Bhinneka Tunggal Ika

Tirtania Awista D.

2001622463

https://www.google.com/search?q=bhineka+tunggal+ika&hl=en-GB&source=android-browser&prmd=ibnv&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiJ1avx3YPUAhWBro8KHUE1CtYQ_AUICSgB&biw=360&bih=518#imgrc=rqmwcoDP1HxLaM

Indonesia merupakan negara besar yang terdiri dari ribuan pulau yang tersebar dari sabang sampai merauke. Dengan kondisi geografis yang luas, tak heran bila negara kita memiliki suku, agama, ras dan budaya yang berbeda-beda. Kekayaan Indonesia pun tidak hanya dari sumber daya alam yang melimpah ruah, namun kekayaannya juga berdasarkan budaya yang begitu majemuk menjadi salah satu pemersatu bangsa di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Seperti contohnya yaitu ada suku Jawa, Madura, Betawi, Batak dan masih banyak lagi suku lainnya yang tersebar di berbagai daerah.

Sebagai warga Indonesia, kita harus saling menghormati setiap suku yang ada di Indonesia karena bagaimanapun kita adalah satu bangsa yaitu Indonesia. Kita harus bisa menghargai suku, agama, ras dan budaya lain yang berbeda dengan kita dan alangkah indahnya bila kita saling menghormati satu dengan yang lainnya. Bila kita dapat menghormati perbedaan dengan baik maka hidup kita sendiri yaitu akan nyaman dan dapat dengan mudah hidup bersosialisasi di negara kita sendiri. Kita juga dapat mengurangi perpecahan-perpecahan antar perbedaan yang terjadi di Indonesia dengan tetap mempunyai pikiran untuk bersatu.

Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Bhinneka_Tunggal_Ika

https://brainly.co.id/tugas/84183

http://www.mikirbae.com/2015/05/menghargai-keberagaman-budaya.html

 

 

 

Tirtania Awista D.