Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) 2021

HIMPGSD merupakan organisasi kemahasiswaan dari jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Bina Nusantara, yang telah melatih para generasi muda untuk dapat berinovasi, dan berkreasi dalam dunia pendidikan. Tidak hanya itu, HIMPGSD juga merupakan sebuah tempat pengembangan karakter yang baik bagi para calon guru muda yang nantinya akan membawa masa depan yang cerah bagi bangsa. Untuk mencapai keaktifan dari setiap anggota dan kreativitas yang baik dalam setiap program yang diadakan, maka HIMPGSD yang menjadi tempat dalam pengembangan ide-ide kreatif telah mengadakan program Pengabdian Kepada Masyarakat atau yang sering disebut sebagai PKM. Kegiatan ini merupakan suatu program dari HIMPGSD Universitas Bina Nusantara yang telah berusaha memberikan kontribusi dan kerja sama yang baik bagi masyarakat Indonesia. Dengan melihat kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini, terutama di bidang pendidikan, maka HIMPGSD menyelenggarakan program PKM ini dengan tujuan agar dapat memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat betapa pentingnya peran pendidikan saat ini.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini akan diselenggarakan pada hari Senin, 01 November 2021 sampai Senin, 08 November 2021. Tema yang di ambil dari Program Pengabdian Kepada Masyarakat adalah ‘Ayo Berbagi, Ayo Peduli’ dimana HIMPGSD berusaha memberikan pembelajaran yang baik kepada siswa SD dalam kegaitan belajar mengajar online untuk siswa SD. Kegiatan ini tidak hanya menguntungkan bagi siswa SD saja, tetapi juga bagi para mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Bina Nusantara yang siap untuk mengabdi, melayani dan berkontribusi di dunia pendidikan. Kegiatan belajar mengajar online ini diikuti oleh dua SD di Jakarta Barat, yakni SDN Grogol Utara 09 dan SDN Kemanggisan 12.

Tidak sampai disitu saja, HIMPGSD juga mengadakan kegiatan donasi kepada masyarakat umum untuk ikut andil sebagai wujud kegiatan berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Antusias masyarakat dalam membagikan sebagian yang mereka miliki ini sangat berguna bagi anak-anak di Panti Asuhan Hati Suci, Jakarta. Donasi yang diberikan oleh donatur, diantar secara langsung kepada pihak panti asuhan oleh panitia dan volunteer dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan mengingat pandemi yang belum berakhir sepenuhnya.

Semoga HIMPGSD semakin dikenal oleh kalangan masyarakat sebagai suatu organisasi kemahasiswaan yang bergerak di bidang pendidikan yang sangat memiliki peranan penting dalam mendidik para generasi penerus bangsa. Rasa terima kasih yang sedalamnya kami ucapkan untuk segenap para Donatur, Bapak/Ibu kepala sekolah dan guru dari SDN Grogol Utara dan SDN 12 Kemanggisan, volunteer, panitia serta anggota PKM HIMPGSD BINUS University 2021 yang telah membangun kerja sama dengan baik sehingga pelaksanaan program Pengabdian Kepada Masyarakat dapat berjalan dengan baik dan lancar. Harapan kami kedepannya, HIMPGSD semakin membangun relasi yang baik dalam masyarakat dan terus berinovasi serta sukses dalam dunia pendidikan.