Education Mobile Apps Competition 2022

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) BINUS University adalah salah satu program studi yang bergerak dalam bidang pendidikan yang mempunyai Visi “Menjadi pusat unggulan berkelas dunia dalam Pendidikan Dasar, membina dan memberdayakan masyarakat dengan fokus pada literasi dan numerasi, pendidikan karakter, dan teknologi pembelajaran berbasis riset inovatif dalam mengejar inovasi, pengembangan pendidikan, dan penelitian di bidang dasar secara berkelanjutan”.

Salah satu Misi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) BINUS University adalah menyiapkan guru Sekolah Dasar profesional, berwawasan global dan berkarakter yang menguasai berbagai kurikulum pendidikan dasar dan memperlengkapi guru Sekolah Dasar dengan kemampuan literasi dan numerasi melalui pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi. Oleh sebab itu, untuk mendukung terwujudnya Visi dan Misi tersebut, program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) memiliki program kerja tahunan yang rutin dan aktif dilaksanakan.

Pada tahun 2022 ini, program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar mengadakan kegiatan Kompetisi Nasional yang berjudul “Implementasi Pendidikan Berbasis Aplikasi Mobile Untuk Pendidikan (Education Mobile Apps)”. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak generasi muda agar dapat menggali potensi dan keterampilan mahasiswa/i dalam mengembangkan inovasi pembelajaran berbasis aplikasi mobile. Selain itu, kegiatan ini juga dijadikan sebagai wujud kontribusi program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) BINUS University dalam mengembangkan inovasi pendidikan di Indonesia.

Perlombaan yang diadakan secara online ini dimulai dari bulan November 2021 – April 2022, para peserta mulai mendaftarkan diri, baik secara kelompok maupun individu pada form yang telah disediakan oleh panitia. Seusai peserta mendaftarkan diri, peserta dapat membuat dan menyelesaikan karya yang telah dibuat lalu dikumpulkan pada form yang telah disediakan. Setelah peserta menyelesaikan karya, peserta akan menunggu sampai tahap pengumuman perlombaan untuk mengetahui siapa yang menjadi pemenang dalam perlombaan ini.

Pengumuman perlombaan dilaksanakan pada Jumat, 8 April 2022 pukul 13.20 WIB melalui aplikasi zoom meeting, peserta yang hadir berasal dari berbagai jurusan dari universitas yang tersebar di seluruh Indonesia. Kegiatan ini telah terlaksana dengan baik, kami berharap agar kegiatan ini dapat berlangsung setiap tahunnya untuk dapat mengajak generasi muda agar dapat menggali potensi dan keterampilannya.

Ramitha Anjany