Pelantikan Rektor BINUS University dan Satu University

Pelantikan Rektor BINUS University dan Satu University

Setiap jurusan yang berada di BINUS University tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yang memiliki tujuan meningkatkan kemampuan setiap mahasiswa dalam berorganisasi dan tentunya kemampuan di bidangnya masing – masing. HIMPGSD (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar) BINUS University adalah Organisasi Kemahasiswaan di BINUS University yang berbentuk Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). HIMPGSD dibuat sebagai wadah pengembangan karakter, kreativitas, dan akademik mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar untuk menyalurkan aspirasi, pemberdayaan, dan pemersatu mahasiswa PGSD BINUS University. Tak hanya menciptakan berbagai kegiatan yang mampu mendukung dibuatnya organisasi ini, HIMPGSD juga berkesempatan menghadiri berbagai macam kegiatan dan acara yang diselenggarakan BINUS University untuk terus menginspirasi dan terus membawa perubahan baik.

Senin, 14 Agustus 2023 menjadi hari bersejarah bagi HIMPGSD, di mana perwakilan HIMPGSD yaitu Ketua Umum HIMPGSD Periode 2023/2024 yaitu Dhea Maharani berkesempatan menyaksikan pelantikan Rektor BINUS University dan Satu University untuk periode 2023/2028. Acara yang secara langsung disiarkan oleh BINUS TV ini bertempatan di Auditorium Kampus Anggrek BINUS University, sehingga tidak hanya tamu undangan saja, tetapi seluruh mahasiswa BINUS University juga berkesempatan menyaksikannya. Kegiatan yang hanya berlangsung setiap 5 tahun sekali ini tentunya dihadiri oleh banyak tamu istimewa yang dimulai dari Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi yaitu Bapak Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, ASEAN.Eng, Direktur Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi yaitu Bapak Dr. Lukman, S.T,M.Hum, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Jakarta yaitu Bapak Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc., Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV Jawa Barat dan Banten yaitu Bapak Dr. M.Samsuri, S.Pd., M.T., Ketua Yayasan BINUS University yaitu Bapak Ir. Bernard Gunawan, serta pengurus BINUS University yang terdiri dari President of BINUS Higher Education yaitu Bapak Stephen Wahyudi Santoso, BSE, MSIST, CBDMP., Vice President of BINUS Higher Education yaitu Bapak George Wijaya Hadipoespito, M.Sc., MBA, Bapak Michael Wijaya Hadipoespito, B.Sc., M.B.A., dan tentunya Bapak Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. yang menjadi Vice President of BINUS Higher Education sekaligus Rektor BINUS University periode 2018/2023.

Pembukaan diawali dengan sambutan untuk para hadirin dengan penampilan spesial dari salah satu UKM yang ada di BINUS yaitu Seni Tari Mahasiswa Bina Nusantara atau yang biasa kita kenal sebagai Stamanara yang menampilkan Tari Enggang khas suku Dayak di Kalimantan Timur. Pembukaan acara yang bernuansakan rasa syukur akan keberagaman ini dilanjutkan dengan penayangan video bersejarah mengenai Rawa Belong yang telah menjadi pusat kebudayaan Betawi yang telah melahirkan peradaban baru yang khas yang membentuk masyarakat yang majemuk, toleransi, dan tentunya berkomitmen pada kemajuan bersama. BINUS telah berdiri di jantung simpang budaya tersebut dan hadir untuk meningkatkan kualitas budaya bangsa Indonesia yang tentunya sesuai dengan Visi BINUS 2035 yaitu “Fostering and empowering the society in building and surfing the nation”.

Setiap pejabat BINUS University berkesempatan memberikan kata sambutan untuk menyempurnakan acara pelantikan ini. Kata sambutan pertama diberikan oleh Bapak Stephen Wahyudi Santoso, BSE, MSIST, CBDMP yang dilanjutkan oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M.. Acara dilanjutkan dengan penyerahan Laporan Pertanggungjawaban Kinerja Tahun 2018-2023 oleh Rektor BINUS University kepada Ketua Yayasan BINUS serta pemberian token of appreciation kepada para pengurus Yayasan BINUS. Di momen yang bersamaan, Bapak Stephen juga turut mempersembahkan buku spesial untuk Bapak Harjanto Prabowo yaitu “Sebuah Buku dari Pemimpin”.

Selanjutnya, penampilan kebudayaan alat musik kolintang yang dibawakan oleh para karyawan BINUS yang tergabung dalam Bilintang ini kembali mengingatkan para hadirin akan sebuah mimpi yang harus terus digapai dengan usaha dan kerja keras yang tekun dengan lagu yang dibawakan yaitu “I Have A Dream”. Tak sampai di situ, dengan selingan tayangan kebudayaan Betawi yaitu tradisi pertukaran hantaran ikan bandeng sebagai akulturasi budaya Betawi dan Tionghoa, Bilintang kembali menampilkan kemahirannya dalam bermain kolintang dengan lagu “Kampuang Nan Jauh di Mato” dan “Congratulations” untuk memeriahkan acara.

