“Do Small Things With Great Love” PSYCARE 2018

Psychology Care (Psycare) merupakan sebuah kegiatan bakti sosial yang akan melibatkan mahasiswa Psikologi BINUS University. Kegiatan ini merupakan usaha untuk menjalankan salah satu misi dari HIMPSIKO, yaitu sebagai fasilitas mahasiswa Psikologi dalam berkontribusi terhadap lingkungan sosial.

Psycare pada tahun ini bekerja sama dengan Teach For Indonesia Student Community (TFISC) BINUS University dengan menjalankan kegiatan di Yayasan Bina Anak Pertiwi yang dilaksanakan bertepatan libur perkuliahan semester genap. Pelaksanaan kegiatan Psycare dilakukan di yayasan anak, guna meningkatkan kesadaran mahasiswa Psikologi BINUS University mengenai tahapan perkembangan pada anak. Yayasan Bina Anak Pertiwi sebagai salah satu sekolah yang menampung anak-anak yang tidak mampu, mengejar paket c dan sebagainya. Menurut data dari Yayasan Bina Anak Pertiwi terdapat 501 anak yang bersekolah di yayasan ini. Namun, tidak hanya sebagai sekolah untuk yang tidak mampu, Yayasan Bina Anak Pertiwi juga menjadi rumah singgah anak.  Anak yang mengikuti kegiatan Psycare hanya 40 orang dimana hal ini difokuskan pada anak yang berusia 4-8 tahun saja. Pada tahun ini, Psycare melakukan kegiatan yang dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan, dimana pada setiap pertemuannya memiliki rangkaian acara yang bermakna dan memiliki unsur psikologi di dalamnya, sehingga akan meninggalkan kesan bagi anak-anak di yayasan Bina Anak Pertiwi dan juga mahasiswa Psikologi BINUS University.

Tema acara Psycare pada tahun ini adalah  “ Do Small Things with Great Love “. Tema acara ini di dasari dari melakukan sesuatu yang sederhana dengan ketulusan. Tema ini menekankan bahwa dalam perkembangan anak usia dini pentingnya mengetahui dengan melalui hal-hal sederhana yang mereka lakukan           dapat menjadi sesuatu yang berharga jika mereka melakukannya dengan sungguh-sungguh. Tema ini mengajak peserta dari Yayasan Bina Anak Pertiwi untuk mengambil titik positif dari hal sederhana yang telah mereka lakukan sehingga dapat melakukan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh untuk mencapai suatu yang berharga.

Kegiatan Psycare yang diadakan bersama anak di rumah singgah anak merupakan bakti sosial yang terdiri atas, games yang akan melatih sensorik-motorik pada anak, juga kegiatan kreativitas seni. Permainan yang disiapkan sudah dirancang untuk menyesuaikan dengan kondisi anak di Yayasan Bina Anak Pertiwi. Kegiatan yang dilakukan akan mengutamakan sensorik dan motorik anak usia dini. Materi terbagi menjadi 3 berdasarkan tema acara, yaitu; Sensori-motorik (Bermain Plastisin), Preoperational (Who Am I), Intuitif dan kegiatan kreatifitas (Mengecat Baju). Kegiatan dari masing-masing materi disesuaikan dengan ciri khas dari setiap tahap tersebut. Kegiatan yang akan dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan rasa saling menghargai dan rasa kebersamaan yang terjalin antara mahasiswa Psikologi BINUS University dengan anak yang bersekolah di Yayasan Bina Anak Pertiwi.

Tujuan penyelenggaraan acara ini adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan rasa kepedulian mahasiswa Psikologi BINUS University terhadap sesame.
  2. Membantu meningkatkan fungsi sensori dan motorik pada anak melalui kegiatan mewarnai baju.
  3. Menumbuhkan kreativitas .mahasiswa Psikologi BINUS University dan anak-anak di Yayasan tersebut.
  4. Melatih mahasiswa Psikologi BINUS University untuk memiliki rasa empati terhadap anak-anak di yayasan anak jalanan.
  5. Membantu untuk menimbulkan kesadaran bahwa melakukan hal yang sederhana dengan ketulusan dan sungguh-sungguh akan menghasilkan suatu hal yang berharga.