PEMILIHAN UMUM KETUA HIMPSIKO 2024/2025

Tak terasa HIMPSIKO kembali melaksanakan rangkaian kegiatan Pemilihan Umum (PEMILU) yang artinya regenerasi kepengurusan akan segera berlangsung. Kegiatan PEMILU tahun ini dilaksanakan di dua area kampus Jurusan Psikologi BINUS University, yaitu area Kemanggisan dan Bekasi. Namun, hal tersebut tidak menghalangi semangat para kandidat dalam melakukan serangkaian kegiatan PEMILU 2023 guna mempersiapkan HIMPSIKO 2024/2025. 

Rangkaian kegiatan PEMILU 2023 diawali dengan kampanye pasif, yang dimana ketiga kandidat membuat video kampanye yang berisi pemaparan visi, misi, dan program kerja inovasi yang kemudian diunggah pada Youtube, Website, dan Instagram HIMPSIKO BINUS University pada tanggal 4 Oktober 2023. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan kampanye aktif yang berlangsung kurang lebih selama satu minggu. Kampanye aktif sendiri dilaksanakan secara hybrid, yaitu sesi onsite dengan mendatangi beberapa kelas dan dilakukannya pemilihan oleh Psytroopers di region Bekasi dan Kemanggisan serta sesi online dengan melakukan kegiatan yang sama berlangsung di Zoom Meeting. Proses pemilihan dan/atau pencoblosan onsite dilakukan secara langsung setelah kampanye aktif dan menggunakan kertas suara, sedangkan proses pemilihan dan/atau pencoblosan online menggunakan link voting yang telah disediakan oleh panitia. Setelah sesi kampanye kepada Psytroopers dilaksanakan, kampanye juga kami laksanakan untuk Jurusan Psikologi BINUS University serta Alumni HIMPSIKO. Kampanye aktif ditutup dengan kampanye kepada Pengurus Harian Himpunan (PHH) dan seluruh Anggota HIMPSIKO. Seluruh kegiatan kampanye dan pencoblosan dilaksanakan dengan seksama dan menerapkan asas LUBER JURDIL (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil).

Setelah kegiatan kampanye aktif dan pencoblosan terlaksana, pada tanggal 15 Oktober 2023 diadakan Perhitungan Suara dan Penetapan Ketua Umum terpilih HIMPSIKO periode 2024/2025 yang berlokasi di ruangan A103 Kampus BINUS Kijang. Perhitungan suara dilaksanakan secara hybrid dan dihadiri serta disaksikan oleh perwakilan Dosen Psikologi BINUS University, Psytroopers, Alumni HIMPSIKO, seluruh Anggota HIMPSIKO 2023, dan tentunya ketiga kandidat bakal calon. Perhitungan dimulai dengan menghitung data suara yang diambil secara online, lalu membuka dan menghitung data suara yang diambil secara onsite, sampai dengan perhitungan kumulatif yang dimana seluruh data suara termasuk penilaian panelis diakumulasikan. 

Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, diketahui bahwa Kandidat Ketua Umum HIMPSIKO 2024/2025 Nomor Urut 2 yang bernama Bonanza Octyokora Fayaseaco Putri Mandalika telah terpilih menjadi Ketua Umum HIMPSIKO untuk periode 2024/2025. Keseluruhan acara PEMILU HIMPSIKO 2023 ini ditutup dengan kata sambutan yang dimulai oleh Kak Lulu Nadya Hakim, S.Psi. selaku SOA atau Pembina HIMPSIKO 2023 dan diakhiri oleh Nabila Fasya Avindita selaku Ketua Umum HIMPSIKO 2023/2024.