Revolusi Dunia Pendidikan

Potensi yang dimiliki Indonesia terletak pada kekayaan Sumber Daya Alamnya (SDA), tidak hanya itu untuk membangun generasi Indonesia. Tetapi dibutuhkan juga potensi Sumber Daya Manusianya    (SDM). Semua memahami bahwa masa depan bangsa tergantung pada generasinya saat ini, karena generasi penurus mempunyai peranan penting dalam membangun bangsa dimasa yang akan datang.

Sistem pendidikan di Indonesia saat ini terlalu memaksakan kehendak, yang seakan-akan seperti berkata bahwa sekolah adalah satu-satunya tempat dimana anda harus belaja rmenuntut ilmu. Pada akhirnya mereka yang tidak sekolah justru seperti tidak bisa di terima dinegeri ini karena tidak ada tempat menuntut ilmu. Padahal masih banyak anak-anak yang tidak bersekolah karena keterbatasan keuangan, harusnya pemerintah lebih bijak memperhatikan anak-anak yang tidak mampu untuk bersekolah. Itulah karna minimnya kualitas Sumber Daya Manusianya (SDM).

Perlu kita ketahui pada umumnya sebagian besar masyarakat berpandangan bahwa untuk membangun generasi yang berkarakter tergantung pendidiknya atau gurunya. Jika proses pendidikan tidak mampu membangun generasi penerus bangsa yang berkarakter maka pendidiknya haruslah bertanggung jawab untuk membangun generasi yang berkarakter.

Hal yang utama tugas pendidik atau pengajar bukanhanya untuk mengasah otak tetapi untuk membangun karakter kepribadian. Karakter sangat penting Karena karakter adalah fondasi dalam membangun bangsa yang berkualitas.

Pendidikan karakter bukanlah sebuah proses menghafal materi soal ujian, dan teknik-teknik menjawabnya. Pendidikan karakter memerlukan pembiasaan. Pembiasaan untuk berbuat baik; pembiasaan untuk berlaku jujur, ksatria; malu berbuat curang; malu bersikap malas; malu membiarkan lingkungannya kotor. Karakter tidak terbentuk secara instan, tapi harus dilatih secara serius dan proporsional agar mencapai bentuk dan kekuatan yang ideal.

Untuk menghasilkan generasi yang memiliki kualitas karakter yang baik sangat erat hubungannya dengan kualitas pendidikan, memang masih banyak faktor lain yang mempengaruhi namun pendidikan dianggap pintu paling mudah untuk membangun karakter generasi. Sehingga terbangun pendapat bahwa kualitas generasi sebuah bangsa ditentukan oleh kualitas pendidiknya.

Sumber :

http://diskuspendidikan.blogspot.co.id/

http://www.academia.edu/3637658/Revolusi_Pendidikan_Indonesia

https://mydiarymoeslim.blogspot.co.id/2016/09/contoh-makalah-revolusi-pendidikan-demi.html

Christian Kaganami