Pemberian kata sambutan kembali diberikan oleh Bapak Ir. Bernard Gunawan dan Bapak Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc., dan dilanjutkan penampilan spesial dari UKM BDM (Bersama dalam Musik) dengan lagu “Aku Pasti Bisa”. Bermacam penampilan spesial ini dipersembahkan untuk terus memberikan motivasi dan semangat dalam meraih mimpi dan memberikan dampak baik bagi sekitar terutama di lingkungan yang penuh keberagaman di Indonesia ini.

Momen yang ditunggu – tunggu oleh seluruh hadirin telah tiba, pembacaan surat keputusan pengangkatan Rektor BINUS University periode 2023/2028 dilakukan oleh Bapak Stephen Wahyudi Santoso, BSE, MSIST, CBDMP dan dilanjutkan oleh Bapak Ir. Bernard Gunawan yang melakukan pengambilan janji dan pelantikan rektor BINUS periode 2023/2028, Ibu Dr. Nelly, S.Kom., M.M., CSCA. Pembacaan janji yang dilakukan oleh Ibu Nelly ini sangat mengingatkan mahasiswa BINUS University akan bagaimana integritas seorang individu perlu dibangun dengan komitmen dan tanggung jawab untuk menciptakan awal yang baik. Setelah tanda tangan penyerahan jabatan dilakukan, tak lupa momen berharga ini diabadikan dengan dokumentasi dan penyerahan laporan pertanggungjawaban kepada Ibu Nelly beserta dengan kunci ruangan rektorat sebagai simbolis serah terima jabatan tongkat estafet kepemimpinan Universitas Bina Nusantara.

Dalam video profil Rektor BINUS periode 2023/2028 yang ditayangkan setelah pengangkatan jabatan, Ibu Nelly menceritakan perjalanan hidupnya yang begitu menginspirasi banyak individu yang menyaksikannya. Hal yang menjadi awal bagi beliau untuk terus maju adalah kata – kata yang disampaikan oleh Ayah beliau yaitu “yang bisa kita wariskan kepada anak kita adalah isi kepala kita”. Ibu Nelly memberikan pesan untuk para Binusian dan masyarakat untuk siap menjadi individu yang mampu mengendalikan dan memanfaatkan teknologi sehingga mampu berproses dan berkarya di dunia global, serta memberikan dampak yang lebih besar bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia.

Kata sambutan Ibu Nelly ditutup dengan penayangan video bela diri “Main Pukulan Jingkrik” dari Rawa Belong sebagai simbol disiplin dan komitmen dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Maka dari itu, sebagai wujud perjuangan negeri ini, BINUS menghadirkan Satu University yang telah didirikan sejak 2 Mei 2023 dengan visi “Menjadi universitas pilihan yang membina dan memberdayakan masyarakat dalam membangun dan melayani bangsa.” Dengan itu, Satu University menjadi universitas yang berfokus pada penggunaan teknologi dalam perkuliahannya dan menggunakan kurikulum berbasis industri dan wirausaha untuk mengembangkan keterampilan yang relevan di dunia kerja.

Pelantikan Rektor Satu University yaitu Bapak Win Ce, S, Kom, M.M. terlebih dahulu diawali dengan kata sambutan yang berikan oleh Bapak Dr. M.Samsuri, S.Pd., M.T. Kemudian pembacaan surat keputusan pengangkatan rektor Satu University dilakukan oleh Bapak  Stephen Wahyudi Santoso, BSE, MSIST, CBDMP dan dilanjutkan dengan pelantikan rektor yang dipimpin oleh Bapak Ir. Bernard Gunawan. Pelantikan ditutup dengan tayangan video profil Rektor Satu University dan sepatah dua kata yang diberikan oleh Bapak Win Ce, S, Kom, M.M. Dalam kata sambutan yang diberikan Bapak Win Ce, tak berbeda jauh dengan Ibu Nelly, Bapak Win Ce juga membagikan pengalamannya yang menghabiskan masa kecilnya di Bangka Belitung dan memiliki mimpi yang tinggi untuk terus maju hingga menjadi pribadi yang menginspirasi banyak orang.

Melalui pelantikan para pemimpin – pemimpin baru ini, diharapkan akan lebih banyak perubahan baru yang semakin lebih baik yang mampu menciptakan generasi penerus bangsa yang bermimpi besar layaknya mimpi dan kerja keras yang telah Ibu Nelly dan Bapak Win Ce alami dan lalui dengan penuh tekat yang tinggi.

Nicole Joan Yovini