Psychology Championship 2017

Psychology Championship (PSY-ON 2017) – Self or Society

Trisa Mulya Putri / 2001609455 / Aktivis Badan Pendidikan dan Kajian Keilmuan HIMPSIKO 2017

 

Pada tanggal 19 – 21 Oktober 2017 telah dilaksanakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh HIMPSIKO Binus University yaitu Psychology Championship (PSY-ON) 2017. Self or Society menjadi tema dalam acara PSY-ON tahun ini, sesuai dengan semakin maraknya permasalahan sosial yang terjadi di Indonesia. Arti dari tema ini adalah bagaimana seseorang menentukan pilihannya sebagai individu yang hanya mengutamakan kepentingan diri sendiri (self) dan golongan atau sebagai individu yang terdapat dalam suatu masyarakat (society) untuk mengutamakan kepentingan bersama. Kata S.O.S juga melambangkan darurat atau bahaya, sama seperti keadaan Indonesia saat ini yang darurat akan kurangnya toleransi antar masyarakat.

Pada tahun ketiga ini, PSY-ON berlangsung selama 3 hari, hari pertama yaitu technical meeting mengenai penjelasan dan peraturan di tiap babak perlombaan bagi para peserta. Hari Kamis adalah babak penyisihan dan di hari Jumat merupakan babak semifinal dan final. Setelah membuka pendafataran dari bulan Agustus hingga awal Oktober, terkumpul 11 tim yang akan mengikuti perlombaan PSY-ON 2017.

Pada babak penyisihan, ada 11 tim yang mengikuti perlombaan. Tim tersebut berasal dari 2 tim Universitas Katolik Atma Jaya, 2 tim Universitas Gadjah Mada, 2 tim Universitas Tarumanagara, 2 tim Universitas Sebelas Maret, 1 tim Universitas Gunadarma, 1 tim Universitas Islam Bandung dan 1 tim dari Binus University. Di babak penyisihan ini, seluruh tim akan berlomba untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dalam beberapa rangkaian game.

Enam tim yang berhasil lolos ke babak semifinal adalah UGM tim 1 & 2, UNTAR tim 2, Atma Jaya tim 2, Universitas Gunadarma dan Unisba. Sedangkan tim yang lolos ke babak final hanya 4 tim, yaitu UGM tim 2, UNTAR tim 2, Atma Jaya tim 2 dan Universitas Gunadarma. Pada babak semifinal, game yang dimainkan oleh peserta adalah ring the bells, yaitu tiap tim harus secara cepat memencet bel untuk menjawab soal yang dibacakan. Empat tim yang memilik skor tertinggi akan maju ke babak final.

Pada babak final, setiap tim akan diberikan kasus untuk di presentasikan di depan para juri. Tema dari kasus tersebut sehubungan dengan tema PSY-ON tahun ini. Setelah hasil penilaian juri melalui presentasi kasus yang dilakukan oleh keempat tim, juri memutuskan juara 1 diraih oleh UGM tim 2, juara 2 oleh Atma Jaya tim 2 dan juara 3 oleh Untar tim 2 serta Universitas Gunadarma sebagai harapan 1.