Metaverse dan Kegunaannya

Metaverse dan Kegunaannya

Kita tahu bahwa Metaverse sudah banyak dipake oleh seluruh Dunia. Namun yang selalu menjadi pertanyaan adalah apa gabungan dari Metaverse? 

Metaversa merupakan gabungan dari Aspek sosial media dan games online. Tahukah anda mengenai manfaat atau kegunaan daru teknologi metaverse ini? Semua orang dapat menggunakan perangkat yang berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), yang merupakan pengguna berinteraksi secara virtual. 

Beberapa negara yang sudah mulai merancang atau membuat kota di Metaverse, ada salah satu yang sudah paling terkenal karena mempunyai kota di Metaverse. adalah Korea selatan yang menjadi negara pertama yang mendirikan kota di Mateverse. 

Teknologi yang selalu dibicarakan banyak orang setelah pemilik atau CEO Facebook, menyinggung tentang dunia virtual yang akan diciptakan oleh perusahaannya. Teknologi Mataverse sendiri memiliki keunggulan. Berikut ada beberapa manfaat dari teknologi Metaverse.

1.Penggunaan dapat bersosialisasi secara bebes dan tidak ternatas.

Metaverse tidak ada batasan untuk menggunakannya. Maka dari itu semua orang bisa bersosialisasi dengan mengguna lainnya secara virtual. 

2. Dampak meningkatkan perekonomian

Di dalam Metaverse, kamu bisa membeli apa yang kamu mau sesukannya, contoh kamu bisa membeli tahan, rumah, bahkan bisa belanja kapapun yang kamu mau. 

Berbeda dengan belanja Online, kamu dapat melihat barang yang dibeli secara langsung seperti dunia nyata. Kamu juga bisa menggunakan Metaverse untuk menjualbelikan sesuka hati kamu karena kamu mempunya hak.

3. Menciptakan peluang karir 

Bukan hanya berpengaruh terhadap perekonomian saja, tapi teknologi Metaverse juga berpengaruh terhadap karir. Kamu bisa dapat pekerjaan dan mencari pekerjaan dengan seiring berkembangnya Metaverse.

 4. Menyediakan upaya hiburan secara virtual (Konser, Pameran, Liburan dan lain-lain) 

Sarana hiburan virtual sekarang menjadi salah satu tren bisnis bersama dengan tren Metaverse. Kamu tetap bisa merasakan euforia menonton konser, pameran, bahkan liburan secara nyata tapa perlu keluar rumah. Ini juga dapat membatu kamu untuk menghilangkan stres karena pandemi. 

5. Menyediakan ruang untuk bekerja secara virtual 

Semenjak Covid-19, banyak perusahan yang harus menerapkan Work from Home atau bekerja di rumah (WFH) bagi karyawannya. Metaverse menyediakan ruang digital agar kamu tetap bisa bertemu dengan karyawan lainnya dengan bergabung di kantor virtual metaversa yang telah dibuat sebelumnya. 

 

Jadi, adanya Metaverse dapat membantu kita untuk mengetahui informasi dan juga membatu kita pada saat kita hrus tinggal di rumah karena Pandemi yang saat ini dan dirasakan oleh seluruh manusia di dunia.

Sisilia Susana Farneubun