Company Visit 2017

COMPANY VISIT 2017

Mutiara Ramadhita / 2001609316/ Aktivis Badan Informasi dan Komunikasi HIMPSIKO 2017

 

Company Visit merupakan kegiatan mengunjungi sebuah perusahaan untuk menambah pengetahuan mahasiswa Psikologi pada dunia kerja khususnya dibidang Human Resources yang berkaitan dengan  Recruitment, Selection, Assessment, dan Development baik secara teori maupun penerapan dalam dunia kerja.

Tujuan diadakannya kegitan company visit ini diantaranya adalah untuk menambah pengetahuan mahasiswa tentang aplikasi keilmuan dari Industry and Organization dalam bidang industry dan perusahaan pada umumnya, membekali mahasiswa agar mempunyai wawasan yang luas tentang Human Resources serta mempunyai kepercayaan diri dalam proses penyesuaian di lingkungan kerja, dan yang terakhir sebagai sarana bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan teori yang diperoleh selama perkuliahan ke dalam kegiatan kunjungan ke perusahaan.

Pada kesempatan kali ini, kegiatan Company Visit diadakan pada tanggal 20 Juli 2017 dan mengunjungi PT. Unilever Indonesia yang bertempat di Tangerang, Banten. PT. Unilever Indonesia merupakan perusahaan multi nasional yang bergerak di bidang produsen barang rumah tangga. Produk yang diproduksi oleh Unilever antara lain makanan, minuman, permbersih, dan juga perawatan tubuh. Sebagai produsen barang rumah tangga terbesar ke-3 di dunia, tentu Unilever akan sangat diminati oleh para pelamar kerja. Sehingga dengan diadakannya kegiatan Company Visit ini, berharap mahasiswa dapat semakin mengerti alasan mengapa perusahaan tersebut diminati dan mengenal garis besar struktur perusahaan khusunya di bagian Human Resources.

 

Kegiatan yang dilakukan pada kegiatan Company Visit diantaranya perkenalan divisi perusahaan, sesi sharing dan tanya jawab, serta Company touring untuk melihat secara langsung situasi pada lapangan kerja. Kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk pengembangan diri, potensi diri, dan menjadi kegiatan yang bermanfaat baik dari segi akademis maupun non-akademis mahasiswa Psikologi Binus University.

Kegiatan kunjungan ke PT. Unilever Indonesia diawali dengan perkenalan  singkat dan penjelasan dari masing-masing divisi yang ada di perusahan tersebut. Lalu dilanjutkan dengan penjelasan mendalam yang diberikan oleh divisi Human Resources & Information System yang merupakan divisi utama pengaplikasian prinsip-prinsip Psikologi. Setelah itu, diadakan sesi tanya jawab dengan pihak Unilever mengenai aplikasi prinsip-prinsip Psikologi dalam dunia industri dan organisasi yang diterapkan di perusahaan tersebut. Setelah sesi tanya jawab, dilanjutkan dengan kegiatan Company Touring untuk melihat langsung sistem, situasi, dan aktivitas kerja Human Resources Departement di PT. Unilever Indonesia. Kegiatan Company Visit  ditutup dengan foto bersama.