Psychology Welcoming Psytroopers (PWP26)

Psychology Welcoming Psytroopers (PWP) 2026 telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 September 2022. Acara ini merupakan program kerja pertama HIMPSIKO yang kembali dilaksanakan secara onsite. PWP 2026 merupakan salah satu program kerja dari Badan Pengembangan Organisasi dan Kemasyarakatan (BPOK) yang diadakan dalam rangka untuk menyambut mahasiswa baru Psikologi BINUS University angkatan 2026. Acara ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menciptakan tali persaudaraan antar sesama mahasiswa serta para alumni, dapat mengenal dosen-dosen di Psikologi BINUS University, mengenal HIMPSIKO, mengetahui kehidupan perkuliahan yang dilaksanakan secara hybrid, dan membantu mahasiswa agar lebih mudah beradaptasi di lingkungan BINUS University.

Pada tahun ini, PWP 2026 mengangkat tema Arcade Games yang terinspirasi dari orang-orang yang senang bermain games pada mesin arcade game. Saat seseorang bermain game, mereka akan mulai dari level terendah, lalu mereka harus gigih menghadapi segala rintangan yang ada agar dapat naik ke level selanjutnya. Secara tidak langsung, kehidupan seseorang ketika bermain game memiliki kesamaan dengan kehidupan seseorang saat menyelesaikan masa sekolahnya, yaitu dimulai dari masa SD, kemudian masa SMP, lalu dilanjutkan ke masa SMA. Setelah menyelesaikan masa SMA, seseorang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu beranjak ke jenjang perkuliahan. Di jenjang perkuliahan ini merupakan level tertinggi dalam pendidikan, sehingga akan menghadapi banyak rintangan yang lebih sulit. Hal ini sama seperti hal yang terjadi pada games, ketika memasuki level yang baru. Agar mahasiswa baru dapat menghadapi berbagai rintangan tersebut, akan lebih baik jika para mahasiswa baru membangun koneksi dengan orang-orang baru, seperti dengan teman seangkatan, senior, dan juga dosen di Psikologi BINUS University. Selain itu, Psytroopers 2026 harus memberanikan diri untuk ”move to a new level“ dengan menciptakan koneksi baru agar mampu menghadapi segala perjalanan dan rintangan di level perkuliahan.

Acara PWP 2026 dilaksanakan secara onsite yang berlokasikan di BINUS Kijang. Rangkaian acara diawali dengan pemberian materi seputar perkuliahan di Psikologi BINUS University oleh Pak Juneman selaku dosen di Psikologi BINUS. Lalu, dilanjutkan dengan sesi pengenalan HIMPSIKO secara garis besar, pengenalan anggota, serta penjelasan untuk setiap departemen yang ada di HIMPSIKO (BPOK, BPKK, BKO, BANKEWIR, dan BANINFO). Kemudian, terdapat juga kegiatan pengenalan ILMPI oleh perwakilan ILMPI. Selanjutnya, terdapat kegiatan sharing bersama alumni seputar pengalaman berkuliah di Psikologi BINUS, saat berorganisasi di HIMPSIKO, serta membagikan cerita tentang kehidupan di dunia kerja. Kemudian, acara dilanjutkan dengan penampilan yel-yel dari setiap kelompok Psytroopers B26. Selanjutnya,  terdapat penampilan dari Anima Musika dan Psydance yang merupakan komunitas dari Badan Kreativitas, Seni, dan Olahraga (BKO) HIMPSIKO. Terakhir, acara ditutup dengan dilaksanakannya permainan “Tempur Naga”.

Dengan diadakannya acara PWP 2026 ini, diharapkan dapat menjadi sarana bagi para mahasiswa baru untuk berani melangkah ke tahapan selanjutnya dan mulai menjalin pertemanan serta relasi dengan keluarga Psikologi BINUS University.

Sekian mengenai acara Psychology Welcoming Psytroopers (PWP) 2026, sampai bertemu kembali di Psychology Welcoming Psytroopers (PWP) 2027!