PsyCare : Kamu Adalah Kunci Masa Depan

Selamat pagi! HIMPSIKO kali ini ingin berbagi cerita dan kesan sewaktu melaksanakan acara bakti sosial dan penerapan Psychological First Aid (PFA) di Lapas Anak Pria, Tangerang. Acara yang diadakan di Lapas Anak Pria ini merupakan kegiatan PsyCare Kedua yang diadakan setelah Psycare bersama Mimi Institute. Kali ini PsyCare bekerja sama dengan PFA yang merupakan workshop pertolongan psikologi pertama pada situasi krisis – cek artikel kita ya untuk lebih tahu tentang PFA 🙂

Nah, acara kali ini diadakan pada hari Sabtu, 10 Desember 2016 pukul 09.30 WIB di Lapas Anak Pria, Tangerang dengan mahasiswa Psikologi angkatan 2018 dan 2019 sebagai pesertanya. Tema yang diangkat pada acara kali ini adalah Kamu adalah Kunci Masa Depan. “Kamu” yang dimaksud disini adalah teman-teman dari Lapas Anak Pria, bahwa mereka sendirilah kunci akan masa depan mereka. Salah satu cara untuk membentuk pemikiran tersebut adalah melalui kegiatan PsyCare. Kegiatan PsyCare terdiri dari perkenalan, bermain games bersama, pengisian materi Self-Esteem dan aksi kreasi teman-teman Lapas dengan mewarnai dan menuliskan ekspresi mereka.

Kegiatan perkenalan dimulai dengan permainan “Siapa Aku” yang membentuk pasangan antara peserta PFA dengan peserta Lapas. Permainan ini sangat seru loh dan memakan waktu hampir 30 menit untuk berkenalan. Pada sesi ini peserta sangat bersenang-senang, bercanda tawa untuk saling mengenalkan satu sama lain serta mengetahui hobi mereka masing-masing. Setelah sesi perkenalan selesai dilanjutkan dengan sesi pengisian materi Self-Esteem oleh Ketua dan Wakil Ketua HIMPSIKO. Sesi materi ini diawali dengan proses penggambaran diri mereka melalui pola yang disediakan panitia. Hasil gambar mereka sangat beragam sehingga hal ini dibahas di dalam materi yang diberikan. Pada sesi materi ini setiap peserta cukup aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dari pemateri.

Puncak dari acara ini adalah kreasi warna teman-teman Lapas, seperti yang diketahui bahwa teman-teman Lapas memiliki banyak kegiatan serta rumah cerdas yang disediakan oleh Lapas Anak Pria, Tangerang. Seluruh peserta Lapas bisa mengembangkan dirinya melalui kegiatan membaca, seni, keagamaan, serta kegiatan lainnya. Maka dari itu untuk mengembangkan ekspresinya panitia Psycare membentuk kegiatan kreasi warna melalui kaos polos atau sesi ini dikenal dengan Keterampilan Ekspresi Warna (KetEks War). Pada sesi ini seluruh peserta PFA juga ikut serta memberikan kreasi warna pada kaos peserta Lapas. Namun sayang, karena waktu mengadakan kegiatan terbatas pada pukul 13.00 WIB kita harus segera pulang dan berpamitan dengan para teman-teman Lapas. Acara ini pun ditutup dengan menjemur bersama kaos yang telah dilukis bersama dan berfoto serta membagikan makanan.

“Karena kalian lah kunci masa depan”

Psycare

We share, we care

 

 

Penulis: Elyza Novia Kohar, Aktivis Badan Informasi dan Komunikasi HIMPSIKO 2016