Dikarenakan kemungkinannya hal ini disebabkan adanya perasaan keibuan pada wanita, maka insiden ini jarang dilaporkan.

Kriteria menurut DMS-IV-TR

  1. berulang, intens, dan terjadi selama periode minimal 6 bulan, fantasi, dorongan, perilaku yang menimbulkan gairah seksual yang berkaitan dengan melakukan kontak seksual dengan anak yang belum puber.
  2. orang yang bersangkutan bertindak berdasarkan dorongan tersebut, atau dorongan itu menyebabkan orang ini mengalami distress dan/atau masalah interpersonal
  3. orang yang bersangkutan minimal berusia 16 tahun dan 5 tahun lebih tua dari anak yang menjadi korban

Ciri-ciri

  1. Adanya kecemasan
  2. introvert
  3. Impuls yang tidak dapat terkontrol
  4. Pribadi yang tidak matang
  5. Maladjusting
  6. Kebutuhan afeksi
  7. Kecenderungan mengalami depresi di atas rata-rata

Penyebab

  1. kurang mendapat perhatian dari orang tua
  2. ketidak harmonisan rumah tangga (broken home)
  3. kegagalan sekolah formal dalam mendidik dan menerapkan nilai moral dan agama yang akan membentuk kedisiplinan
  4. penundaan usia perkawinan
  5. ketidak matangan mental
  6. psikopatologi

Penanganan

  1. Terapi perilaku kognitif
  2. Intervensi perilaku
  3. Intervensi farmakologi

 

Sumber:

https://www.scribd.com/doc/90478114/Psi-Sosial-Pedofilia#scribd             

https://books.google.co.id/books?id=_Ucx_BDn_f4C&pg=PA102&lpg=PA102&dq=penyebab+pedofilia&source=bl&ots=P2EOFUTDde&sig=samWwh8s7J1fQXJLMUyDhJF50hY&hl=en&sa=X&ei=gaFDVePEJdSpuwSl4oCoCQ&ved=0CCEQ6AEwATgK#v=onepage&q&f=false