Membaca Buku Itu Membosankan?

https://assets-a2.kompasiana.com/items/album/2018/04/07/mio-figlio-non-vuole-fare-i-compiti-1024×608-5ac7f3fe5e13737ff46da052.jpeg?t=o&v=760

Hello Vellas!

Orang-orang bilang membaca itu adalah jendela dunia. Apakah benar? Yap, benar sekali! Dengan membaca wawasan kamu menjadi lebih bertambah loh. Tentunya kamu ingin sekalikan menerapkan membaca dalam kegiatan sehari-hari kamu? Tapi, pasti kamu berfikir bahwa membaca itu adalah kegiatan yang mebosankan, apalagi membaca buku yang isinya hanya tulisan semua tanpa ada gambar. Hei, jangan khawatir! Agar kamu tidak bosan saat membaca buku, berikut ini ada beberapa tips asik saat membaca. Simak dengan baik ya . . .

  1. Jangan merasa membaca itu sebagai kewajiban, melainkan kebutuhan.

Sekarang kamu harus merubah mindset kamu ya, bahwa membaca itu sama seperti kebutuhan makan dan minum. Jadi, dengan membaca berarti kamu memberi makan otak kamu.

 

  1. Konsentrasi ketika membaca.

Membacalah dengan konsentrasi penuh karena dapat membuat kamu memahami isi buku yang kamu baca dan mengambil pelajaran yang ada di buku.

 

  1. Membaca bacaan yang kamu sukai secara bertahap.

Sebaiknya kamu memulai dengan membaca buku bacaan yang kamu sukai, karena hal ini tidak akan membuat kamu cepat merasa bosan atau jenuh. Mulailah juga dari bacaan yang ringan atau mudah kamu pahami, baru kemudian bacaan yang serius.

 

  1. Memilih waktu yang tepat.

Waktu yang tepat juga berpengaruh pada kenyamanan kamu saat membaca. Jadi, pilihlah waktu yang pas untuk kamu membaca, dan pilihlah juga tempat yang jauh dari kebinsingan.

 

  1. Pilihlah metode baca yang sesuai dengan gaya kamu.

Hal ini penting sekali loh, karena akan sangat berpengaruh pada mood kamu saat membaca buku dan membuatnya terasa lebih nyaman. Kamu dapat membaca buku sambil mendengarkan musik, atau kamu dapat membaca dengan melafalkan secara keras apa yang kamu baca, atau kamu dapat membaca dengan cara membaca senyap, yaitu membaca didalam hati. Kamu tinggal pilih saja mana metode yang cocok untuk kamu saat membaca.

 

Nah, ketika kamu menerapkan tips-tips yang disebutkan diatas saat kamu membaca buku, maka kegiatan membaca tidak lagi menjadi membosankan untuk kamu. Semoga bermanfaat ya . . . See you vellas!