PSYCARE 2022

Psycare atau Psychology Care merupakan salah satu program kerja Badan Pengembangan Organisasi dan Kemasyarakatan (BPOK) di Himpunan Mahasiswa Jurusan Psikologi (HIMPSIKO) BINUS University yang bersifat P2M atau Pengabdian kepada Masyarakat, yang dimana memiliki rangkaian acara yaitu kegiatan volunteer, pengumpulan donasi, dan talkshow.

Seluruh rangkaian kegiatan Psycare 2022 telah dilaksanakan pada tanggal 28 Juni sampai dengan tanggal 27 Juli 2022.

PSYCARE 2022 mengangkat mengangkat tema Beauty dalam rangka untuk mengedukasi mahasiswa/i BINUS University dan masyarakat umum mengenai cara menemukan keindahan di balik kekurangan, dan untuk menunjukkan bahwa setiap individu memiliki keunikannya masing-masing untuk tetap bersinar. Judul acara PSYCARE 2022 yaitu Imperfect: Embrace Yourself dengan slogan Imperfect Makes Us Perfect.

Volunteer

Kegiatan volunteer PSYCARE diadakan selama 4 hari yaitu pada tanggal 19, 22, 26, dan 27 Juli 2022 di Yayasan Sayap Ibu Bintaro dan Yayasan Unit Pelayanan Disabilitas (UPD) yang merupakan tempat penyantunan serta rehabilitasi bagi anak dengan disabilitas majemuk. Pada kegiatan volunteer tahun ini merupakan kegiatan volunteer secara onsite pertama setelah pandemi, yang dimana pada tahun 2020 dan 2021 kegiatan volunteer diadakan secara online. Kegiatan volunteer tanggal 19 dan 22 Juli diadakan di Yayasan Sayap Ibu Bintaro dengan jumlah volunteer 6 orang. Sedangkan pada tanggal 26 dan 27 Juli diadakan di Unit Pelayanan Disabilitas dengan jumlah volunteer 7 orang. Kegiatan volunteer berisikan dengan pemberian materi self love dan self awareness melalui story telling, mengasah kreativitas melalui mewarnai dan origami, sesi unjuk bakat seperti menari dan bernyanyi, dan melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Anak-anak di yayasan terlihat sangat antusias mengikuti acara volunteer PSYCARE ini.

Talkshow

Kegiatan talkshow PSYCARE diadakan pada hari Senin tanggal 25 Juli 2022 pukul 13.00 – 16.05, talkshow yang bertema Imperfect: Embrace Yourself dengan narasumber psikolog Tara De Thouars dan Zsazsa Caesar sebagai model yang memiliki vitiligo. Acara talkshow ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Psycare. Acara dimulai dengan sharing session bersama Yayasan Sayap Ibu Bintaro yang berisikan informasi seputar yayasannya. Acara kemudian dilanjut dengan penampilan dari komunitas BKO yaitu Anima Musica yang membawakan lagu berjudul Tutur Batin oleh Yura Yunita. Lalu akhirnya sampai di puncak acara yaitu talkshow bersama kedua narasumber yang membahas topik insecurity, self love, dan self awareness. Acara talkshow ditutup dengan penampilan dari komunitas BKO yaitu Psydance dengan lagu berjudul Me oleh CLC. Diakhir acara terdapat sesi dokumentasi bersama seluruh partisipan untuk mengabadikan PSYCARE 2022.

Penggalangan Donasi

Kegiatan penggalangan donasi dilakukan pada tanggal 2 – 25 Juli 2022 secara online. Penggalangan donasi ditujukan kepada Yayasan Sayap Ibu Bintaro yang merupakan tempat dilaksanakannya kegiatan volunteer PSYCARE 2022. Jumlah donasi yang berhasil terkumpul yaitu sebesar Rp3.715.000. Penyerahan donasi dilakukan secara langsung di Unit Pelayanan Disabilitas yang merupakan yayasan dibawah naungan Yayasan Sayap Ibu Bintaro pada tanggal 26 Juli 2022. Penyerahan donasi disiarkan secara langsung melalui Zoom Meeting yang dihadiri oleh para donatur dan partisipan talkshow PSYCARE 2022. Perwakilan panitia yaitu Sarah Hanifa memberikan donasi secara simbolis kepada pihak yayasan. Video rekap volunteer tanggal 19 dan 21 dan video tour yayasan sayap ibu ditampilkan. Selain itu, terdapat sesi sharing session bersama pihak Unit Pelayanan Disabilitas seputar yayasannya.

 

Harapan/Kesan Pesan

Dengan diadakannya PSYCARE 2022, kami berharap dapat meningkatkan kepedulian terhadap individu ataupun kelompok yang memiliki kekurangan fisik maupun psikis, serta melihat kelebihan yang dimiliki setiap orang. Selain itu, diharapkan mahasiswa/i BINUS University dan masyarakat umum dapat menumbuhkan perasaan untuk mencintai dirinya  sendiri dan menghapus stigma beauty standard di lingkungan masyarakat.