LDK Aktivis 2022

LDK Aktivis HIMPGSD BINUS 2022

Dua Hari sebagai Awal Melangkah

Oleh: Kelompok Biru

Kelompok Biru

          Salah satu himpunan di BINUS University yang bergerak di bidang pendidikan adalah HIMPGSD (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar). HIMPGSD merupakah wadah bagi mahasiswa PGSD Binus University untuk menyalurkan ide-ide atau kreativitas mereka. HIMPGSD juga memiliki beberapa program kerja yang menarik lho! Salah satu kegiatan yang tidak hanya seru, tetapi juga menambah pengetahuan dan kemampuan leadership kita yaitu Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis. Seperti yang kita ketahui, pada tahun ini HIMPGSD juga mengadakan LDK Aktivis HIMPGSD 2022. HIMPGSD didirikan pada tanggal 28 Oktober 2016 dan memiliki lambang yang menyerupai perkumpulan lima orang. HIMPGSD juga menyediakan berbagai bidang/divisi yang bisa diikuti oleh calon aktivis dan mereka juga akan melakukan suatu kegiatan yaitu LDK-A. Tidak hanya leadership, LDK-A HIMPGSD juga membantu mahasiswa untuk menambah hard skill dan soft skill yang belum mahasiswa miliki atau bahkan mengembangkan skills yang sudah kita miliki. LDK-A HIMPGSD 2022 dilaksanakan pada hari Jum’at, 18 Februari 2022 sampai Sabtu, 19 Februari 2022. Tentunya, LDK-A dilaksanakan secara online melalui zoom dikarenakan pandemi yang masih berlangsung dan tidak memungkinkan untuk melaksanakan secara tatap muka. Berikut keseruan kegiatan LDK Calon Aktivis HIMPGSD 2022. Stay Tune!

    Hari pertama LDK yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 18 Februari 2022 dimulai dari pukul 13.20-16.53 WIB. Acara dibuka oleh sapaan dari MC yaitu Suster Anjelina Laukari, dilanjutkan dengan doa pembuka dan kata sambutan dari Ketua Umum HIMPGSD (2021 dan 2022) dan SOA HIMPGSD yaitu Bapak Rahmat Ilahi, S.Pd. Setelah itu, ada presentasi dari DPI yang memperkenalkan lebih dalam tentang HIMPGSD, mulai dari tahun didirikan, arti logo HIMPGSD, visi, misi, tujuan, program kerja, struktur organisasi, dan juga mengenai departemen apa saja yang ada di HIMPGSD.  Kemudian, peserta LDK diberi tugas secara berkelompok untuk membuat power point susunan acara dan mempresentasikannya. Untuk mencegah kebosanan, panitia acara menyiapkan berbagai games dan ice breaking untuk menyelingi tugas-tugas yang diberikan, kami juga diberikan waktu untuk istirahat. Setelah waktu istirahat dirasa cukup, acara dimulai kembali dengan materi aspek-aspek dan faktor-faktor keterampilan sosial yang dipresentasikan oleh Mr. Oktavianus Dwi Setianto, S.Pd. Tugas selanjutnya, peserta diminta membuat power point dengan kelompok yang sama mengenai permasalahan yang muncul dalam keterampilan sosial dan juga mempresentasikannya, tidak hanya mempresentasikan, tetapi peserta juga dituntut untuk menyelesaikan sebuah kasus yang lebih nyata di dunia berorganisasi. Acara pun diakhiri dengan sesi foto dan doa bersama.

    Acara hari kedua dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Februari 2022 berupa pemaparan materi mengenai self awareness yang dipresentasikan oleh Ms. Lisa Dian Putriani, S.Pd. berisi jenisjenis self awareness, cara membangun self awareness, dan juga manfaat dari self awareness. Selanjutnya ada games sebelum beranjak ke penugasan. Peserta diberikan tugas untuk membuat  power point mengenai jenis-jenis self awareness dalam lingkup organisasi dan bagaimana kita menyelesaikan masalah self awareness yang terjadi di dalam berorganisasi. Ada post test juga untuk mengetahui seberapa besar peserta memahami materi. Menuju penghujung acara, diadakan sesi foto bersama, pengumuman awards dan juga janji aktivis yang dibimbing oleh ketua umum HIMPGSD 2021. Terakhir, acara ditutup dengan doa.

    LDK-A pada dua hari ini menghadirkan euforia yang masih bersisa hingga saat selesai. Berbagai ingatan tentang materi yang bervariasi membuat kami merasa sangat termotivasi dalam mengejar apa yang sudah menjadi potensi dan dari LDK-A itu membangun rasa percaya diri yang lebih tinggi.  Lalu, kami jadi mengetahui hal-hal yang dibutuhkan dalam menghadapi berbagai kehidupan sosial, seperti cara berinteraksi ataupun memiliki self awareness. Kami juga mengetahui seluk beluk HIMPGSD hingga bisa terbentuk. Belajar cara bekerja sama dalam kelompok, berpartisipasi, dan juga bertanggung jawab kami dapatkan semua. Kami semua akan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik sebagai aktivis.

Demikianlah kesan kami selama mengikuti LDK-A HIMPGSD 2022 yang berlangsung selama dua hari. Terima kasih HIMPGSD dan semoga tetap menginspirasi!

Kelompok Biru