APA SIH SELF-LOVE ITU?

SELF-LOVE

          Halo semuanya! Wah ga kerasa ya ternyata kita udah lama banget nih ga ketemu buat sharing-sharing informasi menarik seputar psikologi. Buat topik kali ini, kita mau ngebahas yang lagi booming-boomingnya nih, yaitu self-love. Nah pasti kalian juga udah sering denger nih tentang istilah yang satu ini. Biasanya, istilah self-love ini sering digunakan loh buat orang-orang yang merasa perlu memperbaiki atau menyayangi dirinya sendiri. Tapi sebenarnya kalian tau ga sih apa yang dimaksud self-love dan gimana sih cara kita untuk bisa melakukan self-love itu?

        Sebelum kita bahas lebih jauh, kita mau tanya dulu nih sama kalian, sebenernya kalian cukup aware ga sih tentang istilah ini? Oke kita kasih contoh nih biar kalian tau apakah kalian sendiri aware atau engga tentang masalah ini. Kalian sering denger saran dari teman atau ngasih saran ke teman kalian ga buat peduli dulu sama dirinya sendiri, baru deh peduli sama lingkungan-lingkungan sekitarnya? Atau mungkin hanya se-simple “lu ga akan bisa sayang sama orang lain sebelum lu sayang sama diri sendiri.” Naah, pasti kalimat itu sering banget kan kalian denger atau bahkan kalian sendiri yang ngomong itu ke lingkungan kalian. Pada dasarnya, dengan kalimat-kalimat semacam itu, udah menggambarkan loh kalau kalian ini aware tentang pentingnya self-love.

    Daritadi kan udah bahas-bahas sedikit nih tentang self-love yang biasanya terjadi di sekitar kita. sekarang, gimana kalo kita bahas lebih jauh lagi nih tentang self-love? Kuncinya itu, kalau kita mau hidup dengan baik, self-love adalah bagian yang penting banget nih buat dilakuin. Self-love tuh apa sih sebenarnya? Nah itu tuh bisa kita bilang sebagai bentuk penghargaan buat diri kita sendiri yang tumbuh dari tindakan yang mendukung pertumbuhan fisik, psikologis, dan spiritual kita. Self-love itu sifatnya dinamis loh, karena hal itu bisa tumbuh melalui tindakan yang membuat kita dewasa. Kalau misalnya nih, temen-temen udah bisa mulai menerima kekurangan kalian lalu menjadikan itu sesuatu yang lebih baik dan memandang hal tersebut menjadi lebih positif, itu udah salah satu bentuk tindakan self-love yang kalian lakukan loh!

       Self-love itu sendiri sebenarnya sesuatu yang terbilang tidak sulit untuk dilakukan loh. Tapi sebenernya, hal-hal atau aktivitas-aktivitas apa aja sih yang bisa dibilang kalau itu self-love? Oke kita coba kasih beberapa contoh kegiatan yang biasanya dilakuin sama orang-orang atau hal-hal yang biasanya dilakuin sama orang awam. Menurut kalian, beauty makeover, belanja banyak baju, baca-baca buku atau tulisan yang meng-inspirasi itu termasuk dalam tindakan self-love ga sih? Biasanya, hal-hal tersebut dibilang kalau itu tuh bentuk dari self-love yang kita lakuin, tapi ternyata itu bukan contoh-contoh bentuk tindakan self-love loh teman-teman.

         Kalau kayak gitu ternyata bukan bentuk tindakan self-love, jadi yang bener gimana dong? Jadi, bentuk perilaku atau bisa kita sebut langkah-langkah dalam melakukan self-love itu yang pertama kita harus banget jadi seseorang yang penuh perhatian. Biasanya, orang-orang yang punya self-love lebih banyak, tau apa yang mereka pikirkan, rasakan, dan inginkan. Mereka ini benar-benar memperhatikan siapa diri mereka dan gimana cara meraka bertindak berdasarkan pengetahuan itu, bukan karena dorongan dari apa yang orang lain inginkan.

          Kita lanjut ke step kedua yaitu dengan kita bertindak sesuai yang kita butuhin, bukan sesuai yang kita mau. Kalau misalnya kalian fokus sama apa yang kalian butuhkan, kalian bisa banget terhindar dari pola-pola perilaku yang otomatis bisa membuat kalian mendapat atau bahkan berada di suatu masalah, ngebuat kalian terjebak di masa lalu, dan yang lebih bahayanya lagi, hal itu bisa ngebuat kalian kurang mencintai diri kalian sendiri nantinya. Pokoknya temen-temen jangan sampe terjebak di situais kayak gini ya!

