Prima Cast : Experience Is The Best Teacher Episode 3

Halo Primasian dimanapun kalian berada! 

Dalam rangka memperingati bulan pendidikan yang jatuh pada bulan Mei lalu, Prima Cast akan mengangkat sebuah tema, yaitu Experience is The Best Teacher (pengalaman adalah guru terbaik). Walaupun bulan pendidikan telah berlalu, pengalaman akan terus berjalan. Tentunya tidak ada kata telat untuk belajar dari pengalaman. Apa sih artinya Experience is The Best Teacher? Apa manfaatnya bagi kehidupan kita sehari-hari? Apa yang bisa diambil dari pengalaman yang ada di dalam kehidupan sehari-hari? Bagaimana pengertian “Guru” yang bisa diibaratkan sebagai pengalaman? Mari kita bahas lewat artikel episode 3! 

Narasumber yang kami undang untuk membagikan kisahnya kepada Primasian adalah Azmi Mahatmanti. Narasumber kita yang lahir di kota Cirebon, 18 Februari 1999 ini memiliki segudang pengalaman berorganisasi di bidang pendidikan. Salah satunya adalah menjadi Demisioner Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. 

Pada pertanyaan pertama ini, kita akan membahas mengenai sebuah pepatah “Pengalaman adalah guru terbaik”. Primasian sudah pernah mendengar pepatah ini belum? Menurutnya pengalaman adalah hasil dari kombinasi dari keinginan dan pengetahuan yang didukung oleh keberanian untuk terus-menerus mau mencoba. Mulai dari berbagai jenis kompetisi, organisasi, dan nantinya menjadi bekal yang berguna bagi diri sendiri dan berguna untuk orang-orang disekitarnya. Kemudian pengalaman juga diartikan sebagai alasan selalu ingin mencoba dalam banyak hal, menembus batas-batas yang ada di dalam diri sendiri, dan tentunya memaksimalkan segala potensi yang ada yang perlu dieksplor demi berguna untuk orang lain. Cara Kak Azmi dalam mengetahui ketertarikan dan kebutuhan akan dirinya di dalam kehidupan berorganisasi adalah dengan cara berkegiatan dan berkumpul dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan dirinya. Mulai dari organisasi, menjadi volunteer, menjadi pengajar, terlibat dalam penyusunan kurikulum, dan dari hal itu selalu dikembangkan menjadi sesuatu yang baru untuk dibagikan kepada orang lain. 

Namun, ada banyak tantangan yang dihadapi oleh Kak Azmi ketika mencoba untuk menembus batas dirinya loh, Primasian! Tantangannya seperti banyak hal yang gagal atau tidak terealisasikan dalam menjalankan program kerja. Dari kegagalan itu, Kak Azmi menjadi selalu siap akan kegagalan yang lain dan keberhasilan. Jatuh-bangun adalah hal yang wajar di dalam hidup, asalkan sudah mau mencoba, mengerahkan segala pikiran dan tenaga, serta mau menerima kekecewaan. Kemudian dari lingkungannya, Kak Azmi mendapatkan energi yang positif dan mau membantu dalam kegagalan. Teman-teman yang selalu hadir adalah hal yang selalu disyukuri. Kehadiran teman-teman di sekitarnya memiliki peran tersendiri dalam kehidupan berorganisasi Kak Azmi, Primasian. Ketika salah satu teman yang salah, mereka mau untuk diperbaiki dan ditegur demi tujuan yang baik.

“KITA MEMILIKI SUMBER-SUMBER YANG ADA DALAM DIRI SENDIRI YANG MAMPU DIBAGIKAN UNTUK ORANG DISEKITAR”

 

  • KAK AZMI

 

Kak Azmi membagikan sebuah kutipan bagi teman-teman Primasian juga nih!

Tembok besar yang besar yang ada dalam hidup kita sendiri adalah ketakutan kamu sendiri dan itulah alasanmu untuk berhenti berkembang serta rasa takutmu itu belum terbukti terjadi di dalam kehidupan sehari-hari’. 

