Psycare 2017

Almira Nur Samantha / 2001610702/ Aktivis Badan Komunikasi dan Informasi HIMPSIKO 2017

            Psychology Care (Psycare) merupakan sebuah kegiatan bakti sosial yang akan melibatkan mahasiswa Psikologi Binus University. Kegiatan ini merupakan usaha untuk menjalankan salah satu misi dari himpunan, yaitu sebagai fasilitas mahasiswa Psikologi dalam berkontribusi terhadap lingkungan sosial.

Psycare pada tahun ini akan bekerja sama dengan Teach For Indonesia Student Community (TFISC) dengan menjalankan kegiatan di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia IV yang akan dilaksanakan bertepatan pada bulan suci Ramadhan. Pelaksanaan kegiatan Psycare dilakukan di panti jompo guna meningkatkan kesadaran mahasiswa Psikologi Binus University mengenai tahapan kehidupan yang pasti dialami oleh setiap manusia.

Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia IV bertempat di Cengkareng, Jakarta Barat yang menampung 253 warga lansia, dimana 20 diantaranya yang akan ikut serta merupakan lansia yang masih sehat dan aktif, sedangkan 50% dari total penghuni Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia IV mengalami gangguan psikologis seperti skizofernia dan alzhaimer. Pada tahun ini, Psycare akan melakukan kegiatan yang dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan, dimana pada setiap pertemuannya memiliki rangkaian acara yang bermakna dan memiliki unsur psikologi di dalamnya, sehingga akan meninggalkan kesan bagi para lansia di panti jompo tersebut dan juga mahasiswa Psikologi Binus University.

Tema acara Psycare pada tahun ini adalah “Growing Tree of Life”. Tema acara ini di dasari dari tahap-tahap dalam kehidupan manusia. Tema ini menekankan bahwa manusia telah dan akan melewati tahap-tahap kehidupan yang penting, dimana pada setiap tahap terdapat makna tersendiri yang menjadi ciri dalam tahap tersebut. Tema ini mengajak peserta dari Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia IV untuk mengambil titik positif dari kehidupan yang telah mereka lewati sehingga dapat berpegang kembali pada hidupnya.

Kegiatan Psycare yang diadakan bersama lansia di panti jompo merupakan bakti sosial yang terdiri atas, membersihkan lingkungan sekitar panti jompo, pemberian materi dan games, kegiatan kreativitas seni, menanam pohon, sharing session, dan diakhiri dengan buka puasa bersama. Permainan yang disiapkan sudah dirancang untuk menyesuaikan dengan kondisi peserta Panti Sosial Tresna Werdha. Kegiatan yang dilakukan akan mengutamakan kerja otak dan motorik halus. Materi terbagi menjadi 5 berdasarkan tema acara, yaitu; infant (senam), child (menyusun puzzle dengan panitia, volunteer bersih-bersih lingkungan sekitar panti), adolescent (mengecat pot perkelompok), adult (menanam pohon) dan late life (bernyanyi bersama). Kegiatan dari masing-masing materi disesuaikan dengan ciri khas dari setiap tahap tersebut. Kegiatan yang akan dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan rasa saling menghargai dan rasa kebersamaan yang terjalin antara mahasiswa Psikologi Binus University dengan lansia yang menghuni panti jompo tersebut.

Tujuan penyelenggaraan acara ini adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan rasa kepedulian mahasiswa Psikologi BINUS University terhadap sesama.
  2. Melatih mahasiswa Psikologi BINUS University untuk memiliki rasa empati terhadap lansia di panti jompo.
  3. Menumbuhkan kreativitas mahasiswa Psikologi BINUS University dan lansia di panti jompo melalui salah satu kegiatan pada rangkaian acara.
  4. Membantu meningkatkan fungsi motorik lansia dengan aktivitas kerajinan tangan (kreativitas seni) dalam salah satu kegiatan pada rangkaian acara.

Menjalin hubungan baik sekaligus meningkatkan rasa saling menghargai antara mahasiswa Psikologi BINUS University dengan lansia yang menghuni panti jompo

Almira Nur Samantha