KENALI CARA BELAJARMU


(sumber : https://www.kangridwan.com/2017/10/mengenal-tipe-tipe-belajar-kita-visual.html)

Setiap orang pasti memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Ada yang cenderung untuk membaca, mendengar dan bahkan menggerakan tubuhnya. Tentu saja hal tersebut merupakan upaya mereka dalam memahami suatu materi dengan cepat. Tetapi, sudahkah Anda memahami tipe belajar Anda?

Di sini akan dibahas beberapa tipe belajar, dimana tipe belajar ini membuat kita memahami bagaimana cara belajar yang dominan dengan cara belajar kita. Dengan mengenali lebih lanjut, kita tahu bagaimana metode yang tepat untuk memaksimalkan dan membuat kita belajar lebih efisien.

Sutanto, 2006, membagi tipe belajar menjadi tiga hal, yaitu :

  1. Visual

Manusia visual akan lebih maksimal dalam menyerap materi ketika ia membaca atau melihatnya. Mereka cenderung membutuhkan informasi visual untuk memahami materi atau informasi yang tengah dipelajari.

  1. Auditori

Manusia visual membutuhkan suara atau harus mendengar terlebih dahulu agar mereka paham dan dapat menyerap materi tersebut secara optimal. Mereka cenderung kesulitan ketika harus memahami informasi dalam bentuk tulisan.

  1. Kinestetik

Manusia dengan metode belajar kinestetik akan lebih optimal ketika mereka mencontohkan, membayangkan, atau harus menggerakan badannya. Biasanya, mereka akan banyak berjalan ketika menghafal sesuatu. Dan juga banyak menggerakan tangannya.

Jadi? Apa tipe belajarmu? Jika kamu sudah mengenalinya, ayo, belajar lebih efisien dan tingkatkan potensi belajar kita!

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : https://www.kangridwan.com/2017/10/mengenal-tipe-tipe-belajar-kita-visual.html
Dewi Kartini Lestari