Arti dari kutipan itu adalah rasa takut yang ada dalam diri sendiri yang sebenarnya merupakan kelemahan kita. Ketakutan itulah yang membuat kita untuk sulit untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih baik agar bisa menuju perubahan. Tidak apa mau mencoba, daripada tidak melakukannya sama sekali. 

Kesimpulan dari tema kali ini adalah pengalaman yang menjadikan kita pribadi yang lebih baik. Dari pengalaman juga kita banyak belajar hal yang nantinya dapat berguna bagi orang lain. Ketakutan adalah penghambat kita untuk mencapai cita-cita maupun angan untuk menjadi pribadi yang maju di masa mendatang. Jadi, Primasian jangan takut untuk mencoba. Pribadi yang berani adalah kunci untuk melangkah ke depan. Semoga apa yang didapatkan melalui narasumber kita kali ini mampu membuat primasians sekalian berani meraih mimpi dan menembus batas-batas yang ada dalam diri untuk maju di masa mendatang. 

Sebab episode ini adalah episode terakhir, kami ingin berterima kasih kepada Primasian yang sudah setia membaca artikel-artikel kami dari episode pertama sampai episode terakhir. Bukan hanya membaca artikel, Primasian juga sudah mendengarkan dan menunggu seluruh episode podcast kami. Dukungan kalian sangat berarti bagi kami para panitia Prima Cast. Tentunya, kami akan kembali dengan topik yang sangat menarik dibanding season pertama ini. Oh iya! Primasian juga dapat mendengarkan podcast kami ini di platform podcast kesayangan kalian. Kami selaku panitia mengundurkan diri terlebih dahulu. Nantikan kami kembali di season berikutnya. Mari berproses untuk menjadi sukses! Sampai jumpa di season berikutnya, Primasian!

 

Ucapan terima kasih Sebesar-besarnya untuk para panitia dan narasumber yang sudah berperan penting dalam terselenggaranya PRIMA CAST

Dr. Meilani Hartono, S. Si, M.Pd. – Head of Primary Teacher Education Department

Suwarno, S.Si., M.Pd. – Lecture Subject Content Coordinator of Primary Teacher Education Department – Narasumber Prima Cast Episode 1

Azmi Mahatmanti – Ketua BEM KEMA FIP UPI 2021/2022 – Narasumber Prima Cast Episode 3

Muhammad Fare Fahrezi – PIC Prima Cast

Ruth Gracia Indrasmoro – Project Manager Prima Cast – Host Prima Cast Episode 1 & Episode 2

Ivonni Gozali – Sekretaris

Marishabella Mulyawan – Social Media Specialist

Angelia Rosa – Koordinator Divisi Acara

Dian Zulyanti – Anggota Divisi Acara

Marsela Regina Huka – Anggota Divisi Acara

Rifdah Athirah – Anggota Divisi Acara

Ronny Sanderson Sokoy – Anggota Divisi Acara

Gabriel Panca Andhika – Koordinator Divisi HUMAS

Benediktus Bagas – Anggota Divisi HUMAS

Clara Dwi Payani – Anggota Divisi HUMAS

Helena Prita Widatri – Anggota Divisi HUMAS – Host Prima Cast Episode 2 & Episode 3

Dhea Maharani – Koordinator Divisi Teknis

Aidah Syafitri – Anggota Divisi Teknis

Hefri Kobe – Anggota Divisi Teknis – Host Prima Cast Episode 1 & Episode 2

Joana Rebecca – Anggota Divisi Teknis

Muhammad Didhan Ardianto – Anggota Divisi Teknis & Divisi Kreatif – Host Prima Cast Episode 2 & Episode 3

Salma Nabila Putri – Koordinator Divisi Kreatif

Dihan Al’Hakim – Anggota Divisi Kreatif

Mulya Damayanti – Anggota Divisi Kreatif

Nicole Joan Yovini – Anggota Divisi Kreatif

Imelda Evania – Koordinator Divisi Benefactor

Isrami Ardiastrie – Anggota Divisi Benefactor

Yashinta Nunggut – Anggota Divisi Benefactor

Benediktus Bagas Prasetyo Nugroho & Helena Prita Widatri