        Habis itu, apa lagi sih yang perlu kita lakuin? Nah, kita harus melatih diri kita buat ngerawat atau peduli tentang diri kita sendiri dengan baik. Dengan cara kayak gitu, udah pasti banget deh kalian bisa lebih mengembangkan Iself-love kalian ketika kalian benar-benar peduli sama kebutuhan dasar kalian dengan lebih baik. Emang gimana caranya self-love dengan hal ini? Contoh dari hal-hal yang dilakuin itu cuma se-simple kalian makan makanan yang setiap hari, memperhatikan nutrisi yang sehat, olahraga, tidur nyenyak, dan juga interaksi sosial yang sehat. Nah, sejauh ini gimana nih temen-temen b-listeners dari step-step buat kita self-love? Kalian udah sejauh mana nih sayang sama diri kalian sendiri? Kayaknya sih kalau untuk tidur nyenyak, temen-temen pasti jarang banget buat bisa tidur nyenyak ya soalnya tugas juga pasti udah numpuk hahaha.

       Step selanjutnya yang bisa kita lakuin buat self-love yaitu dengan menetapkan batas. Menurut kalian, apa sih yang dimaksud dari menetapkan batas disini? Maksudnya itu, kalian bisa dengan tegas ngomong “tidak” dalam hal pekerjaan, percintaan, atau kegiatan-kegiatan lainnya yang bisa membahayakan kalian secara fisik, emosional, dan spiritual. Aduh, kebayang ga sih seremnya, temen-temen, kalau misalnya kita ga bisa menetapkan batasan buat diri kita sendiri? Pastinya kalau kita gabisa menentukan itu, tujuan kita untuk mencapai self-love juga pasti bakal kehambat banget nih.

        Kemudian, hal yang harus kita lakuin demi mencapai self-love itu dengan cara menjaga diri kita sendiri loh temen-temen b-listeners! Hal ini bisa kalian lakuin dengan cara memilah orang-orang yang tepat untuk kehidupan kalian sehari-hari. Jangan sampai kalian berada di lingkungan pertemanan atau hubungan yang ga sehat. Kalau misalnya kalian punya lingkungan pertemanan ataupun hubungan yang sehat dan baik, pasti kalian udah bisa mengembangkan self-love kalian loh teman-teman b-listeners! Saran dari kita nih, cepet-cepet deh kalian mutusin hubungan kalian sama orang-orang ngehambat kebahagiaan dan kesuksesan kalian buat kedepannya.

         Hal yang bisa kita lakukan setelahnya itu termasuk hal yang terbilang gampang-gampang susah nih, yaitu memaafkan diri kalian sendiri. Tanpa kita sadari, terkadang kita ini sering menghukum diri kita sendiri karena kesalahan-kesalahan yang kita perbuat akibat dari proses pembelajaran. Padahal, kalau kalian bisa dengan mudah memaafkan diri kalian sendiri atas kesalahan-keselahan tersebut, itu udah termasuk tindakan dari self-love loh! Kalian harus bisa menerima fakta bahwa ga semua orang di dunia ini tuh sempurna, sebelum kalian bisa benar-benar menyayangi diri kalian sendiri. Nah, yang benar-benar mau kita ingatkan disini tuh, ga ada istilah kegagalan, kalau kalian udah belajar dan tumbuh dari kesalahan kalian, hal itu dikatakan sebagai lesson learned, bukan suatu kegagalan ya teman-teman!

           Akhirnya sampai juga nih kita di step terakhir yang bisa kita lakuin untuk ngembangin self-love kita, yaitu dengan cara live intentionally. Kalian akan lebih mudah menerima apa pun yang terjadi dalam hidup kalian ketika kalian hidup dengan tujuan. Dengan cara ini juga kalian bisa lebih mencintai diri kalian sendiri. Nah, tujuan hidup yang dimaksud disini ga harus sejelas itu kok, teman-teman. Suatu contoh simple dari tujuan hidup itu misalnya kalau kalian punya niat buat ngejalanin kehidupan sebagai sesuatu yang bermakna dan sehat, maka secara tidak langsung, kalian juga akan membuat keputusan yang mendukung niat kalian tersebut dan yang pastinya kalian juga bakal ngerasa nyaman dengan diri sendiri ketika kalian berhasil mewujudkan tujuan kalian. Dengan terwujudnya tujuan kalian ini, tentunya akan membuat kalian lebih mencintai diri kalian sendiri loh dari sebelumnya.

            Nah, setelah kita membahas tentang apa itu self-love dan gimana sih step-step yang bisa dilakuin untuk mencapai self-love itu sendiri kita jadi udah tau nih apakah yang kita lakuin sekarang udah cukup untuk mengembangkan self-love kita atau belum. Kalau temen-temen sendiri gimana nih? Udah merasa cukup banyak melakukan hal-hal yang bisa ngembangin self-love belum? Kalau kalian merasa belum cukup untuk mencapai self-love kalian, jangan sampai lupa untuk melakukan hal-hal tersebut ya, teman-teman!

Sumber:

https://www.psychologytoday.com/us/blog/get-hardy/201203/seven-step-prescription-self-love

Penulis : Feidora

Feidora