PSYCARE 2020

Rangkaian pelaksanaan acara Psychology Care atau Psycare 2020 telah resmi selesai pada hari Minggu, 15 November 2020 lalu. Rangkaian acara yang telah digelar selama satu bulan tersebut, yakni yang dimulai dari tanggal 15 Oktober 2020 hingga penutupannya di hari minggu lalu, digelar dengan adanya bentuk penggalangan dana atau donasi yang dibuka selama satu bulan penuh penyelenggaraan acara. Namun, selain dilakukannya proses penggalangan dana, dilakukan pula rangkaian kegiatan webinar yang digelar sebanyak 2 kali, yakni di hari Jumat 30 Oktober 2020, dan juga di hari Minggu, 15 November 2020.

Tema besar dari Psycare di tahun ini ialah “Disabilitas: Teman Tanpa Batas” yang diangkat untuk bisa mendukung adanya bentuk raising awareness dari masyarakat atau lingkungan sekitar, terkait dengan isu-isu disabilitas di sekitar mereka. Adapun, pada saat penyelenggaran webinar pertama Psycare, yakni yang dilakukan pada tanggal 30 Oktober 2020 lalu, topik yang diangkat ialah mengenai “Parenting dengan Anak Disabilitas”. Sementara itu, untuk webinar kedua yang dilakukan pada tanggal 15 November 2020, sebagai bagian dari rangkaian penutup Psycare 2020, topik yang diangkat ialah mengenai “Apa Itu Disabilitas Mental?”. Untuk informasi lebih lanjut, kedua webinar tersebut dilakukan melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Pembicara untuk webinar pertama itu sendiri ialah seseorang yang berprofesi sebagai seorang blogger dan juga social media influencer. Serta, juga merupakan seseorang yang memang memiliki anak dengan disabilitas tertentu, yakni seorang sosok yang biasa dikenal dengan nama Namira Monda.  Webinar pertama tersebut digelar dari mulai pukul 14.00 sampai dengan pukul 16.30, yang bentuknya webinarnya itu sendiri ialah lebih ke arah sharing session dengan Kak Namira Monda selaku pembicara. Sebelum rangkaian acara dimulai, diadakan games terlebih dahulu, yaitu yang dilakukan dalam bentuk kahoot. Selain itu, pastinya terdapat pula sesi QnA setelah proses sharing session selesai dilakukan. Serta, diakhir webinar, tidak luput pula disertai dengan adanya sesi foto bersama dengan lampiran sebagai berikut :

Lalu, untuk pembicara dari Webinar Kedua Psycare 2020 itu sendiri, webinar tersebut diisi oleh seorang pembicara yakni Kak Katarina Ira Puspita, M.Psi., Psikolog. Kak Katarina atau yang biasa disapa dengan panggilan Kak Karin, merupakan seorang dosen psikologi di BINUS University, dan juga kerap kali menjalankan praktiknya di pion clinic serta di klinik pela 9 sebagai seorang psikolog. Tidak jauh berbeda dari webinar pertama, bentuk penyelenggaraan webinar kedua pun dilakukan dalam bentuk sharing session dengan Kak Karin selaku pembicara. Namun, yang berbeda hanyalah pada bagian games nya saja, yakni games yang dilakukan dengan bentuk tebak gambar. Webinar kedua ini sendiri dilakukan dari mulai pukul 14.00 hingga pukul 16.00 yang diakhiri dengan adanya sesi foto bersama dengan lampiran sebagai berikut :

Terakhir, sebagai penutup dari rangkaian acara Psycare 2020, pada hari Senin, yakni tepatnya pada tanggal 16 November 2020, disalurkanlah hasil donasi yang telah berhasil dikumpulkan oleh pihak Psycare, dari para donatur yang telah memberikan donasinya, yakni yang telah terkumpul sebesar Rp. 9.270.999. Seluruh uang yang telah terkumpul tersebut disalurkan kepada Yayasan Tri Asih, yakni pada pukul 10.00 pagi oleh beberapa perwakilan panitia Psycare 2020. Yayasan Tri Asih itu sendiri terletak di sekitar bilangan wilayah Jakarta Barat, dan didalam yayasan itu sendiri, bernaunglah puluhan teman-teman dengan tunagrahita berat. Adapun, Yayasan Tri Asih itu sendiri juga terkena akibat dari adanya dampak covid-19, yang ditandai dengan adanya bentuk defisit biaya operasional di dalam Yayasan Tri Asih tersebut. Sehingga, uang yang didapatkan dari hasil donasi, diharapkan bisa untuk dipergunakan sebaik-baiknya oleh pihak pengelola, untuk dapat membuat Yayasan Tri Asih bisa beroperasi kembali seperti sedia kala. Berikut merupakan lampiran foto penyerahan hasil donasi yang diwakilkan oleh beberapa panitia Psycare 2020 :

Terakhir, sebagai sebuah penutup, dengan dilangsungkannya acara Psycare 2020 ini, diharapkan dapat menjadi sebuah solusi akan adanya bentuk pengabdian kepada masyarakat, sekalipun meski sama-sama sedang berada ditengah masa-masa yang sulit seperti sekarang ini. Dengan adanya bentuk penggalangan dana yang dilakukan, diharapkan juga dapat menimbulkan adanya bentuk perasaan saling menolong. Sehingga, untuk mereka-mereka yang memang memiliki rezeki berlebih, melalui Psycare 2020, mereka bisa untuk menyumbangkan uangnya, untuk disalurkan ke suatu tempat dimana teman-teman disabilitas bernaung. Selain itu, dengan dilakukannya dua kali kegiatan webinar, diharapkan pula peserta webinar yang mengikuti rangkain kegiatan webinar tersebut, dapat untuk semakin bertambah lagi pengetahuan dan juga bentuk awareness mereka, kepada semua teman-teman disabilitas. Alasan yang mendasarinya ialah, karena sejatinya, teman-teman disabilitas itu tidak butuh untuk dikasihani, melainkan mereka hanya butuh untuk dihargai.

Sekian mengenai rangkaian acara Psycare 2020, sampai bertemu kembali di Psycare tahun depan!

#PsycareWeCare

WEBINAR 1

 

WEBINAR 2

 

PENYERAHAN DONASI