Apakah Mood Swing Berbeda dengan Bipolar?

Hai semua. Apa kabarnya, nih? Semoga sehat selalu ya! Kembali lagi di artikel edisi bulan Oktober. Kali ini kita bakalan bahas sama dua istilah yang udah nggak asing bagi kalian. Yuk, simak artikel ini!

https://hantu.bo.satupersen.net/content/images/2020/08/Template-Banner-Blog–20-.png

Kalian udah pada sering denger kata mood swing dan bipolar belum nih? Pastinya udah nggak asing dong sama dua istilah tersebut. Tapi, apakah dua istilah tersebut memiliki arti yang sama aja? Atau malah memiliki arti yang berbeda jauh? Yuk, langsung simak saja artikelnya!

Apa itu Mood Swing dan Bipolar?

Mood Swing adalah perubahan yang mendadak atau intens dalam keadaan emosional. Selama mood swing, seseorang dapat beralih dengan cepat dari perasaan senang gembira menjadi sedih, mudah tersinggung, maupun marah. Perubahan suasana hati ini salah satunya disebabkan oleh perubahan level hormon yang ada dalam diri manusia. Pada dasarnya mood swing merupakan hal yang wajar dialami, menurut psikolog asal Amerika Serikat, Grohol, mengatakan bahwa semua orang di dunia bisa dibilang pernah mengalami itu dalam hidup. Maka dari itu, mood swing bisa dikatakan wajar selama tidak mengganggu diri kita dalam aktivitas sehari-hari.

Bipolar sebelumnya dikenal dengan sebutan manic depression, adalah kondisi di mana kesehatan mental yang menyebabkan perubahan suasana hati (mood swing) yang ekstrim, meliputi emosi yang tinggi (mania atau hypomania) dan rendah (depresi). Mood swing ini bisa mempengaruhi tidur, energi, perilaku, dan kemampuan berpikir. Bipolar sendiri secara umum terbagi menjadi dua, yaitu: Bipolar I dan Bipolar II. Bipolar I mampu ditandai dengan adanya maniac episode, dimana seseorang sedang merasakan berenergi dalam suatu waktu, hal itu dikatakan bipolar jika orang tersebut tidak berada di bawah suatu pengaruh. Sedangkan, Bipolar II mempunyai ciri depression episode yang berdurasi sekitar dua minggu. Hal ini ditandai dengan perasaan sedih, jam tidur berantakan, sampai lost interest pada hal yang disukai.

Kedua istilah tersebut memang memiliki kemiripan, yaitu kondisi dimana adanya perubahan suasana hati yang ekstrim pada seseorang. Namun, kedua istilah tersebut tetap memiliki perbedaan.

Perbedaan Mood Swing dengan Bipolar

Mood swing mampu diatasi oleh orang yang mengalaminya dengan cara menghindari pemicu mood swing tersebut. Selain itu, juga bisa diatasi dengan rutin melakukan olahraga, yoga, dan meditasi. Menjaga kesehatan, seperti mengonsumsi makanan sehat dan istirahat yang cukup juga mampu memperbaiki suasana hati. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi stres dan sedikitnya nutrisi di dalam tubuh seseorang.

Sedangkan, bipolar diatasi dengan pemberian obat dan psikoterapi. Terdapat beberapa metode yang bisa dilakukan guna mengatasi bipolar, contohnya interpersonal and social rhythm therapy, cognitive behavioral therapy, dan psychoeducation.

Cara Mengatasi Mood Swing

  • Menulis diary

Menulis diary harian bisa dilakukan dengan menulis apa saja yang kita rasakan dan alami dan bisa ditambah dengan menuliskan hal yang membuat kita bersyukur di hari tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengenali emosi yang sedang kita rasakan, dari sini kita bisa tahu apa penyebab dari mood swing.

  • Menjaga kesehatan fisik

Menjaga kesehatan fisik bisa dilakukan dengan berolahraga, mengonsumsi makanan yang bergizi, dan beristirahat yang cukup. Dengan begitu bisa membantu kita untuk mengendalikan stress dan menurunkan tekanan darah.

  • Melakukan konsultasi dengan ahli

Berkonsultasi bisa membantu kita dalam memahami masalah yang kita alami. Hal ini juga merupakan sesuatu yang wajar dilakukan, karena ada saat dimana kita tidak bisa menghadapi masalah sendirian. Perlu diingat bahwa tenaga profesional kesehatan mental bisa mendiagnosa mood swing dan bipolar. Maka dari itu jangan melakukan self-diagnose ya, teman-teman!

Referensi:

Akbar, F. (2020). Mood Swing dan Bipolar: Apa Bedanya?. Diakses tanggal 28 September 2022. URL: https://satupersen.net/blog/mood-swing-bipolar-apa-bedanya

Leonard, J. (2020). What causes mood swings in males and females?. Diakses tanggal 28 September 2022. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/mood-swings

Makarim, F. R. (2019). Gangguan Bipolar dan Mood Swing, Ini Perbedaannya. Diakses tanggal 28 September 2022. URL: https://www.halodoc.com/artikel/gangguan-bipolar-dan-mood-swing-ini-perbedaannya

Mayo Clinic. (2021). Bipolar Disorder. Diakses tanggal 28 September 2022. URL: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bipolar-disorder/symptoms-causes/syc-20355955#:~:text=Overview,or%20pleasure%20in%20most%20activities.

Penulis: Farah Sabina