Pentingnya Journaling di Era Pandemi

Pentingnya Journaling di Era Pandemi

Hai, teman-teman! Apa kabarnya hari ini? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya! Pada topik kali ini, kita akan membahas tentang Journaling nih. Topik ini akan menjadi topik menarik karena kasus COVID-19 membuat banyak orang menjadi struggle terhadap kesehatan mentalnya. Sebelum aku membahas lebih jauh tentang topik kali ini, aku ingin tanya nih sama teman-teman. Kira-kira, teman-teman pernah gak sih merasa cemas yang berlebihan memikirkan kasus COVID-19 ini? Nah, topik kali ini aku akan membahas nih apa sih pentingnya journaling dan bagaimana cara menerapkan journaling ini dengan baik?

Apa itu Journaling?

Journaling merupakan salah satu bentuk atau upaya untuk meluapkan, menceritakan, menuangkan seluruh perasaan yang sedang kita rasakan. Journaling ini memang bentuknya seperti menulis diary lho, teman-teman. Tapi, journaling ini ternyata memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan mental kita. 

Wah, semakin penasaran kan teman-teman bagaimana journaling bisa bermanfaat untuk kesehatan mental kita?

Menurut riset yang sudah dilakukan, fungsi journaling dalam membantu orang yang mengalami masalah pada kesehatan mentalnya telah terbukti efektif. Journaling ini memang tidak bisa sepenuhnya membantu teman-teman yang struggle dengan kesehatan mentalnya, namun journaling bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah gejala yang muncul agar tidak semakin parah. Bagi teman-teman yang merasakan depresi ditengahnya situasi pandemi seperti saat ini, disinilah peran journaling. Journaling memberikan kesempatan untuk teman-teman meluapkan segala emosi negatif yang sedang dipendam, sehingga journaling dapat menjadi penyanggah diantara emosi negatif yang dirasakan dengan pikiran yang positif agar kita menjadi lebih terarah untuk melakukan sesuatu disaat emosi negatif menguasai pikiran kita.

Lalu, apakah journaling hanya dapat diterapkan untuk orang yang mengalami depresi dan stres saja? 

Jawabannya, tentu tidak. Journaling ini dapat digunakan untuk semua orang, mulai dari teman-teman yang memiliki hobi menulis, untuk membuat agenda mengerjakan tugas, membuat list prioritas, dsb. Sehingga dengan melakukan journaling, teman-teman bisa lebih terorganisir dalam mengerjakan sesuatu.

Sekarang, bagimana ya caranya agar kita bisa melakukan journaling secara efektif?

Menurut website Center of Journaling Therapy apabila kita ingin melakukan journaling dengan baik dan efektif, kita bisa memakai metode yang bernama “WRITE”. Apa itu WRITE?

W: What. Cara pertama ini adalah cara untuk kita menentukan apa yang ingin kita tulis ke dalam buku jurnal? Apa saja yang sedang kamu rasakan saat ini?

R: Review. Cara kedua adalah cara kita untuk melakukan meditasi sebelum kita mulai menulis jurnal. Teman-teman mungkin bisa memulai dengan kalimat “Hari ini saya…” “Saya merasa…”

I: Investigate. Cara ketiga adalah mencari apa yang sedang kamu rasakan dan pikirkan. Setelah itu, kamu tuliskan ke dalam jurnal. Tidak masalah jika tulisanmu dalam bentuk abstrak, karena itulah cara agar kamu mengeluarkan perasaan-perasaan yang sedang kamu rasakan ke dalam tulisan.

T: Time. Cara keempat adalah cara kita untuk mengatur waktu selama melakukan journaling

E: Exit. Cara terakhir adalah cara kita untuk introspeksi dengan membaca tulisan-tulisan yang ada di dalam buku jurnal kita. Tujuannya adalah agar kita bisa menerima perasaan yang selama ini ada di dalam pikiran kita.

Nah, teman-teman siapa nih yang baru tahu bahwa ternyata  journaling ada caranya? Mulai sekarang, bisa kita terapkan ya teman-teman agar cara journaling kita menjadi efektif.

Selain itu, kira-kira apa saja sih manfaat dari journaling selain untuk kesehatan mental kita? 

  1. Meningkatkan kreativitas
  2. Membuat diri sendiri menjadi lebih bersyukur
  3. Melatih keterampilan dalam berkomunikasi
  4. Meningkatkan daya ingat
  5. Meningkatkan skill problem solving dengan baik

Nah, gimana teman-teman topik Psikopedia kali ini cukup seru ya! Sekarang sudah paham ya teman-teman mengenai pentingnya journaling di masa pandemi ini dan bagaimana cara melakukan journaling dengan metode WRITE agar tetap efektif. Mari cintai diri kita sendiri dan berani untuk keluar dari zona nyaman kita agar kita tetap bisa berkembang. Semangat terus ya teman-teman, sampai ketemu di Psikopedia selanjutnya!

Referensi:

Merriam-Webster. (n.d.). Journal. In Merriam-Webster.com dictionary. Retrieved November 10, 2021, from https://www.merriam-webster.com/dictionary/journal

Orami.co.id. (2021). 11 Manfaat Journaling. Retrieved November 10, 2021, from https://www.orami.co.id/magazine/journaling/ 

Ackerman, C. E. 83 Benefits of Journaling for Depression, Anxiety, and Stress. Retrieved November 10, 2021, from https://positivepsychology.com/benefits-of-journaling/ 

Swawikanti, Kenya. (2021). Manfaat Journaling: Benarkah Baik bagi Kesehatan Mental?. Retrieved November 10, 2021, from https://www.ruangguru.com/blog/manfaat-journaling 

Penulis: Salwa Rizki Ardani

Salwa Rizki Ardani