Psychology Championship 2021

Psychology Championship 2021

Rangkaian pelaksanaan acara Psychology Championship (PSYON) 2021 telah resmi selesai pada Selasa, 22 Desember 2021 lalu dengan mengangkat dengan tema acara Hustle Culture : How Toxic Productivity Become S.M.A.R.T Productivity sebagai tema besarnya. Rangkaian acara tersebut dimulai dengan dibukanya registrasi perlombaan Essay dan Speech bagi rekan-rekan sesama mahasiswa/i Psikologi di seluruh universitas di Indonesia yang di adakan secara daring pada tanggal 25 Oktober 2021 dan ditutup pada tanggal 17 Desember 2021. Kemudian rangkaian perlombaan tersebut dirampungkan dengan Talkshow daring talkshow tersebut dikenal sebagai PSYTALK yang dilaksanakan tepat pada Rabu, 22 Desember 2021.

      Tema acara Hustle Culture yang membahas mengenai masyarakat yang menganggap bahwa individu hanya bisa mencapai kesuksesan kalau ia meluangkan hampir seluruh waktunya untuk bekerja. Budaya terburu-buru ini juga dikenal sebagai “burnout culture”, “workaholism” atau “toxic productivity”. Sepintas, itu tampak seperti budaya yang sangat memotivasi, mendorong orang demi bekerja keras untuk mencapai hasil maksimal dan Anda dapat berhasil jika bekerja cukup keras, sesuai dengan judul dari tema kali ini, judul tersebut mengartikan kata produktivitas yang berlebih juga tidak baik seperti tidak tidur, bekerja 24/7, dan tidak menjalani kehidupan yang seimbang, kini milenial dikenal sebagai generasi burnout.

       Lebih lanjutnya fenomena tersebut juga dibahas lebih lanjut melalui topik PSYTALK bertajuk Hustle Culture : How Toxic Productivity Become S.M.A.R.T Productivity Adapun talkshow berdurasi 180 menit dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting dan dihadiri oleh pembicara mengundang Gloria Hamel Serta pembicara lain yang tak kalah menarik dan tidak asing bagi mahasiswa/i Psikologi BINUS University yaitu Anggita Cahyani S,Psi., M.A selaku dosen Psikologi BINUS University.

      Selain mengusung tema dan dihadiri oleh pembicara yang menarik, PSYTALK juga dikemas semenarik mungkin sehingga peserta dapat menikmati alur pembicaraan serta mendapatkan manfaat setelah mengikuti talkshow tersebut. Selain itu juga diadakan pengumuman pemenang perlombaan Essay dan Speech diakhir diselenggarakannya talkshow tersebut.

      Melalui terlaksananya PSYON 2021, Diharapkan dengan diadakannya kegiatan Psychology Championship (Psyon) ini, seluruh mahasiswa-mahasiswi Psikologi dapat mengasah dan membuktikan kemampuan akademis melalui lomba menulis essay dan speech. Selain itu, mahasiswa-mahasiswi secara umum juga diharapkan dapat meningkatkan rasa kepedulian dengan pendekatan psikologi terhadap hustle culture di lingkungan sekitar lewat webinar Psychology Talkshow (Psytalk) sehingga dapat turut berkontribusi dalam perubahan di Indonesia ke arah yang semakin baik. Sebagai penutup, kami mengabadikan momen sebagai dokumentasi acara PSYTALK 2021.Sekian mengenai rangkaian acara PSYON 2021, sampai bertemu kembali di PSYON 2022!

PSYON: Be a champion in Psychology!

Berikut lampiran dokumentasi PSYTALK 2021: