HIMPGSD Education Seminar (BINUS Festival) 2022

HIMPGSD Education Seminar (BINUS Festival) 2022
      Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HIMPGSD) merupakan salah satu organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yang berada di Binus University. HIMPGSD merupakan suatu wadah bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) untuk mengembangkan karakter, kreativitas, solidaritas hingga akademik mahasiswanya.
       Binus Festival (BiFest) merupakan salah satu program kemahasiswaan yang rutin dilaksanakan dua kali dalam setahun. Acara ini ditujukan bagi para Binusian untuk menambah pengetahuan, mengembangkan kreativitas, serta meningkatkan keterampilan. Selain itu, acara ini juga bekerja sama dengan Student Club and Activity Center (SCAC) dan 30 Organisasi Kemahasiswaan, baik dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), BINUS Entrepreneurship Center (BEC), Character Building Development Center (CBDC), Psychology, Accounting, Game Application and Technology (GAT), Business Creation, Communication, Global Business Marketing, School of Computer Science (SoCS), School of Information System (SoIS), Chinese Literature, English Literature, International Relation, BINUS International Office (IO), dan Internship Center (IC). 
Pada kesempatan ini, Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HIMPGSD) telah mengajak para Binusian untuk mengeksplorasi berbagai tantangan yang terjadi dalam dunia Pendidikan melalui seminar edukasi yang bertema “MetamorphoZ”. Tema ini diciptakan dari kata “Metamorfosis” yang berarti “membawa perubahan” dan “Z” yang merupakan generasi dari para remaja masa kini. Dengan diadakannya acara seminar ini, diharapkan bagi para Binusian dapat membawa perubahan bagi masa depan dari sisi pendidikan teknologi dan juga proses dehumanisasi yang akan terjadi di masa depan.
        Acara ini dilaksanakan pada Jumat, 9 Desember 2022 yang juga merupakan hari pertama pelaksanaan Binus Festival. Kegiatan pertama yang dilakukan dalam acara ini ialah dengan Open Gate yang dibuka oleh penanggung jawab pendaftaran peserta, yaitu Marishabella Mulyawan, Ivonni Gozali, dan Clara Dwi Payani. Selanjutnya acara dimulai oleh MC, Hefri Kobe dan Dhea Maharani. Kedua MC menyapa seluruh peserta kemudian mengajak untuk menyerukan jargon MetamorphoZ yaitu “Generasi Z Pembawa Perubahan”. Acara kemudian dilanjutkan dengan doa pembuka yang dipimpin oleh Angelia Rosa agar acara dapat berjalan dengan lancar. Setelah berdoa bersama, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Sabrina Eunike. 
       Acara selanjutnya ialah sambutan dari ketua panitia Education Seminar Binus Festival: MetamorphoZ yaitu Lorensia Ria Audini yang telah mempersiapkan acara ini semaksimal mungkin. Lorensia pun tidak lupa mengajak para peserta untuk menyerukan tagline MetamorphoZ “Generasi Z Pembawa Perubahan”. Sambutan selanjutnya dilakukan oleh Ramitha Anjany, selaku sekretaris umum HIMPGSD untuk menyampaikan kata sambutan di depan para peserta.
      Memasuki acara inti, ditampilkan sebuah video pembukaan sebelum memulai pemaparan seminar oleh Pak Jimmy Sapoetra, S.S, M.Pd. selaku Lecturer Specialist dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang berjudul “Dehumanisasi, Teknologi, dan Tantangan Dunia Pendidikan Masa Depan”. Adapun topik yang disampaikan berkaitan dengan penggunaan teknologi di masa depan terutama pada bidang Pendidikan. Melalui seminar ini, para peserta terutama bagi para mahasiswa PGSD agar dapat menerapkan ilmu yang didapat ketika sudah terjun di sekolah. Acara seminar berlangsung selama 47 menit, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 10 menit. Pemaparan materi seminar diakhiri dengan pemberian sertifikat penghargaan untuk Pak Jimmy dan dilanjutkan dengan dokumentasi bersama peserta.
       Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi ice breaking yang dipandu oleh MC. Adapun ice breaking yang dilakukan ialah melakukan senam pinguin bersama-sama. Selanjutnya, acara dilakukan dengan penyerahan hadiah untuk para penanya terbaik yang dilakukan pada sesi tanya jawab bersama Pak Jimmy. Penerima hadiah tersebut diberikan kepada Nissa, Felix, dan Grace yang merupakan mahasiswa PGSD angkatan Binusian 2026. Tidak lupa untuk melakukan dokumentasi dengan para penanya terbaik dan seluruh peserta.
       Memasuki penghujung acara, doa penutup dipimpin oleh Rifdah Athirah kemudian dilanjutkan oleh kata-kata penutup oleh para MC. Tak lupa untuk meminta para peserta mengisi presensi sebelum meninggalkan lokasi acara.

Rifdah Athirah