We Care Talkshow oleh BEMPSIKO UI

SEMANGAT PAGI SEMUANYA!!

Kita punya info yg menarik bgt nih tentang talkshow dari BEM Fakultas Psikologi UI! Yuk baca penjelasan acaranya dan langsung hubungi contact person yang tertera di poster untuk info lebih lanjut!!!??

—————————————————————————————————————

“We Give Chances”
Saatnya Kita Bicara

Pagi-pagi, siang hari, sore, dan menjelang malam beberapa sudut kota Depok pasti dihiasi anak-anak yang mengamen, menjajakan barang jualan, atau meminta-minta. Rasanya ada yang salah ketika melihat di sudut-sudut yang sama ada juga anak-anak yang bersiap sekolah atau bepergian dengan orang tuanya.

Dua kondisi yang berbeda dengan subyek yang sama, yaitu anak-anak. Pasti ada rasa tak enak di dalam hati ketika melihat mereka bekerja di usia disini, terlebih lagi di jalanan yang sangat rawan tindak kriminalitas.

Kemudian, kita akan bertanya, kemana orang tuanya? Lalu, kemana pemerintah yang katanya bertanggung jawab atas nasib anak-anak jalanan? Terakhir, pertanyaan tertuju pada diri sendiri. Apa yang bisa saya lakukan selain bertanya mengenai tanggung jawab orang lain?

Disinilah We Care, sebuah program kerja dari Departemen Pengabdian Masyarakat BEM Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, berupaya mengangkat isu ini sebagai media meningkatkan kepedulian “kita” semua terhadap kondisi anak-anak jalanan.

Melalui tema “We Give Chances” diharapkan kita pun mampu melihat hal-hal apa saja yang dapat kita bagi kepada mereka agar tak terbatas pada rasa kasihan.

We Care 2016 diisi oleh berbagai kegiatan bersama anak-anak jalanan, mulai dari kelas kreatif hingga sosialisasi mengenai narkoba, dan lain-lain.

Sebagai bentuk optimalisasi langkah ini, We Care akan mengadakan acara puncah berupa talkshow yang akan membahas mengenai kondisi anak jalanan, keberadaan rumah singgah untuk anak jalanan, dan peran pemerintah terhadap anak jalanan ini.

Melalui acara ini diharapkan kita tidak lagi “mempertanyakan siapa yang bertanggung jawab” tetapi dapat mengambil langkah sebagai bentuk nyata kepedulian.

Secara umum, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu-isu seputar anak jalanan, yaitu mulai dari permasalahan utama dilihat dari perspektif pakar-pakarnya hingga solusi yang dapat diberikan kepada masyarakat dan anak jalanan sendiri.

Dalam talkshow ini, pembicara dan peserta juga akan bertukar pikiran melalui sesi tanya jawab. Acara puncak We Care 2016 akan dilaksanakan di Auditorium Gedung H Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Depok pada pukul 08.30-13.00 WIB.

Sekitar 150 peserta yang terdiri dari sivitas mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, mahasiswa dan masyarakat umum, serta pihak-pihak lain yang dianggap signifikan akan berkumpul untuk berbicara bersama seputar anak jalanan.

Acara inipun akan dihadiri oleh pembicara-pembicara yang memang paham pada isu ini, yaitu Drs. Isep Sepriyan, M.Si (Kasubdit Rehabilitasi Sosial Anak Terlantar KEMENSOS RI); Dr. Maria Ulfah Anshor, M.Sc. (Komisioner KPAI); Chaidir, M.Si (Kepala Bagian Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta)* dan Dzulfikar A. Cordova (Mahasiswa FE UI 2015, Alumni Sekolah Master)

IMG_0225