Apa Saja Phobia yang Paling Umum Terjadi?

Apa Saja Phobia yang Paling Umum Terjadi?

Halo apa kabar teman-teman semua? Semoga tetap dalam keadaan yang baik ya teman-teman! Pada kesempatan kali ini, kita mau bahas topik yang pastinya udah familiar nih buat kalian semua atau mungkin beberapa dari kalian ada yang mengalami ini, yaitu phobia. Sebenarnya, definisi phobia itu sendiri apa sih? Phobia adalah reaksi ketakutan seseorang yang berlebihan dan tidak rasional terhadap suatu hal yang spesifik. Kata phobia sendiri berasal dari bahasa Yunani loh teman-teman yang berarti takut atau horor.

Phobia tentunya berbeda dengan rasa takut biasa karena seseorang yang mengalami phobia mungkin akan mengalami rasa takut atau panik yang mendalam ketika mereka menemukan sesuatu yang mereka takutkan. Ketakutan yang mereka alami dapat berupa tempat tertentu, situasi, ataupun benda. Dampak yang akan terjadi dari phobia itu sendiri ada berbagai macam nih teman-teman. Bisa saja orang yang mengalami phobia hanya merasa terganggu, namun ada juga yang dampaknya sampai tidak bisa bergerak atau dalam kata lain, paralyzed. Sebenarnya, orang dengan fobia sering menyadari bahwa ketakutan yang mereka alami itu tidak rasional, tetapi mereka tidak bisa melakukan apa-apa terhadap hal itu.

Berhubung lagi ngomongin soal phobia, teman-teman pada penasaran ga nih mengenai phobia-phobia apa sih yang umum terjadi di dunia? Nah, sekarang kita bakal jabarin 5 jenis phobia yang umum terjadi, kita simak bareng-bareng ya!

  1. Arachnophobia

Phobia yang akan kita bahas pertama adalah arachnophobia, yaitu ketakutan terhadap laba-laba atau arakhnida lainnya seperti kalajengking. Seseorang dapat terpicu dan merasa takut ketika melihat laba-laba, namun pada beberapa kasus lainnya, dengan melihat gambar atau memikirkan arachnida dapat membuatnya sangat takut dan panik. Salah satu penjelasan paling umum mengapa ada seseorang yang phobia terhadap hal ini yaitu karena makhluk tersebut pernah menjadi ancaman besar pada zaman dahulu sebelum adanya pengetahuan dan alat teknologi untuk mengatasi cedera dari hewan-hewan serupa.

  1. Ophidiophobia

Phobia selanjutnya yang umum terjadi adalah ophidiophobia atau rasa takut terhadap ular. Gimana nih teman-teman? Ada yang punya phobia terhadap ular ga selama ini? Nah, phobia terhadap ular ini sering dikaitkan dengan penyebab evolusi, pengalaman pribadi, atau bahkan pengalaman budaya loh teman-teman. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa ular atau hewan yang serupa dengan ular ini cenderung menimbulkan respon jijik terhadap seseorang, hal ini yang menjadi penyebab kenapa phobia terhadap ular menjadi salah satu phobia yang paling umum dimiliki seseorang.

  1. Acrophobia

            Teman-teman pada tau ga nih acrophobia itu phobia terhadap apa? Teman-teman pasti familiar banget sama phobia ini karna acrophobia adalah ketakutan terhadap ketinggian. Tentunya sering banget kan kalian mendengar tentang phobia ini. Ketakutan terhadap ketinggian ini bisa mengarahkan pada serangan cemas dan orang-orang yang mempunyai phobia ini cenderung akan berusaha menghindari tempat-tempat tinggi, seperti jembatan, menara, atau gedung tinggi. Pada beberapa kasus, ketakutan ini diperoleh dari pengalaman traumatis seseorang. Selain itu, seseorang yang mengalami phobia terhadap ketinggian mungkin mempunyai pemikiran tertentu bahwa jatuh dari ketinggian akan menimbulkan bahaya yang signifikan.

  1. Aerophobia

Kalau udah denger kata “aero” kira-kira apa sih yang ada di pikiran teman-teman dan teman-teman bisa nebak ga ini phobia seseorang terhadap apa? Mungkin ada teman-teman yang kepikiran kalau kata “aero” itu biasanya berhubungan sama pesawat atau penerbangan dan langit. Nah, bener banget tuh teman-teman, jadi aerophobia itu rasa takut akan terbang. Gejala umum yang akan dialami seseorang dengan phobia ini termasuk gemetar, detak jantung yang cepat, dan merasa bingung atau disorientasi. Biasanya, treatment yang digunakan untuk phobia ini adalah dengan exposure therapy, dimana klien secara bertahap dan progresif diperkenalkan dengan penerbangan. Treatment ini bisa dimulai dengan membayangkan diri mereka berada dalam sebuah pesawat sebelum perlahan-lahan akan benar-benar duduk dan akhirnya sudah duduk di pesawat.

  1. Trypanophobia

Phobia yang paling umum selanjutnya yaitu trypanophobia atau rasa takut terhadap suntikan nih teman-teman. Seseorang yang mempunyai phobia ini biasanya akan menghindari medical treatments atau dokter walaupun mereka sebenarnya butuh perhatian lebih dari dokter. Tapi karena udah takut duluan sama jarum suntik, jadi mereka sama sekali ga mau loh teman-teman buat ketemu sama dokter ataupun menjalankan medical treatments. Kalau misalnya ada seseorang dengan phobia ini dan mau tidak mau dihadapkan sama jarum suntik, mereka bisa mengalami perasaan yang sangat takut dan detak jantungnya meningkat. Bahkan, beberapa orang ada yang sampai pingsan nih teman-teman saat mereka disuntik.

Orang-orang yang mengalami phobia ini bisa mendapatkan treatment untuk mengatasi phobianya dengan beberapa cara, diantaranya ada cognitive behavioral therapy (CBT), obat-obatan, atau gabungan antara keduanya. CBT adalah treatment yang umum digunakan oleh orang-orang yang mempunyai phobia tertentu. Cara kerja treatment ini yaitu dengan memperlihatkan atau memaparkan sumber ketakutan yang dialami oleh seseorang secara terkendali. Treatment CBT ini dapat mengkondisikan kembali seseorang mengenai pandangannya terhadap sesuatu dan juga dapat mengurangi kecemasan. Selain itu, pilihan treatment terhadap phobia bisa menggunakan obat-obatan seperti antidepressants atau obat-obatan anti-anxiety yang dapat membantu seseorang dengan phobia untuk membantu menenangkan reaksi emosional dan fisik terhadap rasa takut tertentu. Namun, alangkah lebih baiknya kalau obat-obatan ini diiringi dengan medication therapy.

Nah, cukup singkat ya teman-teman bahasan kita mengenai phobia apa saja yang umum terjadi di sekitar kita dan cara untuk treatment phobia itu sendiri. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian semua! Tetap jaga kesehatan dan jaga kebersihan selama masa pandemi ini dan juga hindari tempat-tempat ramai ya teman-teman!

 

Referensi:

Cherry, K. (2020). 10 of the most common phobias. Diperoleh dari: https://www.verywellmind.com/most-common-phobias-4136563

Osborn, C. O. (2019). Common and unique fears explained. Diperoleh dari: https://www.healthline.com/health/list-of-phobias

Wodele, A. & Solan, M. (2017). Phobias. Diperoleh dari: https://www.healthline.com/health/phobia-simple-specific

Penulis : Feidora

Feidora