Motivasi Belajar dan Komitmen Siswa terhadap Prestasi Siswa

Motivasi Belajar dan Komitmen Siswa terhadap Prestasi Siswa

    Pendidikan memiliki berbagai banyak fungsi, antara lain pengembangan, penyesuaian, dan integrasi. Sebagai fingsi pengembangan Pendidikan dapat mengembangkan potensi atau keunikan individu yang meliputi aspek intelektual, emosional, moral, spiritual,maupun sosial.  

    Dalam suatu pendidikan terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan akademik, diantaranya manajemen waktu, nasehat kesuksesan akademik, stress dan integrassi institute. Komitmen terhadap akademis dan kepuasan terhadap interaksi dalam lingkungan pembelajaran/ sekolah keduanya menjadi faktor predictor terhadap nilai akhir pencapaian siswa.  

    Keberhasilan   studi mengacu kepada keberhasilan siswa dalam pendidikannya. Sejak awal individu aktif sebagai seorang siswa hingga sampai pada tahap terakhir kelulusan, keberhasilan seorang individuy dapat dilihat dari nilai pencapaian yang diperoleh di akhir semester, atau pada saat masa kelulusan.  

    Keberhasilan tidak juga dapat ditunjang dengan intelegasi yang tinggi saja, namun didukung oleh banyak hal lain, yang diantarannya antara lain keseriusan dalam belajar, atau focus dalam melalukan tugas. Fokus atau tidaknya dalam belajar bisa disebabkan oleh hal-hal diluar sekolah, bukan hanya masalah dalam institute saja.  

    Masalah-masalah tersebut jika tidak terselesaikan akan menjadi nsuatau hambatan terbesar bagi seorang siswa dalam menyelesaikan masa studinya. Siswa yang masalahnya bisa teratasi tersebut bisa diprediksikan lulus atau berhasil dalam pendidikannya dan bisa jadi memiliki prestasi dan keberhasilan yang membanggakan. Keberhasilan siswa dapat dalam menempuh Pendidikan dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor internal maupun eksternal.  

   Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari siswa itu sendiri seperti motivasi belajar, sikap, dan kebiasaan belajar, keterampilan belajar, kondisi fisik, dan sebagainya.  

    Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri siswa itu sendiri, seperti lingkungan belajar, lingkungan pergaulan, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Motivasi dan komitmen siswa menjadi faktor penting bagi siswa bagi peraih prestasi dan keberhasilan dalam masa pendidikannya.  

Rikiardus Bere