Pra LDK Aktivis HIMPGSD 2023 dan LDK Aktivis HIMPGSD 2023

Pra LDK Aktivis HIMPGSD 2023 dan LDK Aktivis HIMPGSD 2023

HIMPGSD (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar) BINUS University adalah Organisasi Kemahasiswaan di BINUS University yang berbentuk Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). HIMPGSD didirikan pada 28 Oktober 2016 dan diresmikan pada 13 Januari 2017 yang dibina oleh Student Club & Activity Center. HIMPGSD dibuat sebagai wadah pengembangan karakter, kreativitas, dan akademik mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar untuk menyalurkan aspirasi, pemberdayaan, dan pemersatu mahasiswa PGSD BINUS University. Maka dari itu, program kerja yang dirancang dalam organisasi himpunan ini tentu saja memiliki tujuan utama yaitu meningkatkan kemampuan mahasiswa jurusan PGSD untuk bisa berkembang dalam berbagai bidang terutama Pendidikan.

Pada kesempatan kali ini, HIMPGSD kembali menyambut kehadiran aktivis baru yaitu Binusian 26 dalam kegiatan Pra LDK dan LDK Aktivis HIMPGSD 2023 yang diselenggarakan selama tiga hari dengan tujuan dapat saling mengenal karakter, kemampuan, dan minat setiap Binusian 26 yang nantinya akan meneruskan kepengurusan HIMPGSD selanjutnya. Pra LDK Aktivis HIMPGSD 2023 diadakan pada tanggal 12 Desember 2022 di Kampus Kijang, dan LDK Aktivis HIMPGSD 2023 diadakan selama dua hari, yaitu pada 6 Januari 2023 bertempatan di Kampus Syahdan dan 7 Januari 2023 di Griya Sawah Lega, Bogor.

Pra LDK Aktivis HIMPGSD 2023 dibuka dengan sambutan dari ketua pelaksana yaitu Marishabella Mulyawan, ketua umum terpilih Dhea Maharani, dan ketua umum HIMPGSD 2022/2023 yaitu Jupiter. Kegiatan ini tentunya dibawakan oleh Gabriel Panca Andhika dan Clara Dwi Payani yang akhirnya sukses membimbing para calon aktivis dari awal hingga akhir kegiatan. Selanjutnya, penugasan dari setiap departemen HIMPGSD yang diawali dengan pembagian kelompok beserta dengan PIC masing – masing kelompok. Penugasan pertama adalah membuat proposal penjualan mengenai suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh HIMPGSD dan tugas ini tentunya dipresentasikan oleh setiap kelompok. Selanjutnya adalah penugasan membuat artikel untuk setiap individu dan dilanjutkan dengan penyusunan rundown acara. Sesi penugasan ini tentunya diselingi dengan ice breaking untuk mencairkan suasana para peserta calon aktivis. Penugasan diakhiri dengan realisasi rundown dari kelompok yang terpilih dan penampilan bakat dari Binusian 26 yang sangat menghibur setiap peserta dan panitia yang hadir.

Hari pertama LDK Aktivis HIMPGSD 2023 diawali dengan apel pembuka dan sambutan. Tentu saja kegiatan ini dibawakan oleh MC yang berbeda, yang tidak kalah keren yaitu Ronny Sanderson Sokoy dan Sabrina Eunike. Berbeda dengan Pra LDK Aktivis yang sebagian besar kegiatannya adalah penugasan, LDK-A kali ini memfokuskan peserta untuk menyimak materi dari Bapak Rahmat Ilahi, S.Pd. selaku Student Organization Advisor dan para wanita cantik dari pengurus inti periode 2023/2024 yaitu Dhea Maharani sebagai Ketua Umum Terpilih, Nicole Joan Yovini sebagai Sekretaris Umum, Dian Zulyanti sebagai Bendahara Umum, dan Lorensia Ria Audini sebagai Quality Control. Di setiap sesinya terdapat sesi Pre-Questioning, QnA, dan Post-Questioning yang dibuat dengan tujuan setiap peserta dapat memahami materi dengan baik dan mengetahui pencapaian pengetahuan yang mereka miliki.

Hari kedua yaitu hari terakhir pelaksanaan kegiatan LDK Aktivis HIMPGSD 2023 ini merupakan hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh para peserta karena kegiatan ini diselenggarakan di luar kampus BINUS. Para panitia dan peserta berkumpul di Admisi BINUS Anggrek untuk melaksanakan briefing kegiatan dan pembagian bus untuk para peserta. Sesampai di lokasi, panitia dan peserta berkumpul di aula dan mempersiapkan acara. Seperti hari-hari sebelumnya, para peserta didampingi oleh dua MC yang sudah berpengalaman yaitu Lorensia Ria Audini dan Rifdah Athirah. Kedua MC ini mengawali kegiatan dengan perkenalan seluruh panitia dan ice breaking game untuk membangkitkan semangat peserta.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para koordinator departemen kepengurusan 2023/2024 yaitu Rifdah Athirah selaku Koordinator Departemen SDM, Marishabella Mulyawan selaku Koordinator Departemen HUMAS, Ivonni Gozali selaku Koordinator Departemen Pendidikan, Mulya Damayanti selaku Koordinator Departemen DANUS, dan koordinator departemen paling tampan di kepengurusan yang baru ini yaitu Dihan Al’Hakim selaku Koordinator Departemen MIKAT. Seluruh departemen membawakan materi mengenai tugas dan tanggung jawab dari setiap departemen beserta divisi – divisi yang berada di dalamnya. Jupiter selaku Ketua Umum juga menjadi pembicara yang membahas mengenai Things to Do in Organization dan di tiap sesi materi tentu diselipkan PreQuestioning dan Post-Questioning. Sesi materi berlalu, kegiatan selanjutnya yaitu pembuatan yel-yel oleh setiap kelompok dan makan siang.

Para peserta kembali ke aula dan panitia melakukan briefing games outdoor. Terdapat 6 pos yang telah disiapkan oleh para panitia untuk 6 games yang berbeda. Peserta mengikuti games dengan sangat bersemangat hingga setiap kaki terkena lumpur dan baju basah terkena air hujan. Kegiatan yang sangat membangkitkan semangat itu diakhir dengan apel pelantikan Aktivis HIMPGSD periode 2023/2024, pembagian departemen, sekaligus penutupan LDK Aktivis HIMPGSD 2023. Tak lupa, setiap kegiatan dan sesi dalam Pra LDK-A dan LDK-A didokumentasikan agar peserta dapat mengingat momen kebersamaan ini.

Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap peserta dapat memperoleh pengetahuan baru, memahami tugas dan tanggung jawab baru, dan mampu membangun kerja sama yang baik dengan aktivis dan pengurus HIMPGSD lainnya. Dan setiap panitia juga dapat mempelajari hal baru dari tugas dan evaluasi yang telah diadakan dan semakin berusaha untuk meningkatkan kompetensi untuk mengemban tanggung jawab yang lebih besar di kepengurusan yang akan datang.

Nicole Joan Yovini