Cinta Anak Indonesia 2022

Potensi Masa Depan GARUDA (Gen Z Anak Muda Kreatif untuk Dunia)

HIMPGSD (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar) BINUS University adalah Organisasi Kemahasiswaan di BINUS University yang berbentuk Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). HIMPGSD didirikan pada 28 Oktober 2016 dan diresmikan pada 13 Januari 2017 yang dibina oleh Student Club & Activity Center. HIMPGSD dibuat sebagai wadah pengembangan karakter, kreativitas, dan akademik mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar untuk menyalurkan aspirasi, pemberdayaan, dan pemersatu mahasiswa PGSD BINUS University.

Pada kesempatan kali ini, untuk memperingati Hari Anak Nasional, HIMPGSD BINUS University kembali menyelenggarakan kegiatan yang merupakan bagian dari program kerja HIMPGSD BINUS University sendiri yaitu Talk Show Cinta Anak Indonesia yang diselenggarakan secara hybrid. Hal ini merupakan tantangan baru bagi pengurus event Cinta Anak Indonesia untuk mempersiapkan segala hal dengan matang mengingat acara talk show diadakan secara hybrid di tengah masa pandemi COVID-19. Tema yang dipilih dalam Talk Show Cinta Anak Indonesia kali ini adalah “Potensi Masa Depan GARUDA (Gen Z Anak Muda Kreatif untuk Dunia)”. Talk show dengan tema yang sangat menarik ini diadakan secara onsite di Kijang Function Chamber (KFC Kijang) @Binus Kijang dan secara online melalui Zoom Meeting pada tanggal 23 Juli 2022 yang dimulai pada pukul 13.00 WIB.

Talk Show Cinta Anak Indonesia ini dipandu oleh dua Master of Ceremony yang berasal dari jurusan PGSD BINUS University yaitu Helena Prita Widatri yang merupakan Binusian 25 dan Muhammad Didhan Ardianto, Binusian 24. HIMPGSD BINUS University tentunya mengundang para dosen BINUS University yang telah memiliki banyak pengalaman dalam bidang Pendidikan yaitu Bapak Jimmy Sapoetra, S.S., M.Pd., Bapak Suwarno, S.Si., M.Pd., dan Bapak Freddy Widya Ariesta, S.Pd., M.Pd. sebagai narasumber yang berbagi ilmu serta pengalamannya kepada seluruh panitia serta peserta yang hadir secara onsite maupun online. Acara yang diselenggarakan oleh HIMPGSD BINUS University ini dihadiri oleh 294 peserta, dan tentunya tidak hanya mahasiwa BINUS University saja, tetapi mahasiswa universitas lain, siswa/I SMA/K serta bintang tamu spesial pada talk show kali ini yaitu SAKA (Sanggar Anak Kita) juga menghadirinya secara online.

Sebagai pembuka acara, MC membacakan peraturan talk show, dilanjutkan dengan doa pembuka, dan menyanyikan Indonesia Raya bersama para hadirin. Sebelum talk show dimulai, tentunya ketua pelaksana event, Marsela Regina Huka memberikan sepatah dua kata sambutan yang dilanjutkan oleh Ketua Umum HIMPGSD BINUS University, Jupiter dan Bapak Rahmat Ilahi, S.Pd selaku Student Organization Advisor HIMPGSD BINUS University. Talk show dimulai dengan pemberian pertanyaan oleh MC kepada narasumber mengenai pandangan masing-masing narasumber tentang kemajuan teknologi serta pengaruhnya bagi generasi Z dan Alpha. Talk show yang berdurasi kurang lebih 2,5 jam ini terasa sangat singkat dikarenakan materi yang disampaikan oleh narasumber sangatlah menarik. Bapak Jimmy Sapoetra, S.S., M.Pd memiliki pandangan bahwa zaman generasi lama dan generasi sekarang ini jauh berbeda, dimulai dari proses memperoleh informasi untuk belajar hingga gaya hidup generasi Z dan Alpha yang semakin maju dan lebih mudah berkat kemajuan teknologi. Bapak Freddy Widya Ariesta, S.Pd., M.Pd. juga menyampaikan pemikirannya mengenai manfaat yang sesungguhnya dapat diperoleh oleh generasi muda jika seandainya setiap individu mampu memanfaatkan teknologi untuk hal yang berguna. Di samping itu, Bapak Suwarno, S.Si., M.Pd. juga menambahkan pentingnya mengenali ancaman cyber security yang akan terjadi apabila generasi muda belum bisa memanfaatkan teknologi khususnya media sosial dengan bijak.

Sesi talk show dengan para narasumber diselingi dengan sesi tanya jawab oleh peserta baik online maupun onsite. Agar talk show lebih menarik, panitia HIMPGSD BINUS University telah menyiapkan penampilan spesial dance performance yang dibawakan oleh mahasiswi Binusian 25 jurusan PGSD. Talk show kembali dilanjutkan dengan memulai tanya jawab sesi dua dan pemberian plakat kepada ketiga narasumber serta dokumentasi hybrid. Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, HIMPGSD BINUS University juga telah mengundang tamu spesial yaitu anak – anak dari SAKA yang mempersembahkan lagu berjudul “SAKA” dan saling berbagi cerita mengenai SAKA dengan para peserta talk show. Diakhir acara, MC menutupnya dengan pengumuman pemenang pertanyaan terbaik dan peserta terbaik selama talk show berlangsung, serta doa penutup dan informasi mengenai exit ticket.

Melalui materi yang disampaikan oleh para narasumber, setiap peserta dan panitia memperoleh ilmu serta motivasi untuk lebih mengembangkan potensi dan kualitas diri sebagai generasi muda yang nantinya akan meneruskan pembangunan bangsa Indonesia. Dan tentunya, event kali ini sangat berkesan bagi para panitia yang telah bekerja sama menyelenggarakan acara dan menyukseskannya hingga akhir dengan sangat baik meskipun masih terdapat kekurangan yang masih harus diperbaiki di event selanjutnya. Oleh karena itu, kami HIMPGSD BINUS University akan selalu berusaha membawa perubahan baik dalam diri kami sebagai calon guru dan tentunya juga memberikan dampak yang baik bagi lingkungan sekitar kami terutama dalam bidang Pendidikan.

Nicole Joan Yovini