Teori Vygotsky

Sumber Gambar: http://vygotsky613.weebly.com/introduction-to-the-theorist.html

Vygotsky nama lengkapnya adalah Lev Semenovich Vygotsky. Dia adalahseorang psikolog yang berkebangsaan rusia, ia lahir di Rusia pada tanggal 5 November 1896.Pada tanggal 11 Juni 1934 ia telah menjadi ahli psikologi perkembangan di sovietdan dia mendasarkan pada psikologi cultural-historis kemudian lulus dari Universitas di Moskow pada tahun 1917. Vygotsky sangat giat pada pemikiran atau ide tentang perkembangankognitif, terutama hubungan antara bahasa dan pikiran, budaya, dan faktor social maka Vygotsky merupakan teorisi utama yang sangat menghargai daya-dayaDevelopmentalisdanEnvironmentalisdiwilayah teori perkembangan kognitif.

Teori perkembangan kognitif vygotsky

Teori yang dikembangkan oleh Vygotsky yaitu mengacu pada konstruktivisme karena dalam analisisnya, perkembangan kognitif seseorang ditentukan oleh individu sendiri dan ditentukan oleh lingkungan sosial. Berikut beberapa hal-hal yang mendukung tentang teori kontruktivisme:
1.hukum genetik tentang perkembangan (genetic law of development)
Setiap kemampuan seseorang akan tumbuh dan berkembang melewati dua aturan: tataran social lingkungannya dan tataran psikologis yang ada pada dirinya.
2. zona perkembangan proksimal (zone of proximal development)
Perkembangan kemampuan seseorang dapat dibedakan dalam dua tingkat : tingkat perkembangan aktual yang tampak dari kemampuannya menyelesaikan tugas-tugas atau memecahkan masalah secara mandiri, dan tingkat perkembangan potensial yang tampak dari kemampuan seseorang dalam menyelesaikan tugas atau pemecahan masalah dibawah bimbingan orang dewasa.
3. mediasi /Mediator yang diperankan lewat tanda maupun lambang adalah kunci utama memahami proses-proses sosial dan psikologis.

Pada dasarnya teori-teori Vygotsky didasarkan pada tiga ide utama:

  1. intelektual akan berkembang pada saat individu menghadapi ide-ide baru dan mengaitkankan ide tersebut dengan apa yang mereka telah ketahui;
  2. interaksi dengan orang lain memperkaya perkembangan intelektual;
  3. peran utama guru adalah bertindak sebagai seorang pembantu dan mediator pembelajaran siswa.

Keuntungan teori Vygotsky, yaitu:
a. anak memperoleh kesempatan yang luas untuk mengembangkan zona perkembangan proksimalnya melalui belajar dan berkembang
b. Pembelajaran perlu dikaitkan dengan tingkat perkembangan potensialnya
c. Pembelajaran lebih diarahkan pada penggunaan strategi untuk mengembangkan kemampuan intermentalnya dari pada kemampuan intramentalnya
d. Anak diberi kesempatan yang luas untuk mengintregrasikan pengetahuan yang telah dipelajarinya dengan pengetahuan yang didapat dalam mengerjakan tugas dan memecahkan masalah.
e. Proses belajar dan pembelajaran tidak sekedar bersifat transferal tetapi lebih merupakan konstruksi, yaitu suatu proses mengkonstruksi pengetahuan atau makna baru secara brsama-sama antar semua pihak yang terlibat di dalamnya

sumber : https://penembushayalan.wordpress.com/2012/05/26/teori-pembelajaran-vygotsky/.

http://digilib.uinsby.ac.id/7703/5/Bab2.pdf

DAFTAR PUSTAKA

http://www.anneahira.com/teori-perkembangan-kognitif-vygotsky.htm

Budiningsih asrih, belajar dan pembelajaran, asdi mahasatya: Jakarta, 2005.

http://puslit.petra.ac.id/journals/interior/

http://deceng.wordpress.com/2008/06/09/teori-belajar-konstruktivis/

 

Zahra Nur Ainiyyah