S.M.A.R.T COMPETITION 2022

 

  1. Latar Belakang

Matematika dan IPA merupakan pendukung utama perkembangan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga pembelajaran matematika dan IPA ditingkat sekolah dasar sangat perlu mendapatkan perhatian yang lebih baik. Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir ini terbuka kesempatan bagi siswa/i sekolah dasar untuk mengikuti olimpiade Matematika dan IPA dari tingkat kabupaten sampai tingkat nasional, bahkan tingkat internasional.
Berdasarkan kenyataan yang ada, sekolah perlu mengupayakan peserta didik agar terlibat aktif dalam kegiatan tersebut. Oleh karena itu, untuk menumbuhkan semangat berkompetisi akademis siswa sekolah dasar dan pentingnya peran Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari, maka perlu diselenggarakan sebuah kegiatan yang mengasah kemampuan siswa.
Alasan kami mengadakan acara ini, karena acara ini sangat berkesinambungan dengan jurusan kami, yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Acara ini juga tidak hanya bermanfaat bagi himpunan kami, melainkan acara ini juga bermanfaat bagi siswa/i sekolah dasar. Karena dengan adanya acara ini, kami telah memberikan kesempatan kepada siswa/i SD untuk tetap dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya dan tetap berprestasi melalui kompetisi Olimpiade Matematika dan IPA walaupun dilaksanakan secara online. Kegiatan ini adalah bentuk nyata bahwa kami sangat mendukung perkembangan pendidikan di Indonesia terutama pada bidang Matematika dan IPA.
Secara garis besar, kegiatan yang ada di acara ini yaitu Olimpiade Matematika dan IPA untuk siswa/i Sekolah Dasar (SD) kelas tinggi (kelas 4-6) yang berasal dari berbagai daerah dan sangat tepat untuk siswa/i yang memiliki antusias tinggi pada mata pelajaran Matematika dan IPA.

2. TUJUAN

Tujuan untuk HIMPGSD BINUS University, yaitu:
1. Untuk memperkenalkan HIMPGSD BINUS University kepada masyarakat luas;
2. Untuk meningkatkan kualitas hard skills dan soft skills mahasiswa/i HIMPGSD BINUS University; dan
3. Untuk meningkatkan antusias dan rasa semangat dalam menjunjung tinggi pendidikan.
Tujuan untuk BINUS University, yaitu:
1. Untuk membentuk mahasiswa/i berprestasi, unggul, dan memiliki keterampilan;
2. Untuk menciptakan lulusan terbaik yang mampu merancang kegiatan olimpiade; dan
3. Untuk mewujudkan lulusan yang kreatif, komunikatif, perencanaan dan pengorganisasian terbaik

Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Hari, Tanggal
Sabtu, 26 Februari 2022
Tempat Pelaksanaan
Zoom Meeting
Level Kejuaraan
Nasional

Jumlah Peserta
Peserta
Siswa/i Sekolah Dasar (SD) sederajat se-Indonesia
Jumlah Peserta/Tim
224 peserta

3. KESIMPULAN

Melalui Olimpiade S.M.A.R.T. Competition 2022 begitu banyak hal yang menjadi pembelajaran baru bagi seluruh pihak, termasuk pihak panitia acara. Kami mempelajari bahwa komunikasi menjadi salah satu kunci yang membuktikan keberhasilan acara olimpiade ini. Melalui acara ini, kami dapat membangun kemampuan soft skills, seperti problem solving, time management, team work, dan creative, lalu kemampuan hard skills, seperti merancang dan menetukan soal olimpiade Matematika dan IPA untuk para peserta.
Begitu banyak kendala yang dihadapi oleh para panitia, namun kami percaya kalimat yang dikatakan oleh Napoleon Hill “Selalu ingat bahwa semua orang sukses pasti melewati kepahitan dalam hidup. Mereka berjuang, gagal, dan bangkit kembali sehingga pada akhirnya mereka bisa seperti mereka sekarang ini” dan perjuangan kami membuahkan keberhasilan pada Olimpiade Matematika dan IPA S.M.A.R.T. Competition 2022