PSYCHOLOGY WELCOMING PSYTROOPERS 2021 / #PWP2021

PSYCHOLOGY WELCOMING PSYTROOPERS 2021 / #PWP2021

Oleh: Mutiara Anggita Lestari / 2001608566/ Aktivis Badan Informasi dan Komunikasi HIMPSIKO 2017

          Psychology Welcoming Psytroopers (PWP) 2021 adalah suatu kegiatan untuk menciptakan tali persaudaraan antar mahasiswa baru Psikologi Binus University angkatan 2021. Melalui kegiatan ini mahasiswa dapat mengembangkan diri untuk berkomunikasi dengan senior ataupun teman baru yang didapatkan dari acara ini. Kegiatan ini juga dapat menjadi pendukung kegiatan FEP Binus dengan membantu mahasiswa beradaptasi di lingkungan perkuliahan Psikologi Binus University.

            “The Power of Togetherness” dipilih menjadi tema utama #PWP21 yang memiliki makna bahwa ada kekuatan yang didapat dari kebersamaan. Kekuatan tersebut dapat dicerminkan melalui kerja sama, yang berarti ketika suatu kelompok dapat menyatukan pikiran mereka dengan baik maka suatu tujuan bersama akan lebih mudah dicapai. Dalam kegiatan ini, kebersamaan tersebut akan berusaha diciptakan melalui kegiatan games dengan konsep pos-to-pos yang menuntut kerja sama team.  Acara ini diadakan selama 1 hari yang diisi dengan berbagai games, materi pengenalan Psikologi Binus dan HIMPSIKO, serta sesi sharing antar mahasiswa dan dosen mengenai kehidupan perkuliahan.

            Acara #PWP21 dilaksanakan pada 16 September 2017. Acara diawali dengan berkumpulnya seluruh peserta, panitia dan LO pada pukul 08.00 WIB dan panitia segera membagi regu lalu peserta diminta untuk berkumpul dengan regunya masing-masing. Setelah itu, peserta diberi waktu 15 menit untuk membuat yel-yel kelompok lalu disusul dengan pembukaan acara oleh ketua acara dan ketua HIMPSIKO dan dilanjutkan dengan perkenalan panitia #PWP21.

            Acara selanjutnya games pos to pos yang terdiri dari 7 pos di mulai. Setelah games pos to pos selesai, peserta dihimbau untuk kembali ke ruang 302 untuk menebak costume masing-masing kelompok yang sebelumnya dimainkan di salah satu pos. pukul 12.25 diadakan presentasi ILMPI yang memperkenalkan Psikologi dalam cakupan nasional. Setelah itu, peserta diperkenankan untuk membersihkan diri dan sholat dzuhur bagi peserta muslim. Pukul 13.15 peserta dipersilahkan untuk makan siang yang sudah disiapkan panitia di ruang 302. Selama makan siang, diadakan sesi sharing oleh ILMPI secara berkelompok.

            Setelah makan siang pukul 14.00, diadakan sesi sharin oleh dosen mengenai dunia perkuliahan. Setelah itu, sesi sharing dilanjutkan oleh senior dan alumni HIMPSIKO. Sesi sharing HIMPSIKO dilakukan secara berkelompok. Setelah sesi sharing, peserta bergabung dengan senior dan panitia yang berada di lokasi #PWP21 untuk bermain games ‘Mengangkan Galon’ bersama di depan ruang 302.

            Pukul 15.30, peserta dikumpulkan kembali di ruang 302 untuk mendengarkan penjelasan makna games yang dimainkan sebelumnya, dan dilanjutkan dengan kesan pesan peserta setelah mengikuti rangkaian kegiatan di #PWP21. Pada pukul 16.45, panitia serta senior dan alumni yang hadir diarahkan turun ke depan LKC untuk melakukan foto bersama. Setelah fotto bersama, acara #PWP21 ditutup oleh Meysi Bangun sebagai Ketua Acara.